Ini 10 Jalan Raya Paling Berbahaya Sekaligus Paling Ekstrem di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Jalan Raya Paling Berbahaya Sekaligus Paling Ekstrem di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Guoliang Tunnel Road, Cina

Guoliang Tunnel adalah jalan yang berada di dalam terowongan yang dibuat di samping dari sebuah gunung di Cina. Dari samping memang cukup sulit untuk melihat bentuk jalan, itu dikarenakan jalan ini dibentuk dengan cara melubangi samping gunung oleh penduduk lokal. Jalan ini tidak terlalu ramai mengingat bentuk jalannya yang sangat ekstrim.

Pada waktu pembuatan jalan, beberapa penduduk lokal ada yang tewas. Banyaknya penduduk yang tewas tidak mengurangi niat mereka untuk membuat jalan. Setelah selesai melubangi sisi gunung, akhirnya jalan tersebut bisa dilalui oleh mobil. Meski kurangnya tanda peringatan berbahaya, pengemudi yang melalui jalan ini sadar diri tidak mau memacu kendaraannya terlalu cepat.

Taroko Gorge Road, Taiwan

Tikungan tajam mematikan dan jalan sempit adalah kombinasi yang akan kamu temui di jalan Taroko Gorge Road. Taroko Gorge Road adalah salah satu jalan paling berbahaya di dunia yang berada di Taiwan. Badai topan dan aktivitas seismik membuat jalan ini semakin mengerikan untuk dilalui oleh orang. 

Jalan ini telah merenggut nyawa sebanyak 96.611 orang di Taiwan tiap tahunnya. Pengemudi yang melalui jalan ini akan diuji keberanian dan kemampuannya mengemudi. Bagi yang penakut, tidak disarankan untuk melalui jalur ini. Sebagai catatan, karena lebarnya yang sempit, hanya 1 bus yang diperbolehkan melalui jalan Taroko Gorge Road.

Skippers Road, New Zealand

Di tahun 1862, beberapa penggembala menemukan emas di sungai Shotover, Queenstown, New Zealand. Jadi untuk memudahkan akses menuju sungai tersebut, dibuatlah sebuah jalan yang dinamai Skippers Road. Karakteristik Skippers Road adalah sempit, berangin, dan disertai sejumlah tikungan berbahaya dengan panjang total 26,5 km.

Pembuatan jalan Skippers Road memakan waktu 22 tahun dengan menghancurkan batuan padat. Tanpa pembatas jalan dan tanda pemberhentian, jalan ini dapat dilalui oleh sejumlah kendaraan. Namun untuk melalui jalan ini diperlukan izin dari pemerintah. 

Karakoram Highway, Pakistan

Tanpa perlu berpikir panjang lagi memang sudah terlihat betapa berbahayanya jalan ini. Jalan ini sudah menelan lebih dari 1.000 nyawa pada saat masa konstruksi. Berada di Pakistan, Karakoran Highway memiliki panjang 1.200 km dan bertugas sebagai jalan penghubung antara Cina dengan Pakistan.

Perlu kamu ketahui bahwa jalan ini bukan untuk orang yang lemah dan masih mau hidup panjang. Jalan tanpa aspal ini sangat rawan akan tanah longsor dan juga banjir. Meski sudah diperingatkan akan bahaya yang bisa ditimbulkan, jalan ini malah menjadi salah satu tempat yang menarik bagi turis asing. 

North Yungas Road, Bolivia

Diberi gelar sebagai jalan paling ekstrim dan berbahaya di Bolivia oleh Association for Safe International Road Travel. Jalan yang bernama North Yungas Road dilengkapi dengan beberapa turunan, tanjakan, dan juga tikungan tajam. Untuk semakin menambah sensasi, jalan ini diapit oleh sebuah jurang yang dalam. Lengah sedikit saja, ucapkan selamat tinggal pada dunia.

Walaupun sudah dikenal sempit, masih ada saja pengemudi bus dan truk yang menggunakan jalan berbahaya ini. Hasilnya? Kecelakaanpun terjadi ketika 2 kendaraan besar tersebut saling bertemu. Melalui jalan ini sama artinya dengan misi bunuh diri.

Related

International 1381755618813085655

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item