Ini 10 Makhluk Hidup yang Mampu Bertahan dari Radiasi Nuklir (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Makhluk Hidup yang Mampu Bertahan dari Radiasi Nuklir - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Amoeba

Makhluk hidup satu ini adalah makhluk hidup yang paling simpel di dunia. Dan mungkin saja makhluk hidup inilah yang menjadi awal mula kehidupan. Ya, dipastikan jika terjadi perang nuklir, amoeba menjadi salah satu makhluk hidup yang bisa bertahan dari radiasi nuklir. Amoeba memiliki kemampuan untuk berkembang biak hampir di semua habitat.

Dengan ukuran yang sangat kecil, amoeba adalah makhluk hidup bersel satu yang bisa bertahan dari radiasi nuklir. Mereka juga dapat berkembang biak dengan cara membelah diri dengan sangat cepat. 

Braconidae Wasp

Salah satu jenis tawon yang bisa bertahan dari radiasi nuklir adalah jenis Braconidae. Makhluk hidup ini termasuk hewan parasitoid dimana mereka meletakkan telur mereka di dalam tubuh binatang lain. Hewan kecil ini secara mengejutkan mampu bertahan dari radiasi nuklir sebesar 180.000 rads.

Tidak hanya mampu bertahan dari radiasi nuklir, Braconidae juga memiliki penciuman tajam dimana mereka bisa mendeteksi bahan kimia berbahaya. Bisa dibilang, tawon ini adalah anjingnya di dunia serangga.

Milnesium Tardigradum/Water Bears

Water bears atau dalam bahasa Indonesia yang berarti beruang air adalah makhluk hidup yang memiliki lingkungan habitat yang cukup luas termasuk di laut Antartika. Tidak hanya bisa bertahan dari radiasi nuklir, makhluk hidup ini juga bisa bertahan di ruang yang hampa udara. Water Bears juga bisa bertahan hidup di tempat dengan suhu yang ekstrim.

Water Bears dapat menghidupkan dirinya kembali setelah dirinya mengalami dehidrasi, radiasi, dan dari ruang hampa udara lebih dari 200 tahun. Jika makhluk hidup ini bisa bertahan hidup di ruang hampa udara, tidak diragukan lagi bahwa Water Bears bisa bertahan hidup dari radiasi nuklir.

Deinococcus Radiodurans

Oleh para ilmuwan, makhluk hidup ini diberi julukan sebagai "Conan The Bacterium". Makhluk hidup ini termasuk makhluk hidup super yang bisa bertahan hidup di lingkungan yang ekstrim, beracun, dan mengandung bahan kimia berbahaya. Makhluk hidup ini juga tidak diragukan lagi akan menjadi organisme yang bertahan hidup paling terakhir dari radiasi nuklir.

Ketangguhan organisme ini dalam bertahan hidup dari radiasi nuklir membuatnya masuk ke dalam Guinness Book of World Records sebagai makhluk hidup yang paling sulit dibasmi. kemampuannya dalam memperbaiki DNA yang rusak sedang dimanfaatkan oleh para ilmuwan untuk membantu dunia kesehatan.

Thermococcus Gammatolerans

Menjadi makhluk hidup pertama yang akan dijumpai di bumi setelah terjadi radiasi nuklir yang sangat besar, Thermoccus Gammatolerans. Makhluk hidup adalah mikro organisme yang tidak memiliki inti sel pada tubuhnya. Bisa bertahan di tempat yang paling ekstrim, organisme ini juga tidak akan musnah hanya karena radiasi nuklir.

Gy yang merupakan satuan ukur radiasi, mikro organisme ini dapat bertahan dari radiasi sebesar 30.000 Gy. Jauh lebih kuat daripada bakteri E. Coli yang hanya bisa bertahan 60 Gy. Untuk lebih meyakinkan, mikro organisme ini sanggup bertahan hidup dari ledakan yang terjadi di kota Hiroshima meskipun dalam jarak 300 meter.

Related

Science 878758167022821532

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item