Ini 10 Hal yang Dialami Orang Introvert, yang Perlu Kita Tahu (Bagian 1)


Naviri Magazine - Setiap orang memiliki sifat atau karakteristik yang berbeda. Setiap perbedaan yang ada adalah suatu keunikan yang membedakan seseorang dengan orang lain. Dalam hal ini termasuk sifat introvert. 

Introvert adalah suatu kepribadian yang membuat mereka lebih memilih menutup diri dari aktivitas dunia luar. Introvert adalah orang yang lebih banyak berpikir daripada beraktivitas dengan orang lain. Namun masih ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang orang introvert. 

Sulit Mendekati Orang yang Mereka Suka

Perlu kalian ketahui bahwa orang introvert adalah orang tertutup yang sulit untuk bersosialisasi. Jangankan untuk bergaul bersama teman, bagaimana caranya untuk mendekati orang yang disukai saja sudah merupakan hal yang dirasa hampir mustahil untuk dilakukan. Jadi jangan heran apabila ada orang introvert yang kesulitan mencari kekasih.

Orang dengan kepribadian introvert yang jarang bergaul membuat mereka tidak hanya memiliki sedikit teman, mereka juga mengalami kesulitan ketika mendekati seseorang yang mereka suka. Mereka tidak tahu bagaimana caranya agar bisa menarik perhatian orang yang disuka. Biasanya orang introvert hanya akan diam sembari sedikit melirik orang yang ia suka. 

Menyukai Hal Sederhana

Anggapan orang-orang tentang orang introvert yang sulit dimengerti itu memang benar. Hal ini disebabkan karena orang introvert itu pendiam dan sulit mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran mereka. Jadi banyak orang yang menganggap bahwa introvert itu sulit ditebak. Tapi bukan berarti orang introvert itu rumit.

Meskipun terlihat pendiam dan sulit ditebak, tapi sebenarnya tidak sulit untuk bisa membuat orang introvert tertarik pada kita. Berkebalikan dengan sikapnya yang sulit dimengerti, sebenarnya orang introvert sangat menyukai hal-hal sederhana. 

Sangat berbeda dengan apa yang mungkin ada di dalam kepalanya. Bahkan dengan hal sederhana seperti burung terbang, orang introvert bisa mengatakan bahwa itu adalah hal yang menarik.

Sulit Bersosialisasi

Hal lainnya yang harus kalian ketahui adalah orang introvert sulit bersosialisasi atau bergaul. Berbeda jauh dengan orang extrovert yang mudah bergaul. Jika dilihat, orang introvert hanya memiliki teman dalam jumlah yang sedikit. Teman yang sedikit ini mungkin belum mengenal lebih jauh tentang si introvert, tapi teman inilah yang menjadi teman terbaik dari si introvert.

Bagi introvert, yang terpenting bukan seberapa banyak teman yang dimiliki, melainkan seberapa pentingnya teman bagi kehidupannya. Para introvert lebih memilih untuk memiliki sedikit teman tapi dengan hubungan yang sangat dekat. Bagi para introvert, kualitas lebih penting daripada kuantitas.

Butuh Waktu Sendiri untuk Mengisi Energi

Begitu banyak cara yang dilakukan orang untuk bisa mengisi kembali energi yang telah habis terpakai. Salah satunya adalah berkumpul dengan teman. Berkumpul dengan teman dianggap sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran dan tubuh setelah lama bekerja. Tapi cara ini tidak cocok untuk orang introvert.

Orang introvert membutuhkan "me time" yang benar berkualitas untuk bisa menyegarkan kembali tubuh dan pikiran mereka. Dan biasanya mereka lebih memilih untuk menyendiri atau melakukan hal yang mereka suka. Seperti menonton serial, membaca buku, atau tidur seharian penuh. 

Dengan waktu sendirinya tersebut, orang introvert bisa mendapatkan kembali energinya yang telah hilang. Jadi jangan salah mengira jika ada teman yang gampang merasa lelah setelah seharian berjalan dengan kalian.

Sedikit Bicara, Banyak Berpikir

Diam adalah salah satu hal yang akan kamu sering jumpai pada orang yang memiliki kepribadian introvert. Ketika kamu berjalan dengan teman-teman dan ada salah satu diantara mereka yang diam, itu bukan tandanya ia benci denganmu atau yang lain. Tapi memang teman kamu itu termausk orang yang introvert, dan orang introvert tidak banyak bicara.

Apa yang dipikirkan orang introvert dengan apa yang diucapkan bisa dibilang berbanding terbalik. Sebenarnya bukan mereka tidak mau berbicara, tapi mungkin lebih tepatnya kesulitan menemukan momen dan kata-kata yang tepat untuk diucapkan. 

Padahal apa yang dipikirkan oleh orang introvert itu sangat banyak. Orang introvert seperti ini harusnya banyak diberi kesempatan untuk mengungkapkan apa yang dipikirkan, bukan malah dihina atau dikucilkan.

Baca lanjutannya: Ini 10 Hal yang Dialami Orang Introvert, yang Perlu Kita Tahu (Bagian 2)

Related

Psychology 8056833106731613022

Recent

item