Ini 10 Cara ‘Cuci Otak’ yang Biasa Digunakan untuk Memanipulasi Pikiran Orang (Bagian 1)

Naviri Magazine - Istilah brain wash atau cuci otak adalah istilah yang seringkali kita jumpai pada film-film. Sang korban diberi serangkaia...


Naviri Magazine - Istilah brain wash atau cuci otak adalah istilah yang seringkali kita jumpai pada film-film. Sang korban diberi serangkaian manipulasi agar mau menuruti perintah seseorang, seperti yang terjadi dalam film Captain America: The Winter Soldier. 

Untuk bisa mempengaruhi atau mencuci otak seseorang, diperlukan beberapa cara. Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa digunakan untuk memanipulasi seseorang. 

Menggunakan Rasa Takut dan Bersalah

Memanfaatkan perasaan takut dan bersalah bisa mengubah sifat seseorang menjadi sesuatu yang bukan dirinya. Cara menggunakan rasa takut dan bersalah ini pernah terjadi pada tahun 1974, dimana yang menjadi korban adalah seorang wanita bernama Patty Hearst.

Patty, yang merupakan salah satu anggota tentara pembebasan Symbionesse, bisa berubah total menjadi seorang perampok bank. Melalui rasa takutnya, orang-orang yang tidak bertanggung jawab berhasil mencuci otak Patty dan melakukan perintah yang bertentangan dengan kehendaknya sendiri, yaitu merampok bank. Akibatnya, Patty ditahan dijatuhi hukuman penjara selama 7 tahun.

Isolasi

Untuk mencuci otak seseorang, menangkap dan mengasingkan seseorang merupakan salah satu cara yang terbilang cukup ampuh. Di tempat yang terpencil, orang dapat melakukan cara apa saja yang dianggapnya merupakan paling efektif untuk membuat orang lupa ingatan dan menjadikannya sebagai pesuruhnya.

Di tempat yang terisolasi, sang target akan menjalani serangkaian cara mengerikan untuk menghapus memori yang ada di kepalanya. Bisa saja di sana dia disiksa secara fisik dan mental, baru diberi perintah, atau bisa juga menggunakan cara lain seperti hipnotis.

Mengkritik Tindakan Diri Sendiri

Pada tahun 1950-1953, berlangsung perang Korea, yang melibatkan beberapa negara seperti Korea Selatan, Korea Utara, Amerika Serikat, Cina, dan Rusia. Amerika Serikat saat itu berkoalisi dengan Korea Selatan, melawan Korea Utara yang berkoalisi dengan Cina dan Rusia.

Dalam perang tersebut, ada sejumlah pasukan Amerika yang ditangkap oleh Cina dan dijadikan subjek "criticism and self-criticism". Cara ini merupakan salah satu cara yang digunakan oleh Cina untuk mengubah pandangan tentara Amerika yang ditahan jadi membenci aksi yang mereka lakukan. 

Di sana, tentara Amerika berdiskusi tentang kesalahan yang telah mereka perbuat selama perang. Sesi diskusi tersebut diulang secara terus menerus, hingga memunculkan keraguan dalam diri pasukan Amerika. Keraguan tersebut akhirnya membuat pasukan Amerika berubah jadi membenci negara yang ia bela.

Aktivitas Pedagogi

Sekolah menjadi tempat pendidikan kedua setelah keluarga, dimana kita memperoleh ilmu pengetahuan. Ilmu atau seni mengajar anak-anak inilah yang dinamakan pedagogi. Dan karena sekolah juga termasuk salah satu aktivitas pedagogi, secara tidak sadar kita sebenarnya juga dicuci otak oleh sekolah. Tentu cuci otaknya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Anak-anak adalah masa dimana manusia menjadi seseorang yang paling rentan. Di saat bergaul dengan orang yang salah, kita bisa terpengaruh perilaku buruk. Untuk mencegah hal buruk terjadi, di sinilah peran guru diperlukan. Di sekolah, anak-anak akan dibentuk perilakunya agar menjadi orang baik yang berguna bagi lingkungan.

Membuat Tubuh Lelah dan Ngantuk

Untuk mendapatkan manusia yang bisa disuruh-suruh, tubuh dan fisik akan disiksa agar mental orang jadi hancur, yang kemudian akan diberi doktrin ke dalam kepala sehingga berubah menjadi seseorang yang baru.

Dengan cara yang hampir sama, yakni dengan membuat tubuh lelah dan mengantuk, adalah cara yang ampuh untuk mencuci otak seseorang. Di saat tubuh lelah dan mengantuk, orang akan mudah dipengaruhi. Pada momen inilah otak akan melemah dan mulai diberi ingatan baru.

Baca lanjutannya: Ini 10 Cara ‘Cuci Otak’ yang Biasa Digunakan untuk Memanipulasi Pikiran Orang (Bagian 2)

Related

Science 7210287903483111164

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item