Bisa Kiamat, Ini 10 Hal yang Akan Terjadi jika Bumi Berhenti Berputar (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Bisa Kiamat, Ini 10 Hal yang Akan Terjadi jika Bumi Berhenti Berputar - Ba...


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Bisa Kiamat, Ini 10 Hal yang Akan Terjadi jika Bumi Berhenti Berputar - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Bentuk Bumi Berubah

Rotasi Bumi pada porosnya mempengaruhi banyak hal. Termasuk di dalamnya adalah bentuk Bumi. Saat ini bentuk Bumi yang kita percayai adalah tidak bulat sempurna melainkan seperti telur. Bentuk Bumi yang seperti telur ini disebabkan oleh gaya sentrigual dari rotasi Bumi. Jadi, bagian equator Bumi terlihat seperti ada tonjolan.

Apabila Bumi tiba-tiba berhenti berputar, maka secara otomatis gaya sentrifugal ini akan hilang. Bagian equator pun akan berubah, berubah membuat Bumi terlihat menjadi bulat sempurna. Apabila disini ada penganut flat earth atau Bumi datar, jangan pernah berharap bahwa Bumi akan berubah menjadi datar meski berhenti berputar.

Bencana Alam

Yang namanya bencana alam pasti akan terjadi dan memungkinkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian materi tergantung dari seberapa parah bencana alam yang terjadi. Bisa itu gempa bumi, gunung meletus, banjir, tsunami, dan lain sebagainya. Maka dari itu kita sebagai manusia menciptakan berbagai macam cara untuk mendeteksi atau bahkan mengurangi efek kerusakan dari bencana alam.

Satu bencana alam yang muncul saja efeknya bisa begitu merusak, bayangkan jika bencana alam muncul sekaligus dalam satu waktu. Hal ini bisa terjadi apabila Bumi secara tiba-tiba berhenti berputar. Semua bencana alam seperti angin topan, erupsi gunung berapi, dan gempa bumi bisa muncul dalam satu waktu di berbagai tempat di Bumi. Ini disebabkan karena kekuatan energi kinetik yang disebabkan ketika Bumi berhenti berputar, menggoyang semua hal di Bumi sampai ke inti Bumi.

Populasi Manusia Punah

Rotasi Bumi menjadi pelindung bagi makhluk hidup yang tinggal di Bumi dari bencana alam. Apabila rotasi Bumi ini tidak ada atau Bumi berhenti berputar, maka akan ada banyak bencana alam yang bisa terjadi. Bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, gunung meletus, bahkan hilangnya medan magnet membuat suhu Bumi berubah drastis.

Bumi yang sekarang sudah menjadi planet sempurna untuk makhluk hidup. Ketika Bumi berhenti berputar dan bencana alam itu semua muncul secara bersamaan, kecil kemungkinan ada makhluk hidup yang bisa bertahan hidup. Belum lagi ditambah orang-orang akan beterbangan dalam kecepatan tinggi apabila Bumi berhenti berotasi secara mendadak. Bisa jadi inilah saat dimana manusia akan punah dari muka Bumi.

Gelombang Pasang

Ketika dunia masih berjalan layaknya normal, semua orang bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Di musim panas seperti ini, paling menyenangkan apabila menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan pantai. Namun semua aktivitas tersebut tidak akan bisa dilakukan lagi apabila Bumi mendadak berhenti berputar pada porosnya.

Ketika Bumi berputar, maka hal yang ada di dalam Bumi masih akan tetap bergerak. Termasuk itu adalah air laut. Ketika Bumi berputar, maka momentum dari putaran tersebut akan membuat perubahan pada air di laut dan samudera. Akan muncul tsunami yang sangat tinggi, besar, dan kuat yang akan bergerak menuju Timur dan menyapu apapun yang ada di depannya.

Benda Beterbangan dengan Kecepatan Tinggi ke Arah Timur

Terima kasih karena adanya rotasi Bumi, semua benda bisa tetap menginjak daratan. Ketika ada suatu hal yang membuat Bumi berhenti rotasi, maka hal buruk akan terjadi. Bumi mungkin berhenti, tapi air laut hingga atmosfer tetap akan bergerak. Bukan hanya bergerak pelan, tapi bergerak dalam kecepatan tinggi.

Ketika Bumi berotasi, kecepatannya bisa mencapai 1000 mph di garis Ekuator. Ketika Bumi berhenti berputar secara tiba-tiba, maka semua hal yang menempel di Bumi akan terbang. Mobil, motor, bangunan, orang, pohon, binatang, akan terbang ke arah Timur dengan kecepatan yang bisa mencapai 1000 mph. Atmosfer akan menciptakan angin yang sangat kuat, sekuat ledakan bom atom.

Related

Science 4821278710816421730

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item