Ini 10 Gereja Berhantu yang Dianggap Paling Menyeramkan Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Gereja adalah tempat ibadah bagi orang-orang Kristiani. Di tempat inilah orang berdoa kepada Tuhan untuk diberi petunjuk untuk menjalani hidup yang lebih baik. Namun tempat yang menjadi rumah Tuhan ini ternyata juga bisa menjadi tempat yang menyeramkan. 

Penasaran gereja mana saja yang disebut-sebut paling menyeramkan? 

Old Rock Church, Texas

Gereja Old Rock Church merupakan sebuah gereja tua yang berada di Texas, Amerika. Dibangun pada tahun 1986, gereja yang diharapkan menjadi tempat berkumpulnya para jemaat ini malah sepi pada tahun 1917. 

Meskipun gereja ini sudah sepi, tapi ternyata masih ada beberapa "penghuni" yang tetap meninggali tempat ibadah tersebut. Penghuni itu tidak lain adalah hantu. Ya, gereja Old Rock Church telah dikenal sebagai salah satu gereja paling menyeramkan dan berhantu di dunia. Beberapa penduduk sekitar seringkali mendengar suara mengerikan dari dalam gereja dan suara wanita sedang bernyanyi.

Egg Hill Church, Pennsylvania

Siapa yang menyangka dibalik gereja indah ini terdapat cerita mengerikan. Cerita mengerikan itu yang akhirnya membuat banyak orang menganggap gereja ini merupakan gereja yang menakutkan. 

Cerita horor mengenai gereja menyeramkan ini dimulai pada abad ke 19. Saat itu diadakan acara kumpul di dalam gereja. Sang pemimpin mulai membagikan roti dan anggur kepada orang-orang yang hadir. Roti dan anggur yang sudah diracuni tersebut secara cepat membunuh orang-orang yang memakannya. 

Puncaknya adalah sang pemimpin menggantung dirinya di dekat altar. Cerita yang menyebar sampai sekarang adalah sang pemimpin gereja tetap tinggal dan menghantui siapapun yang berani masuk ke dalam gereja.

St. Louis Cathedral, New Orleans

Sesuai dengan nama kota tempat gereja ini berdiri, St. Louis Cathedral yang berada di New Orleans ini dipenuhi dengan cerita seram yang bisa membuat siapapun takut mendengarnya. 

Gereja berhantu ini dibangun oleh pemimpin berkebangsaan Perancis. Gereja yang masih belum selesai dibangun sampai akhir 1850an menyimpan banyak cerita hantu menurut orang-orang sekitar.

Salah satu hantu terkenal dari St. Louis Cathedral adalah hantu Pere Dagobert. Pere Dagobert adalah seorang pendeta yang tinggal di gereja ini pada abad ke 18. Pere Dagobert merupakan pendeta yang menguburkan orang-orang yang dibunuh dengan kejam semasa pemerintahan Spanyol. 

Penerus Pere Dagobert yang bernama Pere Antoine juga dikatakan menghantui gereja ini. Selain 2 hantu tersebut, ada seorang pendeta voodoo teman dari Antoine bernama Marie Laveau yang juga menghantui tempat ibadah ini. 

St. Paul's Episcopal Church, Florida

Dibangun pada abad ke 19, St. Paul's Episcopal Church dapat ditemukan di salah satu kota yang memiliki taman bunga terbaik di dunia, Florida. Gereja yang sering rusak karena diserang bencana alam ini sempat mengalami beberapa perbaikan. 

Kembali tentang gereja berhantu, sebenarnya bukan gereja ini yang berhantu melainkan kuburan yang terdapat di dekat gereja yang dikatakan memiliki banyak hantu penunggu.

Cerita rakyat yang menyebar menceritakan bahwa ada salah satu hantu yang paling terkenal bernama John Fleming. Menurut laporan yang beredar, hantu Fleming seringkali terlihat bersama dengan uap putih. Hantu Fleming ini dipercaya menghantui tempat tersebut karena batu nisannya telah menjadi bagian dari dinding gereja.

St. Andrew's on The Red, Kanada

Selesai dibangun pada tahun 1849 dan berlokasi di kota Selkirk, begitulah kira-kira sejarah dari gereja yang bernama St. Andrew's on The Red ini. Inilah gereja batu yang paling tua berada di Barat Kanada. Dan tentunya gereja ini dikenal bukan karena usianya yang tua melainkan karena gereja ini termasuk ke dalam salah satu gereja paling berhantu di dunia.

Di gereja menyeramkan inilah sempat beberapa kali terlihat penampakan yang dipercaya berasal dari kuburan gereja. Seorang saksi mata mengaku bahwa dirinya pernah melihat hantu pria berpakaian hitam dan seorang wanita misterius berbaju putih. Dan sepasang mata merah juga sempat menakuti beberapa pengunjung gereja.

Baca lanjutannya: Ini 10 Gereja Berhantu yang Dianggap Paling Menyeramkan Dunia (Bagian 2)

Related

Mistery 8156249059123681642

Recent

item