Asal Usul Hari Buku Sedunia: Perayaan sekaligus Peringatan Kematian Para Penulis


Naviri Magazine - Hari Buku Sedunia ditetapkan United Nations Educational, Secientific and Cultural Organization (UNESCO), pada 23 April 1995 lalu. Tanggal ini diambil dari hari wafatnya William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega penulis sejarah Spanyol.

Dilansir National Today, sebelumnya ada beberapa gagasan tentang kapan Hari Buku Sedunia harus diperingati. Saat itu awalnya penulis Valencia Vicente Clavel Andres menyarankan hari peringatan harus pada hari yang dihormati oleh penulis Miguel de Cervantes, seorang novelis dan penyair dari Spanyol. Tanggal itu bisa jadi pada hari ulang tahunnya di 7 Oktober, atau di hari kematiannya, pada 23 April.

Karena hari kematiannya bertepatan dengan tanggal kematian William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega, maka tanggal kematian yang dipilih. Uniknya, di tanggal 23 April ada beberapa penulis terkenal yang juga meninggal, di antaranya William Wordsworth dan David Halberstam.

Namun peringatan Hari Buku Sedunia di 23 April tidak baku diterapkan semua negara. Beberapa negara, seperti Inggris, Swedia dan Irlandia merayakan Hari Buku Dunia di tanggal berbeda.

Untuk memperingati Hari Buku Sedunia tahun ini yang jatuh pada Jumat, 23 April 2021, UNESCO menantang setiap kita untuk menjelajah topik, format, atau genre buku baru di luar kebiasaan. Dan dari 1 hingga 23 April, UNESCO turut membagikan kutipan, puisi, dan pesan sebagai lambang kekuatan buku dan mendorong orang membaca sebanyak mungkin.

“Dalam kesempatan hari buku sedunia ini, kami mengundang siswa, guru, dan pembaca dari seluruh dunia, serta seluruh industri buku dan layanan perpustakaan untuk bersaksi dan mengungkapkan kecintaan mereka pada pembaca. Kami mendorong Anda untuk membagikan pesan positif ini kepada orang lain melalui #StayAtHome dan #WorldBookDay,” tulis UNESCO di laman resminya.

Related

History 157031336859802797

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item