Ini 10 Kerajaan Zaman Kuno yang Paling Berpengaruh di Indonesia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Kerajaan Zaman Kuno yang Paling Berpengaruh di Indonesia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Karena didirikan oleh Sunan Gunung Jati, Banten menjadi kerajaan yang memiliki pengaruh besar dalam penyebaran agama Islam. Kemajuan Banten menjadi kerajaan dagang terjadi pada awal tahun 1500-an. 

Banten menjadi kota pelabuhan terbesar kedua setelah Sunda Kelapa. Setelah kejatuhan Malaka ke tangan Portugis, banyak pedagang dari Timur dan Cina yang memutuskan untuk berlabuh di Banten daripada Malaka.

Kerajaan Sriwijaya

Ditulis juga dengan nama Srivijaya, adalah sebuah kerajaan yang sangat berpengaruh di Indonesia dan berbasis di pulau Sumatra. Pengaruh kerajaan Sriwijaya mampu sampai ke Asia Tenggara. Kerajaan ini menjadi pusatnya penyebar luasnya ajaran agama Buddha dari abad ke 8 sampai abad ke-12.

Kekuatan kerajaan Sriwijaya dipengaruhi dari perdagangan lautnya yang sangat ramai. Menguasai selat Malaka, membuat kerajaan Sriwijaya memiliki hubungan dagang yang cukup erat dengan kepulauan Malaysia, Cina, dan juga India. Kerajaan Sriwijaya pertama kali dipimpin oleh Sri Jayanaga. Masa kejayaan dari kerajaan Sriwijaya sendiri baru muncul ketika Balaputra Dewa menjabat sebagai raja.

Kerajaan Singosari

Terletak beberapa kilometer di sebelah utara kota Malang, berdirilah sebuah kerajaan Hindu-Buddha yang bernama kerajaan Singosari atau Singhasari. Singosari berdiri di timur Jawa sejak tahun 1222 dan mampu bertahan sampai dengan tahun 1292.  Kerajaan Singosari mejadi penerus suksesnya kerajaan Kediri yang berada di Jawa Timur. 

Pertama kali dipimpin oleh Ken Arok sebagai raja, Ken Arok sukses menjadi raja setelah dirinya membunuh Tunggul Ametung. Namun drama balas dendam yang terjadi di keturunan Ken Arok dan Tunggul Ametung terus berlangsung hingga membuat raja Singosari terus menerus berganti raja. 

Tapi, raja yang paling terkenal di Singosari adalah Kartanegara. Melalui Kertanegaralah kerajaan Singosari bisa mencapai puncak kejayaannya.

Kerajaan Kutai

Dibangun pada abad ke-4 menjadikan kerajaan Kutai menjadi kerajaan tertua yang ada di Indonesia. Dengan dasar agama Hindu, kerajaan Kutai merupakan salah satu kerajaan paling berpengaruh yang berada di Kalimantan Timur, dekat dengan hulu sungai Mahakam. Raja pertama yang menguasai Kutai bernama Kudungga.

Pada masa kekuasaan Kudungga, kerajaan Kutai dikenal hanya sebagai kerajaan Hindu biasa. Baru ketika dipimpin oleh Mulawarman, kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaannya. Kerajaan Kutai mengalami kehancuran ketika rajanya saat itu Maharaja Setia Dharma terbunuh dalam peperangan. Kematian Maharaja Setia Dharman sekaligus penanda selesainya masa kerajaan Kutai.

Kerajaan Mataram

Mataram adalah salah satu kerajaan besar yang berada di pulau Jawa. Berdiri di akhir abad ke-16 dan kekuasaannya berlangsung sampai dengan abad ke-18. Diperintah oleh raja Senapati atau yang dikenal dengan nama Adiwijoyo, kerajaan Mataram menjadi kerajaan yang berpengaruh di pulau Jawa,

Sepanjang sejarah, kerajaan Mataram memiliki sektor pertanian dan juga perdagangan yang sangat maju. Karena 2 hal itulah yang membuat kerajaan ini memiliki populasi penduduk yang sangat banyak dan juga makmur. Berada di Jawa Tengah, kerajaan Mataram merupakan kerajaan yang berbasis agama Hindu. Rajanya yang terkenal dari Mataram bernama Balitung.

Kerajaan Majapahit

Akhirnya kita sampai pada kerajaan paling berpengaruh paling pertama yang ada di Indonesia yaitu kerajaan Majapahit. Majapahit adalah kerajaan dengan dasar agama Hindu yang berdiri dari tahun 1293 sampai tahun 1500. 

Menjadi kerajaan paling berpengaruh, Majapahit mengusai berbagai wilayah di Indonesia termasuk di dalamnya adalah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Sumbawa, Lombok, dan Timor Timur.

Majapahit berlokasi diantara kali Brantas dan juga Solo. Kekuasaan Majapahit yang besar mampu mempengaruhi sejumlah negara di Asia Tenggara. Majapahit pertama kali dirikan oleh Raden Wijaya dan meraih jaman keemasannya pada pemerintahan raja Hayam Wuruk ditemani dengan patihnya yang terkenal bernama Gajah Mada.

Related

Indonesia 1762172554933486653

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item