Ini 10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Komputer atau Laptop (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Komputer atau Laptop - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Peralatan Pendukung

Membeli komputer harus juga mempertimbangkan peralatan apa lagi yang diperlukan untuk bisa membantu mengerjakan pekerjaan kita. Jika membeli komputer bekas mungkin ada beberapa peralatan yang juga diikut sertakan seperti kamera, microphone atau speaker. Namun jika kamu memutuskan untuk membeli komputer baru, peralatan seperti itu harus dibeli secara terpisah.

Pastikan bahwa peralatan tambahan seperti scanner, printer, atau speaker bisa mendukung komputer kalian. Terkadang ada beberapa tipe peralatan tambahan yang memang tidak bisa mendukung beberapa jenis komputer. Tanyakan pada orang yang lebih mengerti apakah komputer yang telah kamu beli itu mendukung peralatan tambahan yang diinginkan.

Merek

Barang elektronik yang dijual di pasaran pastinya memiliki merek yang berbeda. Beigtu juga pada komputer, begitu banyak merk komputer yang dijual di pasaran. Masing-masing merk tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Jangan sampai kamu salah membeli merk komputer.

Memilih merk komputer yang tepat membutuhkan waktu yang cukup lama, sama seperti memilih sistem operasi apa yang kita inginkan. Dalam 1 komputer, terdapat banyak komponen di dalamnya yang juga memiliki merk yang berbeda. 

Dari sekian banyak merk, pastinya ada salah satu atau dua merk yang menjadi pilihan favorit orang. Untuk mencari tahu merk apa yang cocok, kita bisa bertanya pada penjual atau juga teman yang lebih mengerti. 

Hard Disk

Hal berikutnya yang wajib untuk kalian perhatikan sebelum membeli komputer adalah media penyimpan. Yang dimaksud dengan media penyimpan disini adalah salah satu komponen dalam komputer yang dinamakan hard disk. 

Sayangnya, hard disk juga memiliki banyak merk dan juga memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda, jadi kalian juga harus berpikir lagi harus memakai merk apa dan seberapa besar kapasitas penyimpannya.

Semakin besar kapastias hard disk, maka harga yang diberikan juga akan semakin mahal. Setelah memastikan seberapa besar kapasitasnya, kalian juga harus memilih hard disk merk apa yang ingin dibeli. Kalian pastinya tidak mau membeli hard disk dengan merk meragukan. Memilih hard disk secara asal-asalan bisa berisko pada hilangnya data penting yang kalian miliki. 

RAM

Memilih RAM komputer juga bukanlah hal yang mudah. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, setiap komponen yang ada di dalam komputer memiliki merk yang berbeda-beda, RAM juga sama. Banyak sekali merk yang menjual RAM dengan harga mirip dan juga kualitas yang bisa dipercaya. 

RAM juga memiliki memori yang berbeda-beda, ada yang 1 GB, 2 GB, dan 4GB. Semakin besar RAM, semakin bagus juga performa komputer yang kamu beli. Seberapa banyak RAM yang bisa dipasang pada komputer, itu tergantung dari komputer kamu sendiri. 

Prosesor

Jika pemilihan sistem operasi sudah bikin kamu bingung, memilih prosesor juga akan membuat kamu sama bingungnya. Apakah kamu mau membeli AMD atau intel? Kedua prosesor tersebut sama-sama prosesor komputer yang terkenal dan masing-masing memiliki harga yang sangat bersaing satu sama lain. 

Memilih prosesor adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan sebelum membeli komputer. Prosesor dengan intel memang dikenal dengan harganya yang mahal, bagi yang kamu memiliki budget lebih, tidaklah masalah membeli prosesor intel. Tapi prosesor AMD juga memiliki kemampuan yang tidak kalah bila dibandingkan dengan intel. Ditambah lagi, harga prosesor AMD yang lebih terjangkau.

Related

Tips 4684486363289150817

Recent

item