Ini 10 Kerajaan Zaman Kuno yang Paling Berpengaruh di Indonesia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Pada zaman dulu, di Indonesia (Nusantara) terdapat banyak kerajaan yang tersebar di berbagai daerah. Tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, kerajaan juga menjadi tempat menyebarluaskan sistem kepercayaan. 

Ada yang menyebarkan agama Hindu, ada yang menyebarkan agama Buddha, dan ada juga yang menyebarkan agama Islam. Berikut ini kerajaan di zaman kuno yang paling berpengaruh di Indonesia.

Kerajaan Samudra Pasai

Samudra Pasai atau yang dikenal juga dengan Samudra Darusaalam adalah kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia. Kerajaan Samudra Pasai berada di di pesisir pantai Sumatra dan mulai berdiri pada abad ke-13. Orang yang menjadi raja kerajaan Samudra Pasai yang pertama adalah Sultan Malik al-Saleh.

Karena kerajaan Samudra Pasai berada di lokasi yang strategis yakni di dekat pantai, maka menjadi kerajaan ini menjadi pusat perdagangan. Di bawah kepemimpinan raja Sultan Malukul Dhahir, Samudra Pasai benar-benar menjadi tempat perdagangan yang maju. Pelabuhannya pun selalu ramai oleh pedagang dari Asia, Afrika, Cina, dan Eropa.

Kerajaan Demak

Jika Samudra Pasai adalah kerajaan Islam pertama di Indonesia yang berada di Sumatra, maka kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama yang ada di pulau Jawa. Raja yang mendirikan Demak adalah Raden Patah pada tahun 1478. 

Raden Patah menduduki kursi raja Demak sampai dengan tahun 1518. Raden Patah sendiri merupakan seorang bangsawan yang juga bertugas sebagai kadipaten di kerajaan Majapahit.

Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam yang terkenal karena menjadi tempat lahirnya Wali Songo atau sembilan wali. Wali Songo ini adalah 9 wali terkenal yang merupakan penyebar agama Islam. 

Kerajaan Demak menjadi kerajaan yang lebih maju ketika kerajaan Majapahit mulai runtuh. Kerajaan Demak berlokasi sekitar 25 km dari kota Semarang, tepatnya di jalan menuju Kudus dari Surabaya.

Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri atau yang disebut juga dengan kerajaan Panjalu adalah kerajaan Hindu yang ada di pulau Jawa, terutama di Jawa Timur. Usia kerajaan Kediri terbilang lama yakni berdiri dari tahun 1042 sampai tahun 1222. Untuk masalah peninggalan arkeologi, kerajaan Kediri memang tidak meninggalkan banyak peninggalan. Namun dalam sastra klasik, kerajaan memiliki kemajuan dalam bidang sastra yang cukup maju.

Berlokasi dekat dengan kali Brantas, kerajaan Kediri berdiri dan berjalan seiringan dengan kerajaan Sriwijaya yang berada di Sumatra. Dua kerajaan ini memiliki pengaruh yang sangat besar pada dunia perdagangan saat itu. 

Diketahui bahwa pedagang Cina dan juga India sering melakukan kegiatan perdagangan di wilayah kekuasaan kerajaan Kediri. Raja yang terkenal saat itu adalah Jaya Baya. Memerintah dari tahun 1135 sampai tahun 1179.

Kerajaan Tarumanegara

Berdiri dari tahun 358 sampai dengan tahun 669, Tarumanegara atau pendeknya Taruma, adalah kerajaan Sunda India yang terletak di dekat prasasti Kebon Kopi I, Kampung Muara, Bogor. 

Berdasarkan tugu prasasti, raja Purnawarman membangun sebuat kanal yang mengubah arah dari sungai Cakung. Dirinya juga mengeringkan daerah pesisir pantai untuk dijadikan area pertanian dan pemukiman penduduk.

Berdasarkan tulisan di tugu prasasti, Tarumanegara didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358. Diketahui ada 12 orang yang pernah menjadi raja Tarumanegara. 

Tapi yang paling terkenal hanyalah raja Purnawarman. Purnawarman dianggap sebagai titisan dewa Wisnu. Dalam kepercayaan Hindu, dewa Wisnu merupakan dewa pemelihara dan pelindung alam semesta.

Kerajaan Banten

Kerajaan Banten didirikan pada abad ke-16 dan tentu saja sesuai dengan namanya, kerajaan Banten terletak di pusat kota Banten. Menurut sejarah, kerajaan Banten didirikan oleh salah satu dari Wali Songo yaitu Sunan Gunung Jati. Kerajaan Banten merupakan kerajaan yang cukup berpengaruh di Asia Tenggara sebagai kota pusat perdagangan. Salah satu komoditi yang terkenal adalah lada.

Baca lanjutannya: Ini 10 Kerajaan Zaman Kuno yang Paling Berpengaruh di Indonesia (Bagian 2)

Related

Indonesia 8753589149166712563

Recent

item