Ini 10 Koki Terkenal Indonesia yang Masakannya Bercita Rasa Tinggi (Bagian 1)


Naviri Magazine - Koki atau juru masak, atau yang sekarang juga dikenal dengan sebutan “chef”, sudah semacam selebritas yang menarik perhatian banyak orang. Tentu saja koki terkenal semacam itu tidak sembarangan. Biasanya mereka punya kemampuan yang hebat dalam urusan memasak, hingga mampu menghidangkan masakan yang lezat atau bercita rasa unik.

Terkait hal itu, berikut ini adalah sepuluh koki terkenal Indonesia yang masakannya dikenal memiliki cita rasa tinggi. 

Zulkarnaini Dahlan

Dengan gaya masakan kasual tapi modern, restoran Colonial menyajikan masakan fine dining ala Perancis yang pasti semua orang ingin rasakan. Di restoran inilah kalian dapat merasakan masakan lezat ala Perancis yang juga berseni tinggi. Di balik masakan lezat tersebut, ada seorang koki hebat yang handal dalam mengolah bahan makanan. Dialah Zulkarnaini Dahlan.

Koki yang sering dipanggil dengan Chef Zul ini merupakan koki yang lulus dari Sahid Institute of Tourisme pada tahun 1997. Dengan kehalian khusus dalam memasak masakan Perancis, chef Zul memiliki cukup pengalaman di dunia kuliner. Dirinya pernah bekerja di salah satu restoran terkenal di Singapur yaitu L'Atelier de Joel Robuchon.

Arnold Poernomo

Mungkin sebagian dari kalian telah mengenal Arnold Poernomo sebagai salah satu juri di sebuah acara masak Masterchef Indonesia. Dengan wajahnya yang tampan dan juga keahlian masaknya yang top, Arnold bisa dibilang sangat digemari oleh banyak orang terutama kaun hawa. Masakannya juga menjadi salah satu masakan yang paling ditunggu untuk dicicipi.

Nama chef Arnold sebelumnya juga pernah disebut bersamaan dengan restoran tempat dimana ia bekerja yaitu Nomz Kitchen & Pastry, sebuah restoran trendi yang menyajikan masakan Asia. Tidak sendirian, Arnold ditemani dengan koki pastry yang bernama Kim Pangestu. 

Maria Irene Susanto

Salah satu juri yang juga tampil di acara masak Masterchef Indonesia yaitu Maria Irene Susanto atau yang lebih dikenal dengan nama Rinrin Marinka. Jika Arnold Poernomo adalah koki idaman kaun hawa, maka Rinrin Marinka adalah koki idaman kaum adam. Wajahnya yang cantik dan juga kemampuannya dalam mengolah bahan makanan membuat siapapun ingin mencoba masakan buatannya.

Marinka sebelumnya pernah menimba ilmu di pendidikan French Cuisine & Patisserie di Le Cordon Bleu, Sydney. Sebelum belajar memasak, dirinya juga pernah belajar tentang fashion, design, dan seni. Membuka restoran yang bernama Mars Kitchen, dirinya selalu menyajikan masakan yang dibuat dari bahan-bahan alami, tanpa pemanis dan pewarna buatan.

Edwin Lau

Tubuh kekar dan juga jago memasak, dialah Edwin Lau. Koki yang bernama lengkap Edwin Handoyo awalnya mencintai dunia masak memasak ketika dirinya kuliah perhotelan dan pariwisata di Akademi Pelita Harapan. Karirnya sebagai koki dimulai ketika dirinya magang di Sakana Japanese Restaurant.

Edwin sempat menguji kemampuan masaknya dengan bekerja di beberapa hotel berbintang seperti The Ritz Carlton Bali dan Grand Hyatt Jakarta. Lalu seiring berjalannya waktu, Edwin memutuskan untuk berkonsentrasi membuat masakan sehat. 

Edwin pun akhirnya dikenal sebagai healthy chef. Berkat tubuhnya yang kekar berotot, Edwin juga merupakan seorang model. Dia pernah menjadi finalis majalah Men's Health di tahun 2006.

Degan Septoadji Suprijadi

Acara masak Masterchef Indonesia ternyata dihuni dengan sejumlah koki terkenal Indonesia salah satunya adalah Degan Septoadji. Dibesarkan di Eropa dan belajar tentang dunia masak di Berufsbildence Schule Technik di Jerman, pengalaman Degan di dunia kuliner tidak bisa dianggap remeh. Dirinya telah berpengalaman selama 30 tahun di dunia masak memasak. 

Dengan 30 tahun pengalaman di dunia masak, Degan pernah bekerja di Taman Sari fine dining, The Jakarta Hilton, Grand Hyatt Bali, Ritz Carlton Bali, Atalantis Royal Towers, Melia Bali Villa and Spa Resort dan terakhir menjadi Executive Chef di Banyan Tree Group, Bangkok. Chef Degan membuat sebuah cafe yang dinamakan sesuai dengan namanya yaitu Cafe Degan di Bali dan Letter D di Jakarta.

Baca lanjutannya: Ini 10 Koki Terkenal Indonesia yang Masakannya Bercita Rasa Tinggi (Bagian 2)

Related

Food 3218769465837460768

Recent

item