Bunda, Ini Tips Menghindari Bayi Lahir Prematur

Naviri Magazine - Tidak sedikit kaum wanita atau ibu hamil yang melahirkan bayi terlalu dini atau prematur. Padahal, bayi yang lahir prematu...


Naviri Magazine - Tidak sedikit kaum wanita atau ibu hamil yang melahirkan bayi terlalu dini atau prematur. Padahal, bayi yang lahir prematur atau sebelum waktunya ini terkadang dapat menyebabkan keterbelakangan mental, bahkan tidak jarang juga kematian pada bayi. Lalu, bagaimanakah cara mencegahnya?

Sebenarnya, ada tes sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya bayi lahir prematur. Caranya, datanglah ke dokter dan lakukan pemeriksaan servikal ultrasound. 

Tes ini bisa mendeteksi perubahan awal pada perbesaran servik, yaitu bagian yang paling sempit yang porsinya paling rendah di uterus. Servik tersebut tidak secara normal berkembang sampai kontraksi mulai pada akhir kehamilan, saat bayi sudah siap untuk lahir.

Apabila tes ultrasound tersebut menunjukkan pemendekan servik yang lebih awal, maka dokter dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah kelahiran dini. Paling tidak, mereka akan mencoba untuk menunda kelahiran awal dengan menjahit servik sebagai usaha tambahan.

Related

Tips 6577505963483973943

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item