Ini 10 Batu Seimbang yang Terkenal dari Berbagai Belahan Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Bumi yang kita tinggali memiliki banyak keunikan, dari goa-goa indah dan menakjubkan sampai fenomena-fenomena alam lain yang kadang tampak tak masuk akal. Salah satunya adalah batu seimbang.

Yang dimaksud batu seimbang adalah batu-batu yang bisa bertumpuk secara seimbang, hingga tidak jatuh. Saat ini kita memang mengenal seni penyeimbangan batu, sehingga batu seimbang bisa dibuat tangan manusia. Tapi sepuluh batu seimbang berikut ini benar-benar hasil karya alam yang menakjubkan.

Chiremba Balancing Rock, Epworth

Kamu mungkin tidak percaya akan keajaiban dari uniknya batu yang terdapat di Epworth, Zimbabwe. Batu yang bernama Chiremba Balancing Rock ini tersusun dengan seimbang yang bisa membuat siapapun melihatnya berdecak kagum. Bagi orang yang hanya melihat dari foto pasti mengatakan bahwa batu susun ini adalah editan.

Batu susun seimbang yang terletak 10 km di sebelah tenggara Harare ini terbentu dari batuan granit yang berumur cukup tua. Diperkirakan bahwa Chiremba Balancing Rock bisa tersusun dengan seimbang seperti sekarang setelah melalui sejumlah waktu yang panjang kira-kira jutaan tahun lamanya.

Peyro Clabado, Sidobre

Peyro Clabado di Sidobre, Perancis telah menjadi salah satu batu seimbang yang terkenal di dunia. Peyro Clabado terbentuk dari batuan granit yang telah terkikis. Batu seimbang ini telah lama berada dalam posisi tersebut sekitar lebih dari 300 juta tahun lamanya. Dan batu seimbang ini telah menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan dalam dan mancanegara.

Memiliki tingkat kekerasan yang setara dengan batu granit, Peyro Clabado ternyata memiliki berat yang tidak tanggung-tanggung yaitu 780 ton. Meski terlihat menyeramkan, tapi banyak wisatawan yang memberanikan diri untuk berfoto di bawah batu seimbang Peyro Clabado.

Mushroom Rock, Kansas

Berlokasi di Mushroom Rock State Park, Kansas, berdiri dengan ajaib, inilah batu seimbang yang bernama Mushroom Rock. Ukuran dari batu seimbang ini sekitar 20.234 m2, dan menjadi salah satu batu susun seimbang paling unik yang ada di dunia, khususnya Amerika. Dinamai Mushroom Rock karena bentuk dari batu ini yang menyerupai bentuk jamur.

Terima kasih kepada erosi dan cuaca karena 2 faktor penting inilah yang membuat batu ini bisa mengalami erosi sehingga membentuk seperti jamur. Dikatakan pula bahwa erosi yang membentuk Mushroom Rock ini masih bisa terjadi. Dan apabila erosi terus berlangsung, diperkirakan bahwa Mushroom Rock ini perlahan namun pasti akan hilang.

Devils Marbles, Australia

Devils Marbles atau yang disebut juga dengan nama Karlu Karlu adalah batu seimbang yang bisa kalian temui bila berkunjung ke Australia, tepatnya ke selatan Tennant Creek. Batu seimbang ini adalah batuan granit berukuran besar, berbentuk hampir bulat, dan berwarna merah. Batu besar ini berserakan di area yang luas dengan ukuran bervariasi dari 50 cm sampai 6 m.

Devils Marbles terbentuk oleh erosi yang telah terjadi lebih dari jutaan tahun lamanya. Bebatuan bundar ini memiliki sebuah keunikan yaitu akan menyala dan berganti warna dari pink ke merah terang. Keunikan ini hanya bisa dilihat ketika matahari terbit dan matahari tenggelam. Jadi, banyak sekali wisawatan yang memilih untuk melihat batu seimbang ini ketika matahari terbit atau tenggelam saja.

Kjeragbolten, Norwegia

Kjerag adalah gunun batu raksasa yang berada di negara Norwegia. Di antara 2 gunung batu ini, terletak sebuah batu yang terhimpit dengan ajaib. Batu ini kemudian dinamakan dengan nama Kjeragbolten. Batu besar ini berdiam di antara kedua gunung batu dan belum pernah jatuh meski sudah dinaiki oleh beberapa orang. 

Kalian yang hobi hiking, bisa mencoba berdiri di atas batu seimbang ini sekaligus menikmati keindahan gunung setinggi 1.000 meter. Tapi jika kalian adalah orang yang memiliki fobia akan ketinggian, Kjeragbolten bukan tempat yang cocok untuk kalian.

Baca lanjutannya: Ini 10 Batu Seimbang yang Terkenal dari Berbagai Belahan Dunia (Bagian 2)

Related

Nature 5125865086144613750

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item