Ini 10 Hewan di Dunia yang Memiliki Kecerdasan Tinggi (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Hewan di Dunia yang Memiliki Kecerdasan Tinggi - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Burung Beo

Jika ada unggas yang memiliki kecerdasan yang tinggi, sudah pasti itu adalah burung Beo. Memiliki warna yang indah dan lagi bisa berbicara. Ya, berbicara, berbicara dengan menggunakan bahasa manusia. Tidak banyak hewan yang bisa berbicara layaknya manusia, namun burung Beo bisa melakukannya.

Kita tahu bahwa burung Beo memiliki kemampuan untuk meniru ucapan manusia, lalu hal apalagi yang membuat burung Beo termasuk hewan yang cerdas? Burung Beo ternyata memiliki ingatan yang sangat kuat dan ditambah lagi, burung Beo bisa memecahkan masalah yang terbilang cukup kompleks.

Babi

Berdasarkan penelitian, babi yang berusia cukup dewasa bisa dianggap sama dengan manusia umur 3 tahun. Dengan kata lain, babi tahu bagaimana cara beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang kompleks karena memiliki kemampuan untuk adaptasi yang sangat cepat. Benar-benar tidak disangka.

Terlepas babi domestik atau babi liar, kedua jenis babi tersebut memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Bisa dibilang bahwa melatih babi tidak sesulit melatih kucing dan anjing. Tidak heran kenapa banyak orang di Amerika yang memilih babi domestik sebagai hewan peliharaan.

Gajah

Jika paus adalah hewan besar yang tinggal di lautan yang dalam, maka  gajah adalah hewan besar yang tinggal di daratan. Apakah gajah itu pintar? Hal tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah sejak lama gajah dikenal memiliki kecerdasan yang sangat tinggi dibandingkan dengan hewan lainnya.

Menurut hasil pengamatan di alam liar, kepintaran gajah terlihat dari bagaimana caranya mengusir lalat yang mengganggu. Gajah memanfaatkan alat seperti kayu atau daun yang lebar yang kemudian dikibaskan di sekitar tubuhnya. Tidak lupa juga, gajah memiliki ingatan yang kuat. Mereka bisa ingat setiap jalan yang mereka lalui.

Lumba-Lumba

Sanagt aneh apabila lumba-lumba tidak masuk dalam daftar hewan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Cara berkomunikasi dan cara bersosialisasi lumba-lumba sudah membuktikan betapa cerdasnya mereka. Kepintaran mereka juga seringkali diperlihat di sejumlah atraksi di kebun binatang.

Ada banyak spesies lumba-lumba yang ada di dunia. Namun hanya ada satu spesies yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Spesies tersebut adalah Lumba-lumba hidung botol. 

Otak lumba-lumba memiliki struktur atau ukuran yang besar, membuat mereka memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi dan peka terhadap perasaan. Kenyataan lain mengenai lumba-lumba adalah otak mereka jauh lebih kompleks daripada manusia.

Simpanse

Coba tebak, hewan apa yang memiliki ciri-ciri seperti manusia? Ya, hewan tersebut adalah simpanse. Selain memiliki ciri-ciri seperti manusia, simpanse diketahui memiliki kemampuan dan cara berpikir layaknya manusia. Simpanse bisa memanfaatkan lingkungan sekitar dan memanfaatkan benda-benda untuk melakukan tugasnya.

Bonobo adalah salah satu jenis yang memiliki kekerabatan dekat dengan simpanse. Hanya bisa ditemukan di Afrika hanya saja jumlahnya kini hampir punah. Bonobo ini memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Meski tidak bisa berbicara dengan menggunakan bahasa manusia, Bonobo menggunakan simbol-simbol untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan.

Related

Science 2720275145285038399

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item