Ini 10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Indonesia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Ternyata, stadion sepakbola di Indonesia, yakni stadion Gelora Bung Karno, masuk dalam daftar 10 stadion sepakbola terbesar di dunia. Meski berhasil masuk, tapi masih ada stadion lain di dunia yang kapasitasnya jauh lebih besar dari Gelora Bung Karno. 

Kira-kira stadion mana saja yang masuk dalam daftar stadion sepakbola terbesar di dunia? Penjelasan lebih lengkapnya dapat disimak di bawah ini.

Bukit Jalil National Stadium, Malaysia - 87.411 Penonton

Bukit Jalil National Stadium menjadi stadion sepakbola di Asia yang berhasil masuk dalam daftar stadion sepakbola terbesar di dunia. Stadion sepakbola ini didirikan pada tahun 1998 dan berlokasi di ibukota Malaysia yaitu Kuala Lumpur. Stadion ini memiliki peran ganda yaitu sebagai kandang dari timnas Malaysia dan juga tempat diselenggarakannya perlombaan Atletik.

Beberapa liga domestik yang diadakan di Malaysia kadang menggunakan stadion ini. Stadion yang merupakan milik pemerintah Malaysia ini memiliki kemampuan menampung penonton yang sangat banyak. Tercatat stadion sepakbola ini sanggup menampung penonton hingga 87.411 orang.

Gelora Bung Karno, Indonesia - 88.306 Penonton

Rakyat Indonesia patut berbesar hati dan bangga bahwa stadion sepakbola kebanggaan Indonesia yaitu Gelora Bung Karno ternyata termasuk ke dalam daftar stadion sepakbola terbesar di dunia. Meskipun hanya mampu duduk di posisi ke-9, tapi kapasitas Gelora Bung Karno masih terbilang cukup besar yakni mampu menampung sebanyak 88.306 penonton.

Gelora Bung Karno dibangun pada tahun 1962 dan sering digunakan sebagai kandang bermain dari timnas Indonesia dan juga Persija Jakarta. Di stadion ini juga pernah diadakan pertandingan persahabatan antara tim Park Ji Sung dengan Indonesia Legend, dimana para pemain dari acara reality asal Korea Selatan yaitu Runningman juga ikut serta bermain di stadion ini.

Rose Bowl Stadium, Amerika Serikat - 92.542 Penonton

Menjadi markas dari klub sepakbola Amerika yakni LA Galaxy dan juga markas dari timnas Amerika Serikat, Rose Bowl Stadium juga pernah menjadi tempat diselenggarakan perlombaan sepakbola bergengsi antar dunia yaitu final piala dunia tahun 1994. Rose Bowl Stadium merupakan lapangan sepakbola yang terletak di Pasadena, California, Amerika. 

Stadion ini telah menjadi landmark kota Amerika Serikat dan California. Dengan kapasitas penonton mencapai 92.542 orang, Rose Bowl Stadium menjadi stadion sepakbola terbesar ke-8 yang ada di dunia.

Wembley Stadium, Inggris - 90.000 Penonton

Bagi penggemar liga Inggris, pasti sudah kenal dengan stadion ini. Inilah Wembley Stadium, stadion terbesar di Inggris sekaligus terbesar ke-7 di dunia. Pada tahun 2007, stadion Wembley akhirnya selesai diperbaharui dengan menggantikan 2 menara kembar yang menghiasi stadion bersejarah di Inggris tersebut.

Stadion sepakbola ini merupakan stadion yang dimiliki oleh asosiasi sepakbola Inggris yang bernama FA. Stadion inilah yang menjadi markas besar dari timnas Inggris. Setiap pertandingan persahabatan atau nasional pasti akan dilangsungkan di stadion ini.

Azadi Stadium, Iran - 95.225 Penonton

Azadi Stadium adalah rumah dari timnas sepakbola Iran dan juga klub sepakbola Persepolis FC dan Esteghlal FC. Stadion ini pernah dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya Asian Games pada tahun 1974. Inilah stadion sepakbola terbesar yang berada di Timur Tengah dengan kapasitas penonton yang mencapai 95.225 orang.

Azadi Stadium terletak di kota Tehran, Iran. Dengan kapasiatas yang mencapai 95.225 menjadikan Azadi Stadium sebagai stadion sepakbola terbesar ke-6 di dunia. Meski catatat menuliskan kapasitas stadion ini dapat menampung 95.225 penonton, kenyataannya adalah stadion ini pernah tercatat dapat melampui kapasitas tersebut hingga lebih dari 100.000 orang. Sungguh luar biasa.

Baca lanjutannya: Ini 10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Indonesia (Bagian 2)

Related

Sports 2321594196785750616

Recent

item