Ini 10 Mitos Terkenal Tentang Smartphone yang Ternyata Keliru (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Mitos Terkenal Tentang Smartphone yang Ternyata Keliru - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Semakin Besar Megapiksel, Semakin Bagus Foto

Sekarang ini, banyak orang yang membeli smartphone yang dibekali dengan megapiksel yang besar. Banyak orang percaya bahwa semakin besar megapiksel, maka foto yang dihasilkan akan semakin bagus. Yang sebenarnya terjadi adalah, kualitas foto tidak dipengaruhi oleh megapiksel yang besar.

Megapiksel yang besar tidaklah berperan dalam kualitas foto, hanya ukurannya fotolah yang dipengaruhi. Kualitas dari foto dipengaruhi oleh sensor kamera dan ukurannya, prosesor, dan optik. 

Ketika kalian menggunakan fitur zoom dalam kamera, barulah megapiksel ini berperan. Semakin besar megapikselnya, maka foto hasil zoom yang dihasilkan akan tidak terlalu pecah.

Pemerintah Bisa Melacak Seseorang dari Smartphone

Smartphone masa sekarang terus mengirimkan atau menerima sinyal GPS. Nah, karena GPS inilah yang menyebabkan handphone kita bisa digunakan sebagai alat pelacak. Oleh pihak pemerintah, fungsi GPS inilah yang menjadi salah satu cara untuk melacak keberadaan teroris. Tapi, apakah benar bahwa smartphone bisa digunakan untuk melacak seseorang?

Smartphone memang bisa digunakan untuk melacak keberadaan seseorang, tapi ada syarat yang harus dipenuhi agar lokasi seseorang bisa dilacak. Syarat tersebut adalah smartphone harus dalam keadaan menyala. Meskipun kalian menyalakan airplane mode, smartphone tetap bisa mengirimkan sinyal GPS.

Semakin Besar RAM, Semakin Bagus

Selain kamera dengan megapiksel yang besar, memori penyimpanan, dan daya tahan baterai, satu hal yang menjadi bahan pertimbangan orang untuk membeli smartphone adalam RAM. Semakin besar RAM, maka semakin bagus pula kualitas smartphone tersebut. Apalagi mengingat orang jaman sekarang suka membuka banyak aplikasi di handphone-nya.

Sayangnya, seberapa besar RAM yang smartphone kamu miliki, tidak akan menjamin smartphone kalian akan semakin lancar. Semua tergantung dari bagaimana cara kalian menggunakan smartphone. 

Anggap saja smartphone kalian sudah dibekali dengan RAM yang super besar, tapi, jika kalian membuka 10 tab di chrome, mendengarkan lagu, dan membuka facebook, smartphone kalian tetap saja akan hang.

Gunakan Charger Asli

Selalu gunakan charger ori untuk mengisi baterai smartphone. Menggunakan charger palsu, maka baterai smartphone akan cepat rusak. Mitos ini sudah sering didengar dan bahkan banyak orang yang mempercayai mitos tersebut. Mungkin kalian juga salah satu orang yang percaya akan mitos tersebut?

Yang sebenarnya adalah, kalian bisa menggunakan charger apapun asal memenuhi standar dari spesifikasi baterai smartphone. Ya, jelas untuk mengetahui spesifikasi baterai smartphone itu merepotkan. Maka, tidak heran jika banyak orang lebih memilih jalan aman dengan mengecas baterai dengan charger bawaan atau charger asli.

Smartphone Menyebabkan Kanker

Kalian pasti sudah sering mendengar bahwa sinyal yang dipancarkan oleh smartphone bisa menyebabkan penyakit kanker. Kalian bertanya kepada siapapun, pasti semuanya bilang hal tersebut benar. Jadi, kita disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan smartphone. Apa kalian percaya dengan hal tersebut?

Memang sudah banyak penelitian yang dilakukan akan bahaya dari sinyal smartphone. Dikatakan bahwa ada hubungan antara radiasi yang dipancarkan handphone dengan kanker. 

Perlu kita ketahui bahwa hal tersebut adalah mitos. Meski banyak peneliti yang mengatakan bahwa radiasi handphone bisa mengakibatkan kanker, sampai sekarang, tidak ada satupun yang bisa membuktikan akan hubungan antara radiasi handphone dengan kanker.

Related

Smartphone 1057050623580959288

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item