Ilmuwan Temukan Cara Baru untuk Sembuhkan Asma: Pakai Gelombang Radio


Naviri Magazine - Studi terbaru menemukan fakta, penderita asma kini memiliki harapan baru untuk dapat hidup normal, yakni dengan gelombang radio.

Penyakit asma adalah suatu penyakit kronis (menahun) yang menyerang saluran pernapasan (bronchiale) pada paru, yang terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale, sehingga mengakibatkan penyempitan saluran napas yang akhirnya seseorang mengalami sesak napas.

Penyakit asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi, baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir.

Para ilmuwan melakukan penelitian pada sebuah operasi thermoplasty bronkial seorang perempuan paruh baya di RS Wythenshawe di Manchester. Tindakan ini melakukan pembukaan pada saluran udara, sehingga secara dramatis akan mengurangi gejala, melemahkan, dan membantu pasien menjalani kehidupan normal.

Seperti dikutip dari Dailymail, serangan asma berulang memang dapat menyebabkan jaringan paru-paru menebal. Tetapi pengobatan baru ini mencegahnya dengan membuka saluran udara agar pasien bisa bernapas lebih mudah.

Dalam operasi itu, tabung dimasukkan melalui hidung pasien ke dalam paru-paru. Lalu sebuah kawat dengan struktur seperti keranjang ditempatkan di bawah tabung dan dipanaskan, sehingga menghasilkan gelombang radio untuk membakar jaringan pada saluran udara yang tersumbat.

Operasi ini membutuhkan waktu satu jam, dan diulang 1-2 bulan sampai hampir semua saluran udara diperbaiki.

“Ini sangat menarik. Ini mungkin sebuah pilihan baru untuk pasien dengan asma berat yang tetap mengalami gejala, meskipun telah menjalani terapi obat,” kata Rob Niven.  Namun ia menekankan bahwa pengobatan ini hanya cocok bagi penderita asma parah.

Related

Science 1055144018201287667

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item