Ini 10 Tempat Terbasah di Dunia karena Paling Sering Diguyur Hujan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Tempat Terbasah di Dunia karena Paling Sering Diguyur Hujan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

San Antonio de Ureca, Pulau Biko - Curah Hujan per Tahun 10.450 mm

Jika Debundscha adalah tempat paling sering turun hujan kedua di Afrika, lalu siapa yang nomor satunya? Dialah San Antonio de Ureca. Adalah sebuah kota yang berada di Pulau Biko, dekat dengan garis pantai Kamerun.

Tiap tahunnya hampir selalu terjadi hujan deras di San Antonio. Dengan curah hujan per tahun yang mencapai 10.450 mm, ditambah dengan kelembapan laut sehingga membuat awan seperti terperangkap di tempat ini. San Antonio berhadapan langsung dengan Samudra Atlantic dan berada dekat dengan garis Ekuator.

Cropp River, New Zealand - Curah Hujan per Tahun 11.516 mm

Hanya 2 tempat di Afrika yang masuk ke dalam daftar tempat paling sering turun hujan di dunia. Kali ini tempat paling sering turun hujan berikutnya berada di Selandia Baru. Tempat tersebut adalah sebuah sungai yang bernama Sungai Cropp. Curah hujan di sungai ini sangatlah tinggi dan menjadi tempat paling sering turun hujan di Australia.

Curah hujan di sungai Cropp bisa mencapai 11.516 mm setiap tahunnya. Pada 27 Desember 1989, sungai ini mendapat hujan deras sebanyak 758 mm hanya dalam waktu 24 jam. Sungai Cropp memiliki lokasi yang berdekatan dengan Laut Tasman. 

Pernah antara bulan Oktober 1997 sampai Oktober 1998, curah hujan di Sungai Cropp mengalami peningkatan yang signifikan yakni mencapai 18.413 mm.

Tutunendo, Kolombia - Curah Hujan per Tahun 11.770 mm

Sebuah desa kecil di Kolombia mendapat keuntungan dengan sering turunnya hujan. Desa tersebut adalah Tutunendo. Dengan populasi yang kurang dari 1.000, dalam 1 tahun, Tutunendo bisa mengalami 2 kali musim hujan. Inilah daerah yang paling sering turun hujan di Amerika Selatan.

Tutunendo memiliki curah hujan per tahun sebanyak 11.770 mm. Saking seringnya hujan, bahkan ketika musim panas saja desa ini seringkali turun hujan. Di bulan Februari dan Maret yang harusnya masih musim panas, setidaknya bisa terjadi hujan sebanyak 20 kali per bulannya. 

Dekat dengan garis Ekuator dan Samudra Pacific menyebabkan tempat ini memiliki suhu yang panas dan lembab. Hasilnya adalah terbentuknya hutan hujan yang subur di desa tersebut.

Cherrapunji, India - Curah Hujan per Tahun 11.777 mm

Ada 2 tempat di India yang masuk ke dalam daftar tempat paling sering turun hujan di dunia. Salah satu tempat tersebut adalah Cherrapunji. Bahkan telah diakui oleh Buku Rekor Guinness bahwa tempat ini adalah tempat yang paling sering turun hujan di dunia. Pada Agustus 1860 sampai Juli 1861, curah hujannya mencapai 26.471 mm.

Tapi meskipun begitu, curah hujan per tahun dari Cherrapunji adalah 11.777 mm. Seringnya turun hujan di Cherrapunji disebabkan karena tingkat elevasi dan juga lokasinya yang membuat tingkat kelembapan dan awan sering berkumpul di tempat tersebut. 

Mawsynram, India - Curah Hujan per Tahun 11.871 mm
 
Sudah disebutkan bahwa ada 2 tempat di India yang masuk ke dalam daftar tempat paling sering turun hujan. Setelah Cherrapunji, adalah Mawsynram yang menjadi tempat paling sering turun hujan di India dan juga di dunia. Mirip dengan Cherrapunji, hampir tiada hari yang tidak pernah hujan di tempat ini.

Hanya terdapat selisih yang sangat tipis dengan Cherrapunji. Mawsynram memiliki curah hujan yang mencapai 11.871 setiap tahunnya. Seringnya turun hujan bukannya membawa keberuntungan di Mawsynram. Suara hujan turun justru sangat mengganggu pendengaran. Untuk itulah rumah penduduk di Mawsynram menggunakan atap yang ditutupi dengan rumput untuk menyerap suara dari tetesan air hujan.

Related

Nature 916679371015480270

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item