Ini 10 Goa Terkenal di Indonesia yang Punya Pemandangan Indah (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Goa Terkenal di Indonesia yang Punya Pemandangan Indah - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Goa Macan, Jawa Tengah

Berada di kabupaten Grobogan Jawa Tengah terdapat sebuah objek wisata goa indah dan keren yang wajib untuk kalian kunjungi. Goa tersebut adalah goa Macan. Meskipun termasuk goa yang indah, penerangan di dalam goa tidaklah begitu bagus. Itu dikarenakan cahaya matahari yang masuk hanya melalui satu lubang saja yakni mulut goa.

Goa ini memang tidak begitu panjang, hanya sekitar 15 sampai 20 meter saja untuk sampai di ujung goa. Jika kalian memutuskan memilih objek wisata goa Macan, disarankan agar membawa alat senter tambahan agar bisa menerangi jalan menuju dalam goa. Air yang menetes dari langit-langit goa membuat jalan semakin lincin sehingga kalian harus lebih berhati-hati.

Goa Lawa, Jawa Tengah

Masih di tempat yang sama, hanya berada sekitar 20 meter dari gunung Lawa, inilah goa Lawa. Meski belum memiliki penerangan yang cukup, ketika berada di dalam goa, kita masih bisa menikmati keindahan stalagmit dan juga stalaktit di dalam goa Lawa. Di dalam goa masih terdapat sebuah lubang sebagai tempat masuknya cahaya matahari.

Goa Lawa terbentuk dari stalaktit yang terjadi karena proses pelarutan air di daerah yang memiliki tingkat kapur yang tinggi. Obejek wisata goa Lawa bisa juga dinikmati oleh anak-anak karena telah dibuatkan tangga untuk bisa masuk ke dalam goa. Namun karena tetesan air dari atas goa membuat jalan lebih licin jadi, orang tetap harus berhati-hati.

Goa Pindul, Yogyakarta

Keindahan goa Pindul di Yogyakarta ini sudah banyak didengar orang-orang. Bahkan sudah banyak juga jasa tour yang siap menemani kalian menelusuri indahnya goa bawah tanah ini. Tidak perlu peralatan yang rumit untuk menikmati keindahan goa Pindul. Cukup menggunakan ban dalam yang besar dan jaket pelampung, kalian tinggal mengikuti arus sungai bawah tanah yang ada di dalam goa.

Sembari kita mengikuti arus sungai bawah tanah, kita bisa melihat keindahan stalagtit yang ada di langit-langit goa. Aktivitas menyusuri sungai bawah tanah ini terkenal dengan nama cave tubing. Goa ini aman untuk semua umur karena aliran sungai yang tidak deras meskipun musim hujan tiba. Air sungai ini bersumber dari mata air Gedong Tujuh.

Goa Gajah, Bali

Bali memang pulau yang menjadi pusat daya tarik bagi turis asing. Selain terkenal akan pantai Kuta, di Ubud, Bali kita bisa menemukan objek wisata indah yang bernama goa Gajah. Objek wisata ini juga hampir tidak pernah sepi pengunjung. Sejumlah tour juga siap melayani kalian untuk bisa menjelajahi keindahan goa Gajah.

Nama goa Gajah diambil dari kata Lwa Gajah yang merupakan nama sebuah kuil peninggalan biksu Buddha. Pintu masuk goa yang kecil hanya memungkinkan 1 orang yang bisa masuk ke dalam goa. Di luar mulut goa terdapat ukiran dari 2 patung penjaga. Goa Gajah membentuk huruf T dengan tinggi dan lebar 2 meter. Jika kalian sudah bosan dengan pantai Kuta, goa Gajah ini wajib untuk kamu kunjungi.

Goa Jomblang, Yogyakarta

Tiba kita di urutan pertama goa yang wajib untuk dikunjungi. Ternyata goa indah dan keren ini berada di kota keraton Yogyakarta, nama goa itu adalah goa Jomblang. Goa Jomblang adalah goa yang terbentuk karena turunnya tanah. Jadi kita harus turun ke bawah tanah untuk bisa masuk ke dalam goa.

Disebut juga dengan nama Luweng Jomblang karena runtuhan tanah yang membentuk lubang seperti sumur yang dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah luweng. Goa Jomblang kini telah dijadikan tempat konservasi tumbuhan purba dan juga dijadikan objek wisata yang secara khusus dikelola oleh warga sekitar goa. 

Banyak orang yang berkunjung ke goa Jomblang untuk bisa melihat pemandangan yang disebut tiang matahari. Tiang matahari adalah sinar matahari yang masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter.

Related

Traveling 3202795086649519909

Recent

item