Ini 10 Perpustakaan Mengagumkan dan Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Perpustakaan Mengagumkan dan Paling Terkenal di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Admont Abbey Library, Austria

Berlokasi dekat dengan sungai Enns di utara Austria, Admont Abbey Library adalah perpustakaan keren yang dibangun pada tahun 1776. Desain perpustakaan ini benar-benar sunggu menakjubkan, orang yang baru pertama kali melihatnya pasti akan tidak bisa berkata-kata melihat keindahannya. 

Admont Abbey Library dihiasi dengan warna emas dan putih, perpustakaan ini juga di mahkotai dengan 7 kubah yang menggambarkan fase pengetahuan manusia. Sekitar 70.000 biara dengan jumlah 200.000 volum buku disimpan dalam perpustakaan megah ini. 

Wiblingen Abbey Library, Jerman

Kembali lagi ke Jerman, sebagai salah satu negara superpower di dunia, Jerman ternyata juga merupakan negara yang menghargai ilmu pengetahuan. Terbukti dengan 2 perpustakaannya yang berhasil masuk ke dalam daftar 10 perpustakaan paling keren yang bisa membuat orang betah membaca. 

Bagian dalam dari perpustakaan keren ini dipasang beberapa patung. Dimana patung ini melambangkan kebajikan dan kedisplinan. Bagian kolom yang terbuat dari kayu dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan marmer.  

Biblioteca Joanina, Portugal

Perpustakaan milik Unvesitas Coimbra sebenarnyua terdiri dari 2 bangunan. Gedung bary dibangun oada 1962 dan gedung lainnya adalah Joanina Library. Perpustakaan yang pernah diberi julukan sebagai "House of The Bookshop" ini menjadi salah satu perpustakaan terkenal yang ada di dunia. Kini, Joanina Library telah berubah nama menjadi biblioteca Joanina.

Di bagian dalam perpustakaan terdapat 3 ruangan besar yang dipisahkan dengan hiasan melengkung. Atap perpustakaan dibuat dari kayu yang telah disepuh secara khusus, dinding perpustakaan dihiasi dengan rak buku bertingkat. Perpustakaan mengagumkan ini telah dijadikan sebagai monumen nasional dan salah satu atraksi yang menarik bagi para turis.

Peabody Institute Library, USA

Jika para mahasiwa Johns Hopkins University mengalami masalah dalam mencari sumber pengetahuan, disinilah tempat mereka menghabiskan waktunya untuk mencari buku yang mereka inginkan. Perpustakaan mengagumkan ini memiliki koleksi buku yang sangat banyak yakni 300.000 volum.  Dan buku-buku tersebut kebanyakan buku yang berasal dari abad ke-19.

Perpustakaan ini selesai dibangun pada tahun 1878 dengan menggunakan bantuan dari seorang arsitek bernama Edmund G. Lind. Bagian atrium dari perpustakaan ini memiliki tinggi kira-kira 18 meter. Setiap bagian dari perpustakaan ini didesain sedemikian hingga supaya bisa membuat para mahasiswa merasa nyaman dan mudah dalam mencari dan membaca buku.

Library of Congress, USA

Ini dia perpustakaan mengagumkan yang bisa membuatmu betah membaca. Library of Congress adalah perpustakaan riset di Amerika Serikat yang juga diketahui sebagai perpustakaan dengan koleksi buku terbesar di dunia. 

Koleksi yang ada di perpustakaan ini bermacam-macam subjek, format, dan batas nasional. Termasuk di dalamnya adalah beberapa hasil riset yang dikumpulkan dari berbagai belahan dunia dengan lebih dari 450 bahasa. 

Pernah mengalami kerusakan akibat kebakaran pada 1851, perpustakaan ini kemudian memperbaiki gedungnya dan menambah berbagai macam koleksi bukunya dalam waktu yang sangat cepat.

Related

Books 1040722558549560870

Recent

item