Ini 10 Kota Dunia yang Akan Hilang Seiring Berjalannya Waktu (Bagian 1)


Naviri Magazine - Secara perlahan namun pasti, ada beberapa kota di dunia yang saat ini tengah terancam bahaya akan hilang dari peta. Jika pemerintah negara tersebut tidak melakukan tindakan pencegahan, dipastikan kota-kota tersebut hanya akan tinggal kenangan. 

Berikut ini daftar 10 kota di dunia yang perlahan namun pasti akan hilang dari peta.

Amsterdam, Belanda

Amsterdam yang merupakan salah satu kota indah di Belanda selain menyajikan pemandangan yang mengagumkan ternyata kota ini juga tengah terancam akan hilang dari peta di masa depan. Belanda adalah negara yang dikenal memang memiliki ketinggian tanah lebih rendah bila dibandingkan dengan air laut. 

Melihat hal tersebut membuat pemerintah Belanda membuat beberapa langkah pencegahan agar air laut tidak naik yakni dengan membuat tanggul yang besar. Perlu diketahui bahwa seperempat negara di Belanda memiliki tinggi tanah lebih rendah dari permukaan air laut. Salah satunya adalah Amsterdam. 

Untuk itulah di Amsterdam dibangun tanggul agar air laut tidak naik dan menghanyutkan kota tersebut. Untuk sekarang memang bisa dibilang cukup teratasi, tapi ke depannya, tidak ada yang bisa menebak.

Venice, Italia

Venice merupakan salah satu kota di Italia yang menjadi kota romantis di Italia yang wajib dikunjungi bersama dengan kekasih. Sebagai salah satu kota cantik di dunia, banyak orang yang memang telah mengetahui bahwa perlahan namun pasti, kota ini suatu saat pasti akan hilang dari peta. 

Tanda-tanda hilangnya kota ini sudah terlihat sejak 100 tahun terakhir. Dimana ketinggian tanah di kota Venice telah turun hingga 24 cm. 

Contoh nyatanya adalah 100 tahun yang lalu, St. Mark's Square selau diserang banjir sebanyak 9 kali tiap tahunnya. Kali ini, banjir bisa menyerang sebanyak 100 kali setiap tahunnya. Tentunya hal ini sangat menjadi perhatian dari pemerintah. Sejumlah rencana telah dibuat agar bisa mempertahankan Venice. Apakah hal tersebut berjalan sesuai rencana? Hanya waktu yang bisa menjawabnya,

Banjul, Gambia

Sebagai ibukota dari negara Gambia, Banjul dilanda masalah yang amat rumit yakni kota ini terancam akan hilang keberadaannya dari peta. Tidak diketahui kapan pastinya kota ini akan lenyap, namun seiring berjalannya waktu, bisa dipastikan kota ini akan segera menjadi kenangan.

Ancaman hilangnya Banjul dari peta ini disebabkan karena ketinggian tanahnya yang kini mulai semakin turun. Akibat perubahan iklim yang terjadi di kota ini, ketinggian air laut meningkat menjadi 1 meter. Jika semakin dibiarkan, pemukiman akan tertutup air laut, setengah dari hutan mangrove dan ladang padi akan hilang. 

Timbuktu, Mali

Ketika bukit pasir mulai menutupi tanah, maka desertifikasi menjadi masalah yang akan dihadapi. Kota Timbuktu yang berada di Mali ini telah mengalami ancaman berbahaya sejak abad ke-15. Padahal Timbuktu telah berumur lebih dari 1.000 tahun telah menjadi salah satu kota tempat tujuan pariwisata yang terkenal.

Meskipun kebanyakan wilayah ini telah tertutup oleh pasir, tapi kota ini masih memiliki pantai yang indah. Di pantai inilah terdapat terumbu Pirus dan juga beberapa tempat-tempat penuh sejarah. 

Sayangnya, anak cucu kita mungkin tidak akan bisa lagi melihat kota ini. Beberapa bagian kota ini telah terkubur oleh pasir. Pemerintahpun telah melakukan beberapa upaya untuk bisa mengembalikan kondisi kota.

New Orleans, Amerika

Melihat posisi kota New Orleans, mau tidak mau harus diakui bahwa kota ini perlahan tapi pasti akan segera menghilang dari peta. Hampir setiap musimnya, kota ini berisiko tinggi diserang bencana banjir. Kehancuran kota yang disebabkan oleh sungai Mississipi ini telah menjadi bukti nyata betapa rentannya kota ini terhadap banjir dan naiknya permukaan air laut.

Dikarenakan badai Katrina pernah menyebabkan kerusakan parah pada kota ini, maka pemerintah New Orleans semakin meningkatkan pertahanan agar kota ini tidak diserang oleh banjir. Sejumlah bendungan dan kanal dibuat untuk menahan kekuatan air. Untuk sementara ini, New Orleans bisa dikatakan sudah siap untuk menghadapi bencana di ke depannya.

Baca lanjutannya: Ini 10 Kota Dunia yang Akan Hilang Seiring Berjalannya Waktu (Bagian 2)

Related

World's Fact 9025308644315928478

Recent

item