Ini 10 Kasus Manusia Terbakar Tiba-tiba yang Paling Terkenal di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ada kasus aneh dan misterius yang disebut human combustion, yaitu fenomena manusia yang tiba-tiba terbakar sendiri, padahal tidak berdekatan dengan api atau apa pun yang rentan menimbulkan api.

Orang yang mengalami human combustion tiba-tiba akan mengeluarkan api dari dalam tubuhnya, dan api itu membakar hingga menganguskannya. Akibatnya, orang yang mengalami hal itu pun bisa tewas terbakar.

Kasus ini telah lama menarik perhatian ilmuwan, namun masih belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Terlepas dari hal itu, berikut ini adalah sepuluh kasus human combustion paling terkenal di dunia.

Robert Francis Bailey

Sebuah kasus human combustion pernah terjadi di Inggris pada tahun 1967. Dimana seorang penumpang bus, melihat sebuah penampakan api biru dari sebuah jendela dari apartermen yang dilewatinya. Melihat pemandangan yang tidak biasa langsung membuat penumpang tersebut memanggil pemadam kebakaran.

Begitu pemadam kebakaran sampai di lokasi kejadian, mereka menemukan sebuah mayat pria yang hangus. Pria tersebut bernama Robert Francis Bailey. Salah seorang pemadam kebakaran melaporkan bahwa dirinya melihat sebuah celah dari perut Robert. Yang semakin membuat terkejut adalah, celah di perut Robert itulah yang menjadi tempat munculnya api biru.

Danny Vanzandt

Pada tahun 2013, mayat pria bernama Danny Vanzandt ditemukan di Muldrow, Oklahoma. Tubuh Danny ditemukan oleh anggota keluarganya dalam kondisi telah terbakar. Danny Vanzandt meninggal pada usia 65 tahin, tepat di dalam rumah kayu tempat ia tinggal.

Diketahui oleh banyak orang bahwa Vanzandt adalah orang yang gemar merokok dan minum-minuman beralkohol. Tapi, ketika mayat Vanzandt ditemukan, penyebab terbakarnya tubuh Vanzandt bukanlah disebabkan oleh 2 hal tersebut. Meski tubuh Vanzandt terbakar api, perabotan rumah nampak dalam kondisi bagus.

Seorang investigator bernama Ron Lockhart berpendapat, meski ada seseorang yang membakar seseorang menggunakan bensin, tidak mungkin akibatnya bisa separah yang dialami oleh Vanzandt. Karena tidak ditemukan penyebab api, maka diberitakan bahwa api yang membakar Vanzandt berasal dari tubuhnya sendiri alias human combustion.

Rahul

Kebanyakan kasus terbakarnya tubuh manusia secara tiba-tiba berakhir dengan kematian, tapi tidak dengan kasus satu ini. Adalah seorang bayi laki-laki asal India bernama Rahul yang berhasil selamat dari api yang membakar tubuhnya. Kasus human combustion yang menimpa Rahul jelas saja membuat gempar India dan juga dunia. Inilah kasus pertama dimana human combustion terjadi menimpa seorang bayi.

Kejadian yang menimpa Rahul terjadi pada tanggal 8 Agustus 2013. Ketika itu, usia Rahul baru saja menginjak 1 minggu. Begitu dibawa ke rumah sakit, dokter mengatakan bahwa kejadian yang dialami oleh Rahul adalah murini human combustion. 

Rahul memiliki seorang adik laki-laki bernama Sanjay yang juga mengalami human combustion. Lahir pada 9 Januari 20115, Sanjay mengalami kejadian human combustion di usia 1 minggu, sama ketika Rahul pertama kali mengalami kejadian tersebut. Sayangnya, Sanjay tidak bisa diselamatkan.

Cornelia Di Brandi

Sebuah kasus terbakarnya manusia secara tiba-tiba dialami oleh seorang istri bangsawan yang bernama Cornelia Di Bandi. Cornelia Di Bandi merupakan istri dari seorang bangsawan yang hidup pada tahun 1700-an. Cornelia di Bandi ditemukan hangus terbakar di antara tempat tidur dan jendela kamarnya di pagi hari.

Sebelum api membakar seluruh tubuh Cornelia, dirinya sempat bangun dari tempat tidurnya dan hendak berlari menuju jendela. Kejadian tersebut terjadi pada malam hari. Sebelum mencapai jendela, tubuh Cornelia benar-benar terbakar seluruhnya dan hanya menyisakan bagian kaki dan 3 jarinya.

Nicole Millet

Kisah tragis menimpa istri dari seorang pria pemilik penginapan di Paris pada tahun 1725. Sang istri yang bernama Nicole Millet ditemukan tak bersisa, hanya meninggalkan abu yang berserakan di dapur. Ajaibnya adalah, kondisi dapur dalam keadaan bagus, sama sekali tidak menunjukan tanda-tanda adanya kebakaran.

Sebelum menemukan abu sang istri, suami Nicole sempat mencium adanya bau asap. Segerelah ia berlari ke dapur dan menemukan istrinya sudah menjadi abu. Oleh pihak yang berwajib, sang suami dituduh sebagai pembunuh. 

Namun dia menggunakan alasan human combustion sebagai alibinya. Karena memang tidak adanya bukti yang mengarah pada si suami, maka suami Nicole dibebaskan.

Baca lanjutannya: Ini 10 Kasus Manusia Terbakar Tiba-tiba yang Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Related

Mistery 1063112077797551355

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item