Asal Usul dan Kisah Kehidupan Apocalypse, Mutan Terkuat di Dunia Marvel (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Asal Usul dan Kisah Kehidupan Apocalypse, Mutan Terkuat di Dunia Marvel - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Teknologi alien yang ditemukan Apocalypse bukan hanya meningkatkan kekuatan super yang sudah ada, namun juga memberikan beberapa kekuatan super baru. Tak pelak, Apocalypse menjelma menjadi sosok mutan yang sangat kuat, mampu mengalahkan banyak mutan yang juga dikenal kuat, seperti Exodus, Stryfe, dan Ikaris.

Lebih hebat lagi, ada yang bilang kekuatan Apocalypse tidak terbatas, bahkan sang mutan sendiri tidak tahu batas kekuatannya. Berkat teknologi alien yang ia gunakan, besar kemungkinan kekuatan Apocalypse akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Apocalypse diketahui memiliki berbagai macam kekuatan super, berikut daftarnya:

Keabadian: Tubuh Apocalypse awalnya sudah memiliki kekuatan ini, bahkan sebelum bersentuhan dengan teknologi alien, itulah mengapa ia bisa hidup selama ribuan tahun. 

Ia bisa membuat tubuhnya berada pada kondisi seperti koma, yang biasanya dilakukan untuk menyembuhkan luka dengan bantuan teknologi alien. Selain untuk penyembuhan, membuat tubuhnya berada dalam kondisi seperti koma adalah cara Apocalypse berhibernasi.

Kekuatan tubuh: Tubuh Apocalypse sangat kuat, bahkan bisa bertambah kuat jika mengambil sumber energi dari luar. Apocalypse diketahui mampu mengimbangi kekuatan Hulk secara fisik.

Kecepatan super: Apocalypse mampu meningkatkan kecepatan reaksi dan refleksnya.

Ketahanan fisik yang tinggi: Tubuh Apocalypse sulit dilukai, dan teknologi alien meningkatkan ketahanan fisiknya.

Teleportasi: Apocalypse diketahui mampu melakukan teleportasi jarak jauh antar planet, baik pada dirinya maupun orang lain. Namun ini bukan kekuatan alami Apocalypse, teleportasi adalah bagian dari teknologi alien yang ia sematkan pada tubuhnya. Butuh resource lebih untuk melakukannya, karena itu teleportasi tidak bisa dilakukan setiap saat.

Telekinesis: Apocalypse mampu memindahkan atau membuat melayang objek dengan berat lebih dari 100 ton hanya dengan pikirannya. Selain itu, ia juga bisa terbang berkat kekuatan super ini.

Telepati: Apocalypse memiliki kemampuan telepati yang memungkinkan dirinya membaca pikiran, mengendalikan pikiran, menyerap informasi dari pikiran orang, dan mengirim ide ke dalam pikiran orang lain. Kemampuan telepati Apocalypse sangat powerful, bahkan mampu mengalahkan Jean Grey, salah satu mutan dengan kemampuan telepati terkuat.

Mampu mengendalikan setiap molekul dalam tubuhnya: Berkat kemampuan ini, Apocalypse bisa mengubah bentuk dan ukuran tubuhnya sesuai yang ia inginkan.

Mampu memanipulasi energi di sekitarnya: Berbekal kemampuan ini, Apocalypse bisa menyerap, menciptakan perisai, dan memproyeksikan energi.

Technopathy: Dengan kemampuan ini, Apocalypse dapat berinteraksi langsung dengan berbagai teknologi yang ia temukan. Kemampuan ini berasal dari gabungan teknologi alien dan virus techno-organic dalam darahnya.

Kecerdasan level jenius: Apocalypse memiliki kecerdasan jauh di atas rata -rata manusia. Ia menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan dan memiliki berbagai jenis keahlian.

Ahli taktik dan strategi: Apocalypse dikenal ahli menyusun taktik dan strategi. Ia juga diketahui menguasai teknik manipulasi dan intimidasi. Dengan kemampuan ini, ia berhasil membuat beberapa anggota X-Men berpihak padanya.

Ahli bela diri: Walaupun jarang mau turun tangan langsung, Apocalypse diketahui ahli berbagai jenis teknik bela diri. Bahkan kemampuan ini sudah ia miliki sebelum kekuatan mutannya muncul.

Kelemahan Apocalypse

Membaca sederet kekuatan yang dimiliki Apocalypse di atas, kemungkinan akan membuat kita berpikir bahwa hampir mustahil bisa mengalahkan sosok mutan yang satu ini. Namun begitu, di balik kekuatan dahsyat yang dimiliki Apocalypse, ada harga yang harus dibayar mahal.

Efek samping kekuatan besar Apocalypse adalah tubuhnya jadi cepat lemah. Kekuatan dia banyak yang berasal dari teknologi alien yang membutuhkan semacam virus techno-organic dalam darahnya, agar dapat bekerja. 

Virus-virus ini juga menjadi penyebab cepat rapuhnya tubuh Apocalypse. Oleh karena itu, ketika tubuhnya sudah tidak mampu lagi menopang kekuatannya, Apocalypse harus segera mencari tubuh pengganti. Penggunaan armor juga bertujuan untuk membantu tubuhnya agar bisa bertahan lebih lama.

Kesimpulannya, waktu terbaik untuk mengalahkan Apocalypse adalah ketika ia sedang berada dalam proses transfer kesadaran dan kekuatan dari tubuh yang lama ke tubuh yang baru.

Senjata dan peralatan yang digunakan Apocalypse

Ketika Apocalypse menemukan sebuah kapal yang berasal dari luar angkasa dan menjadi agen evolusi ras alien di Bumi, ia diberikan semacam armor. Pada berbagai kesempatan, seringkali Apocalypse hanya menggunakan armor ini ketika bertarung, namun kadang-kadang juga memanfaatkan beberapa senjata canggih berteknologi alien. Armor Apocalypse dilengkapi berbagai macam alat, seperti alat teleportasi dan sensor.

Beberapa markas Apocalypse dilengkapi 'Rejuvenation Chamber', yaitu teknologi alien yang mampu memanipulasi gen para mutan yang memberikan mereka kekuatan baru dan meningkatkan kekuatan yang sudah ada. Selain itu, teknologi ini juga digunakan untuk menciptakan clone tubuh Apocalypse jika tubuhnya rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

The Four Horsemen

Apocalypse adalah mutan jenius yang ahli menyusun taktik dan strategi. Tak heran jika sosok mutan yang satu ini memiliki rencana besar yang kadang tidak dipahami manusia kebanyakan. Guna menjalankan rencana besarnya, dalam beberapa kesempatan, Apocalypse seringkali merekrut empat mutan (kadang pula manusia) untuk membantunya. 

Empat mutan ini akan menjalankan empat peran, yaitu Famine, Pestilence, War, dan Death. Peran Famine pernah dijalankan oleh Ahab, Autumn Rolfson dan Sunfire. Peran Pestilence pernah dijalankan oleh Caliban, Plague dan Polaris. Peran War pernah dijalankan oleh Deathbird, Gazer, Hulk, dan Abraham Kieros. Sedangkan peran Death pernah dijalankan oleh Archangel, Caliban, Gambit, dan Wolverine.

Related

Entertaintment 4886154385334240679

Recent

item