Demi Mengurangi Emisi Karbon, Minyak Goreng Akan Dipakai sebagai Bahan Bakar Pesawat


Naviri Magazine - Dua maskapai penerbangan Eropa mengumumkan bahwa mereka bakal menerbangkan satu atau dua pesawat mereka dengan bahan bakar minyak goreng. BBC melaporkan bahwa maskapai penerbangan Belanda, KLM, akan menggunakan biokerosene, atau sisa minyak goreng yang sudah terpakai, sebagai bahan bakar pada sekira 200 penerbangan antara Amsterdam dan Paris.

Sementara maskapai Inggris, Thomson Airways, mengklaim akan menggunakan bahan bakar serupa pada sebuah penerbangan dari Birmingham, Inggris, ke Palma, Mallorca. Demikian dilansir Cnet. 

Ini bukan kali pertama sebuah maskapai penerbangan menguji penggunaan bahan bakar ramah lingkungan. Air New Zealand pernah menerbangkan salah satu Boeing 747 miliknya menggunakan minyak masak sebagai bagian dari bahan bakarnya.

Tentu saja, tujuan dari kebijakan ini adalah agar mereka bisa mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari bahan bakar pesawat terbang. 

Meski demikian, beberapa pengamat meragukan apakah KLM dan Thomson mengambil keputusan yang tepat dengan mengumumkan kebijakan tersebut. Pasalnya, bisa jadi sebagian penumpang tidak merasa nyaman jika mengetahui pesawat yang mereka tumpangi menggunakan bahan bakar eksperimen.

Related

Technology 8002522927579469407

Recent

item