Ini 10 Cara Mengasah Otak agar Lebih Tajam dan Makin Mudah Mengingat (Bagian 1)


Naviri Magazine - Otak adalah bagian terpenting di tubuh kita. Hampir semua aktivitas pada tubuh diatur oleh otak. Karenanya, tidak hanya tubuh yang perlu dilatih. Otak juga perlu dilatih agar kemampuannya semakin terasah. 

Otak yang sering dilatih dapat memberikan banyak keuntungan, seperti meningkatnya daya ingat. Bagaimana cara agar bisa mengasah otak supaya lebih tajam? Berikut uraiannya.

Berjemur

Otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh. Semua aktivitas yang kita lakukan semua dikontrol oleh otak. Adalah kesalahan jika seseorang berpikir bahwa otak tidak perlu dilatih. Jika otak tidak dilatih, maka kemampuan otak juga bisa menurun. Tentu saja bisa berdampak pada aktivitas yang kita lakukan.

Salah satu cara mudah untuk melatih otak agar lebih tajam adalah dengan berjemur. Kenapa berjemur? Tubuh dan otak kita membutuhkan yang namanya vitamin D. Nah, sinar matahari ini bisa membantu kita mendapatkan vitamin D tersebut. Untuk tubuh, vitamin D dapat memberikan manfaat positif bagi kulit. Untuk otak, vitamin D dari sinar matahari bisa mempertajam otak dan mencegah penuaan otak.

Rajin Mencatat

Kita mungkin mengira, orang yang sering mencatat sesuatu di buku tandanya orang yang pelupa. Tapi ternyata tidak juga. Justru dengan mencatat bisa membantu seseorang untuk melatih daya ingat. Dan setiap orang pasti akan melakukan yang namanya mencatat ini.

Setiap orang juga pasti memiliki caranya sendiri dalam mencatat agar bisa mengingat kembali apa yang telah dipelajari. Bisa dengan tulisan, grafik, menggaris bawah, dan bahkan bisa juga dari gambar atau foto. Semua metode tersebut bebas dipilih, tergantung pribadi tiap orang.

Meditasi

Hidup selalu dipenuhi dengan masalah dan masalah tiap orang tentu berbeda. Terus menerus dihadapkan pada masalah tentu bisa membuat orang jadi jengkel. Jika sudah demikian, pikiran kita akan mumet dan akhirnya akan membuat apapun yang kita lakukan menjadi berantakan. Untuk bisa menjernihkan pikiran dari rasa penat, meditasi adalah salah satu jawabannya.

Otak yang penat pastinya akan membuat segala hal jadi berantakan termasuk mood. Semakin lama dibiarkan, otak bisa stres juga. Untuk menghilangkan rasa penat dan stres tersebut, otak juga perlu diberi penyegaran, meditasi adalah salah satunya. Meditasi tidak cuma bisa membuat pikiran lebih tenang tapi juga bisa membuat otak jadi rileks sehingga otak bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Bermain

Orang tua jaman dulu selalu mengajarkan pada anaknya bahwa jika ingin pintar maka harus sering-sering belajar. Itu memang tidak salah, tapi jangan sampai anak terus dicekoki dengan belajar, belajar, dan belajar. Terus menerus belajar jika bisa membuat anak jadi stres. Bukannya jadi pintar malah mungkin bisa jadi gila.

Hidup itu harus seimbang. Belajar bukan satu-satunya cara untuk membuat otak menjadi lebih tajam. Bermain juga bisa membuat otak jadi lebih berkembang. Tapi tentunya harus diperhatikan juga permainan apa yang bisa mengasah otak. Bermain puzzle, catur, dan tebak kata juga bisa loh mengasah otak.

Mendengarkan Musik

Sangat sulit mencari orang yang tidak suka dengan musik. Di saat senggang atau bahkan ketika sedang mandi, banyak orang memilih untuk bernyanyi atau mendengarkan musik. Sambil bekerjapun ada orang yang mendengarkan musik agar lebih bersemangat. Memang musik memberikan pengaruh yang luar biasa, tidak hanya mood tapi otak juga.

Sejumlah ilmuwan berpendapat bahwa mendengarkan musik bisa mempertajam otak. Tidak semua jenis musik tentunya, hanya beberapa jenis musik saja yang diketahui dapat memberikan efek positif untuk otak. Mendengarkan musik dikatakan mampu memanggil sejumlah memori yang tersimpan di otak.

Baca lanjutannya: Ini 10 Cara Mengasah Otak agar Lebih Tajam dan Makin Mudah Mengingat (Bagian 2)

Related

Tips 2465718587483656547

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item