Ini 10 Cara Mengasah Otak agar Lebih Tajam dan Makin Mudah Mengingat (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Cara Mengasah Otak agar Lebih Tajam dan Makin Mudah Mengingat - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Makan Makanan Bergizi

4 sehat 5 sempurna, begitulah ajaran yang kita dapatkan ketika masih kecil. Ajaran tersebut selalu diajarkan oleh orang tua dan juga guru di sekolah, tujuannya adalah agar kita tumbuh menjadi anak sehat. Tahukan kalian bahwa ada sejumlah makanan yang bisa membantu otak agar bisa berpikir lebih jernih?

Setiap makanan memiliki nutrisi dan manfaat yang berbeda. Contohnya saja wortel. Wortel mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Makin banyak makan wortel, masa kesehatan mata semakin terjaga. Lalu makanan apa yang harus dikonsumsi agar otak bisa lebih tajam? Makanan tersebut antara lain adalah gandum, minyak ikan, tomat, bluberi, dan labu.

Membaca Buku

Tidak ada yang salah jika memiliki hobi membaca buku. Tapi karena zaman sudah semakin maju, banyaknya jenis buku yang beredar, dan kemudahan untuk membeli buku membuat kita, apalagi para orang tua harus pintar memilih buku mana yang pantas untuk dibaca. Jangan sampai bacaan untuk orang dewasa dibaca oleh anak kecil.

Membaca buku bukan cuma bisa membuat rileks, tapi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengasah otak agar lebih tajam. Hasil riset juga menunjukkan bahwa rajin membaca buku bisa melatih imajinasi. Tentu ini bagus untuk melatih otak untuk menciptakan gambaran dari apa yang telah dibaca.

Melakukan Sesuatu yang Baru

Melakukan hal yang sudah sering kita lakukan bukanlah hal yang menyenangkan. Karena sudah terbiasa melakukannya, sudah tidak ada lagi tantangan yang ada. Misalnya saja kamu sudah mahir dalam berbahasa Inggris. Karena sudah bisa menulis dan berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan lancar, maka tidak ada lagi yang perlu dipelajari. Sedangkan otak kan perlu terus diasah.

Karena itulah kita harus mencoba suatu hal yang baru. Sudah mahir berbahasa Inggris, kenapa tidak mencoba bahasa lain? Mandarin, Jepang atau Korea gitu? Terus menerus mencoba hal yang baru membuat otak akan terus dilatih untuk terbiasa dalam mempelajari bahasa (misalnya). Atau kamu yang jago sepakbola, cobalah hal baru seperti berenang atau mendaki.

Olahraga

Olahraga adalah salah satu faktor penting supaya tubuh tetap fit dan sehat. Kebanyakan orang malas berolahraga karena terlalu sibuk. Padahal olahraga rutin diperlukan tidak hanya untuk membakar lemak tapi juga untuk mengasah otak agar lebih tajam. Olahraga bisa membuat otak menjadi cerdas?

Bukan hal yang mengada-ada jika olahraga bisa membuat otak menjadi lebih cerdas. Hal tersebut sudah terbukti dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan. Olahraga secara rutin bisa meningkatkan fungsi otak dan saraf. Setiap berolahraga bisa membantu regenerasi otak. Sel otak yang mati bisa diperbaharui dengan yang baru.

Istirahat

Istirahat adalah poin penting. Banyak orang yang gila kerja demi dapat uang sehingga lupa dengan istirahat. Ada pula orang yang demi mendapatkan tubuh ideal, menghabiskan waktu di gym, dan lupa dengan yang namanya istirahat. Sadarlah kalian bahwa tubuh kita itu butuh yang namanya istirahat.

Tidak cuma manusia, robot atau mesin juga butuh yang namanya istirahat. Semua stres dan juga pembaharuan sel tubuh yang rusak, semua terjadi ketika manusia istirahat. Jangan korbankan jam tidur malam hanya untuk menonton acara televisi atau chatingan dengan pacar. Sayangi tubuh dan otak.

Related

Tips 220149330657660326

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item