Ini 10 Makanan dan Minuman Terkenal yang Ternyata Berasal dari Kotoran (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Makanan dan Minuman Terkenal yang Ternyata Berasal dari Kotoran - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Panda Dung Green Tea

Besar, berbulu, lucu, dan berwarna hitam dan putih, itulah hewan khas Cina bernama Panda. Beruang lucu ini hanya memiliki satu menu makanan yakni bambu. Mereka jarang makan makanan lain kecuali bambu. Seperti hewan pada umumnya, panda juga akan mengeluarkan kotoran pada saatnya. Kotoran inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk dijadikan bahan teh hijau.

Sudah dijelaskan bahwa bambu adalah menu favorit panda, menurut salah satu pengusaha teh, panda hanya menyerap 30% nutrisi dari tanaman tersebut. Nah, kotoran yang dihasilkan panda ini dinilai masih kaya akan vitamin dan mineral dari bambu. Oleh An Yashi, seorang pengusaha teh sekaligus pengajar di Sinchuan University, dirinya membuat teh hijau dengan memanfaatkan kotoran dari panda..

Elephant Dung Beer

Jika tadi ada teh hijau yang dibuat dari bahan dasar kotoran panda, selanjutnya ada sebuah bir yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kotoran gajah. Bir ini dapat kalian temukan dan beli jika mau jika kalian pergi ke Jepang. Nama bir tersebut adalah Un, Kono Kuro. Un merupakan bagian dari kata Jepang Unko yang berarti kotoran.

Tapi kotoran gajah yang diambil bukan gajah sembarangan. Kotoran yang diambil merupakan kotoran dari gajah yang berasal dari Thailand’s Golden Triangle Elephant Foundation. 

Oh iya, ada satu bahan lagi yang terlupa dari bir ini yaitu kopi. Seperti Kopi Luwak yang akan dibahas nanti, biji kopi yang dimakan gajah nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan kotorannya. Dari 33 kg biji kopi yang dimakan, sebanyak 1 kg yang akan tersisa di kotoran gajah.

Elephant Dung Coffee

Di atas sudah disebutkan bahwa ada bir Jepang yang terbuat dari kotoran gajah yaitu Un, Kono Kuro. Bir tersebut merupakan bir yang dibuat dari dari biji kopi yang terdapat dari kotoran gajah. Jika biji kopi tersebut dibuat sebagai bahan dasar bir, kali ini, biji tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk membuat kopi.

Ya, sama seperti Kopi Luwak, kopi yang dibuat dari bahan dasar kopi dari kotoran gajah ini sangat laris manis. Rasanya sangat berbeda dari kopi pada umumnya karena biji kopinya diambil dari kotoran gajah. Satu gelas dari kopi gajah ini dijual dengan harga 50 USD.

Kopi Luwak

Orang Indonesia pasti sudah tahu dengan yang namanya kopi luwak. Bagaimana tidak, kopi satu ini adalah kopi termahal dari 10 kopi termahal di dunia. Kenapa kopi ini bisa begitu mahal? Hal tersebut karena kopi luwak dibuat dari biji kopi pilihan yang ditemukan dalam kotoran hewan sejenis kucing bernama luwak.

Luwak adalah salah satu jenis hewan asli di Asia Tenggara. Hewan satu ini juga sangat kopi layaknya kita manusia. Luwak tidak sembarangan memakan kopi, hanya kopi pilihan yang mau ia makan. Biji kopi yang ditemukan pada kotorannya memiliki tingkat keasaman, protein, dan protein yang lebih rendah dari kopi biasa.

Korean Poo Wine

Dari sederet makanan dan minuman di atas yang terbuat dari kotoran hewan, tidak ada yang lebih menjijikan dari minuman satu ini. Dinamakan Korean Poo Wine atau Ttongsul, ini adalah wine atau anggur asal Korea Selatan yang dibuat dengan bahan dasar kotoran manusia. Ya, kotoran manusia sungguhan.

Ttongsul ini merupakan wine yang dibaut dari bahan nasi dan kotoran manusia yang sudah difermentasi. Kotoran yang dipakai bukanlah kotoran manusia dewasa melainkan anak kecil. Ttongsul ini dianggap sebagai obat yang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi mereka yang meminumnya. 

Tingkat alkoholnya sendiri hanya berkisar 9%. Ada alasan kenapa mereka orang Korea menggunakan bahan dasar kotoran manusia dan hewan untuk alasan kesehatan. Pengobatan Korea kuno mengklaim bahwa kotoran manusia dan hewan bisa membantu mengobati memar, luka terpotong benda tajam, patah tulang, dan epilepsi.

Related

Food 6568667489480754103

Recent

item