Baterai Smartphone Cepat Habis? Ini 10 Tips agar Baterai Lebih Awet (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Baterai Smartphone Cepat Habis? Ini 10 Tips agar Baterai Lebih Awet - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Hapus Widget

Keberadaan widget memang diciptakan untuk membantu kita untuk melihat informasi terbaru. Biasanya orang-orang akan memasang widget perkiraan cuaca, jam, nilai tukar uang, alarm, atau bahkan berita terbaru. Terlalu banyak widget yang dipasang bukannya membantu malah bisa merepotkan loh.

Untuk menjaga baterai agar tidak cepat habis, lebih baik untuk tidak menggunakan widget secara berlebihan. Widget yang berlebihan sehingga memenuhi layar bisa menghabiskan tenaga baterai. Gunakanlah widget yang benar-benar diperlukan saja.

Nyalakan Mode Hemat Baterai (Power Safer)

Jangan pernah malas menggunakan mode hemat betarai atau power safer. Mode ini justru bisa menyelamatkan daya baterai smartphone. Kalian tidak mau kan ketika sedang asyik menggunakan smartphone, eh malah mati secara mendadak?

Ketika baterai sedang sekarat, segera aktifkan mode hemat baterai. Semua smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur bagus tersebut, baik itu android atau iPhone. Ketika mode hemat baterai dinyalakan, smartphone secara otomatis akan mematikan sejumlah sistem tidak berguna yang banyak memakan energi.

Gunakan Wallpaper yang Gelap

Memasang wallpaper atau gambar latar belakang yang menarik adalah suatu keharusan bagi semua pengguna smartphone. Tapi memasang wallpaper smartphone ternyata tidak bisa sembarangan. Salah menggunakan wallpapaper, baterai smartphone jadi taruhannya.

Menggunakan wallpaper yang berwarna cerah jelas akan menghabiskan daya baterai. Lalu bagaimana caranya supaya baterai bisa tetap awet? Yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang wallpaper yang memiliki warna gelap.

Gunakan Aplikasi Khusus

Baik pengguna android atau iPhone, kalian jangan hanya mengdownload aplikasi sosial media atau game saja. Ada banyak aplikasi berguna yang bisa kalian download, baik itu di Google Play dan juga App Store. Termasuk di dalamnya adalah aplikasi yang bisa menghemat penggunaan baterai smartphone.

Masuk ke Google Play bagi pengguna android dan Apps Store bagi pengguna Apple. Ketik saja Battery Doctor atau Battery Safer. Maka kalian akan menemukan banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menjaga baterai agar tetap awet.

Matikan Fitur yang Tidak Penting

GPS, Wifi, bluetooth, bahkan paket data, semua fitur tersebut sangat memakan banyak tenaga baterai. Masih masuk di akal apabila kamu butuh paket data untuk whatsapp dan aplikasi chating lain yang sejenis, tapi GPS, Wifi, serta Bluetooth?

GPS adalah fitur rumit yang membutuhkan banyak proses dan tenaga. Kamu tidak perlu menyalakan fitur GPS seharian penuh. Apalagi yang namanya Wifi. Selama kamu tidak berada dekat dengan lokasi yang menyediakan Wifi, smartphone kamu akan terus mencari sinyal Wifi sampai dapat. Jelas saja ini membuat baterai cepat habis.

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Kurang lebih sama dengan wallpaper. Mengubah setting brightness menjadi terang sangat memakan daya. Sebaliknya, brightness yang rendah membuat smartphone bekerja lebih ringan. Tapi tentu saja brightness yang terlalu terang atau gelap akan menentukan jelas atau tidaknya layar smartphone.

Jika berada di luar ruangan yang terang, setting brightness ke auto. Mode auto akan langsung mengatur tingkat kecerahan layar smartphone agar bisa sesuai dengan kemampuan mata. Tapi jika sudah berada di ruangan yang lebih gelap, turunkan kembali tingkat kecerahan smartphone.

Related

Tips 8398309547197002445

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item