Ini 10 Perpustakaan Mengagumkan dan Paling Terkenal di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Kesan perpustakaan di benak banyak orang mungkin berkisar pada bangunan sederhana berisi buku-buku yang disusun di rak-rak. Nyatanya memang kita lebih sering mendapati perpustakaan semacam itu, hingga gambaran seperti itu pula yang langsung terlintas dalam pikiran kita ketika mendengar perpustakaan.

Tapi sebenarnya tidak semua perpustakaan pasti seperti itu. Di dunia ini banyak perpustakaan yang sangat megah, dengan bangunan memukau, plus dengan koleksi buku luar biasa yang disusun dengan indah dan memanjakan mata. Sepuluh perpustakaan berikut ini di antaranya.

Kansas City Central Library, Missouri

Perpustakaan mengagumkan ini berdiri dengan indah di Kansas City, Missouri. Tidak hanya interior perpustakaan yang dibuat menarik, bahkan gedung perpustakaan ini juga dibuat dengan sangat menarik. Gedung perpustakaan ini didesain sesuai dengan bentuk buku. Didirikan pada tahun 1873, perpustakaan ini menjadi perpustakaan tertua yang ada di kota Kansas.

Kansas Citi Central Library ini memiliki sejumlah koleksi buku yang spesial. Sejarah lokal, artikel berita, kartu post, fotografi, peta, dan bahkan penunjuk area juga ada di perpustakaan ini. Beberapa jurnal artikel yang berhubungan dengan sejarah Afrika-Amerika juga dapat ditemukan di perpustakaan ini. Sungguh keren bukan.

Stuttgart City Library, Jerman

Stuttgart, Jerman adalah kota yang menjadi tempat berdirinya salah satu perpustakaan paling mengagumkan yang ada di dunia. Diberi nama sesuai dengan nama tempatnya, Stuttgart City Library. Perpustakaan ini merupakan perpustakan dengan gaya minimalis tapi mengagumkan yang bisa membuat siapapun betah menghabiskan waktu membaca buku di tempat ini. 

Pilar berlapis emas disertai dengan lukisan indah di dinding-dinding perpustakaan membuat perpustakaan ini menjadi tempat yang sempurna untuk membaca. Didominasi dengan warna putih, perpustakaan ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2011.

Vasconcelos Library, Meksiko

Di desain oleh arsitek lokal bernama Alberto Kalach, perpustakaan mengagumkan yang berada di Meksiko ini diresmikan pada tahun 2006. Tempat yang menjadi sumber pengetahuan ini memiliki luas 38.000 meter persegi, membuatnya dijuluki "Megalibrary" atau perpustakaan raksasa yang berada di utara Meksiko. 

Perpustakaan ini diresmikan langsung oleh presiden Meksiko saat itu, Vicente Fox. Tahun 2007, perpustakaan ini sempat ditutup sementara untuk alasan perbaikan. Dan kembali dibuka pada November 2008.

Melk Abbey, Austria

Perpustakaan mengagumkan di Austria ini sengaja dibangun sebagai bentuk penghormatan untuk Umberto Eco. Umberto Eco adalah seorang penulis novel misteri terkenal yang berujudul The Name of The Rose. Keindahan yang ditampilkan di perpustakaan tersebut memudahkan orang untuk melihat betapa menginspirasinya Umberto Eco ini.

Bagian yang dianggap paling cantik dan mengagumkan dari perpustakaan ini adalah bagian lukisan buang yang ada di langit-langit perpustakaan. Lukisan bunga tersebut dilukis oleh Paul Troger. Patung kayu yang ada di dalam perpustakaan menjadi simbol beberapa fakultas seperti filosofi, yurisprudensi, teologi, dan obat-obatan.

Handelingenkamer, Belanda

Perpustakaan mengagumkan ini memang merupakan perpustakaan milik Belanda, namun perpustakaan ini dibangun karena terinspirasi dari keindahan arsitektur bangunan dari Cina. Tangga yang melingkar memudahkan akses untuk mengambil buku yang berada di lantai atas. Atap perpustakaan yang terbuat dari kaca membuat cahaya dapat masuk menyinari ke dalam. 

Perpustakaan mengagumkan ini berisikan sejumlah catatan penting beberapa diskusi parlemen. Karena perpustakaan ini dibangun sebelum ada lampu pencahayaan listrik, jadi perpustakaan in ibisa dikatakan cukup aman. 

Baca lanjutannya: Ini 10 Perpustakaan Mengagumkan dan Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Related

Books 2177646233631852146

Recent

item