Ini 10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Indonesia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Indonesia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

FNB Stadium, Afrika Selatan - 94.736 Penonton

Soccer City atau yang lebih dikenal dengan FNB stadium sebenarnya sudah dibuka di tahun 80an, tapi kembali ditutup pada tahun 2010 untuk direnovasi. Stadion ini menjadi stadion paling bersejarah di dunia karena di stadion inilah Nelson Mandela pertama kali berbicara di muka umum setelah keluar dari penjara pada tahun 1990.

Bentuk stadion sepakbola ini sengaja dirancang menyerupai pot Afrika, FNB Stadium menjadi tempat diselenggaranya final World Cup 2010 antara Belanda melawan Spanyol, dimana Spanyol yang keluar menjadi pemenang. FNB Stadium menjadi stadion sepakbola terbesar dunia ke-5 dengan kapasitas stadion yang dapat menampung 94.736 penonton.

Estadio Azteca, Meksiko - 98.500 Penonton

Tidak hanya sekali namun dua kali menjadi tempat diselenggarakannya final World Cup sejak pertama kali dibuka pada tahun 1966. Stadion besar yang berada di kota Meksiko ini bernama Estadio Azteca. Stadion inilah yang menjadi tempat terjadinya gol tangan Tuhan yang dilakukan oleh Diego Maradona.

Stadion ini telah menjadi saksi bisu terjadinya sejumlah pertandingan penting baik itu dari sepakbola dan juga olimpiade musim panas. Dengan kapasitas stadion yang mencapai 98.500 penonton, membuat stadion kebanggaan warga Meksiko ini menjadi stadion sepakbola terbesar ke-4 di dunia.

Camp Nou, Spanyol - 99.354 Penonton

Inilah stadion terbesar di Spanyol dan juga stadion yang menjadi rumah bagi klub raksasa Spanyol, Barcelona. Di lapangan inilah telah banyak pemain bintang dunia seperti Johan Cruyff, Luis Figo, dan Lionel Messi beraksi menggiring bola. Stadion Camp Nou dibuat secara khusus di bawah permukaan tanah. 

Stadion yang menjadi kebanggaan Spanyol ini dapat menampung hingga 99.354 penonton. Camp Nou resmi dibuka pada tahun 1957 kemudian diperbesar pada tahun 1982. Pada tahun 2008, stadion ini mengalami perbaikan untuk menjaga kualitas dari stadion. 

Salt Lake Stadium, India - 120.000 Penonton

Dibangun pada tahun 1984, stadion terbesar ke-2 di dunia juga dikenal dengan nama Yuva Bharati Krirangan. Inilah stadion sepakbola yang menjadi rumah dari klub sepakbola East Bengala dan Mohun Bagan. Terkadang stadion ini juga menjadi tuan rumah tempat dilangsungkannya pertandingan yang melibatkan timnas India.

Stadion ini pernah menjadi tempat dilangsungkannya pertandingan persahabatan bersejarah antara Argentina dan Venezuela. Tempat ini juga yang menjadi stadion tempat terakhir Oliver Khan bermain, Oliver Khan adalah kiper legendaris asal Jerman. Dengan kapasitas 120.000 penonton, Salt Lake Stadium tidak hanya menjadi lapangan sepakbola saja melainkan sejumlah perlombaan ateltik juga dilakukan disini.

Rungrado 1st of May Stadium, Korea Utara - 150.000 Penonton

Jika kita menganggap 9 stadion di atas sudah luar biasa besar, masih ada 1 lagi stadion yang memiliki kapasitas penonton yang luar biasa banyak yaitu Rungrado 1st of May Stadium. Stadion Rungrado ini adalah stadion terbesar di Korea Utara dan sekaligus terbesar di dunia dengan kapasitas penonton mencapai 150.000.

Tidak cuma menjadi stadion diselenggarakan pertandingan sepakbola, stadion besar ini juga sering menjadi tempat diselenggarakan perlombaan atletik. Stadion Rungrado selesai dibangun pada 1 Mei 1989. Terkadang di stadion ini juga menjadi stadion tempat diadakannya Arirang Festival dimana di dalamnya termasuk gymnastic dan festival artis.

Related

Sports 6342761927965411339

Recent

item