Ini 10 Hewan di Dunia yang Memiliki Kecerdasan Tinggi (Bagian 1)


Naviri Magazine - Meski tidak secerdas manusia, masing-masing hewan sebenarnya memiliki kecerdasan. Dalam hal itu, kecerdasan hewan memang sangat terbatas, biasanya hanya berkisar di seputar mencari makan, pasangan, dan mempertahankan hidup.

Meski begitu, ada sebagian hewan yang memiliki kecerdasan tinggi. Dalam arti, mereka tidak hanya memiliki kecerdasan terkait pencarian makanan, pasangan, dan bertahan hidup, tapi juga memiliki pengetahuan tentang adaptasi, komunikasi dengan sesama, dan lain-lain. Berikut ini uraiannya.

Paus

Banyak orang yang berpendapat bahwa hewan laut ini hanya memiliki ukuran tubuh yang besar saja, tanpa didukung dengan otak yang cerdas. Tapi ternyata mereka salah mengira. Paus sebenarnya termasuk hewan paling cerdas di dunia, khususnya di laut.

Yang namanya makhluk hidup pastinya butuh yang namanya komunikasi. Disini, para paus menggunakan metode komunikasi yang beda dari hewan pada biasanya. Mereka menggunakan gelombang suara khusus dan kompleks untuk berkomunikasi dengan paus lainnya. 

Lain cerita dengan Paus Beluga dan Paus Sperma. Paus Beluga memiliki kemampuan untuk meniru cara berbicara manusia, sedangkan Paus Sperma memiliki volume otak yang sangat besar.

Tikus

Kecil, berbulu, menyebalkan, dan sering mencuri makanan di dapur, itulah gambaran hewan tikus masa kini. Sangat berbeda dengan tikus dalam film kartun Tom & Jerry. Meski hewan ini termasuk hewan yang menyebalkan, tidak bisa dipungkiri bahwa mereka adalah hewan dengan tingkat kecerdasan yang mengagumkan.

Dalam serangkaian tes yang dilakukan, tikus tidak memiliki strategi yang sesuai dengan perkiraan manusia. Tikus justru berhasil memecahkan masalah dengan strategi mereka sendiri. 

Menurut penelitian, diketahui bahwa tikus juga bisa merasa geli, memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi, dan dapat bermimpi. Tikus diketahui juga memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Gurita

Di dalam golongan hewan invertebrata atau tidak bertulang belakang, gurita adalah salah satu hewan yang dikenal paling pintar. Gurita adalah pemburu yang sangat cerdik dimana ia selalu mengembangkan teknik berburu untuk mencari makanan. Dibandingkan dengan hewan lainnya dalam daftar ini, gurita memiliki kemampuan khusus untuk memecahkan sejumlah masalah.

Tupai

Meski tubuhnya yang kecil, namun kemampuan berpikirnya tidaklah kecil. Tupai dikenal sebagai hewan berbulu kecil dengan tingkat kecerdasan yang sangat tinggi.

Kepintaran yang dimiliki oleh tupai dimanfaatkan dalam hal mencari makanan. Bila ada makanan di seberang jalanan, tupai akan dengan cermat menunggu sampai kondisi benar-benar aman barulah dia akan menyebrang. Oh, iya, perlu kalian ketahui bahwa tupai sangat pandai dalam hal mencari makanan.

Anjing

Meski tingkat kecerdasan tiap jenis anjing berbeda, di kehidupan sehari-hari, anjing sudah dikenal sebagai salah satu hewan dengan tingkat kecerdasan yang cukup tinggi. Sejumlah jenis anjing yang dapat dengan mudah dilatih karena memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi yaitu Labrador Retriever, Border Collies, dan Poodle.

Rata-rata anjing memiliki tingkat kecerdasan yang setara dengan anak umur 2 tahun. Jika dilatih dengan benar, anjing bisa mengerti apa yang manusia perintahkan, mencari barang, dan bahkan dilatih sebagai anjing penjaga. 

Anjing juga memiliki kesetiaan yang tinggi. Apakah masih ada yang kurang? Ternyata para peneliti percaya bahwa anjing juga bisa mengerti perasaan pemiliknya.

Baca lanjutannya: Ini 10 Hewan di Dunia yang Memiliki Kecerdasan Tinggi (Bagian 2)

Related

Science 3319487568833166314

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item