Ini 10 Tips agar Ruangan Rumah Kecil Terlihat Lebih Besar (Bagian 1)


Naviri Magazine - Menata barang di rumah yang kecil kadang butuh kreativitas atau trik tertentu, agar ruangan yang kecil tidak makin tampak sempit. Kalau kebetulan rumah Anda juga kecil dengan ruangan-ruangan yang sempit, tips berikut ini bisa membantu agar rumah Anda terkesan lebih besar atau lebih lapang. Tujuannya tentu agar rumah juga lebih nyaman.

Gunakan Perabotan Berukuran Kecil

Memiliki ruangan kecil memang membuat kita jadi kesulitan untuk mengatur ruangan. Tapi jangan sampai ruangan kecil membuat kita jadi kehilangan ide kreatif untuk menghias ruangan kecil tersebut menjadi yang kita inginkan. 

Masih ada cara efektif agar ruangan kecil bisa terlihat lebih besar. Salah satunya adalah dengan menggunakan perabotan yang berukuran kecil.

Jika kita sudah tahu bahwa ruangan kecil, ketika kita berkunjung ke toko furnitur usahakan mencari perabotan rumah yang memiliki ukuran kecil. Perabotan rumah berukuran besar selain memiliki harga yang lebih mahal, bisa membuat ruangan kita menjadi semakin lebih sempit.

Atur Ulang Posisi Rak Buku

Rak buku berguna sebagai tempat meletakkan atau meyimpan buku. Meletakkan rak buku di ruangan bukan hanya sebagai hiasan tapi di saat kita atau tamu ingin mengisi waktu dengan membaca buku, mereka bisa mengambilnya dari rak. Namun, posisi rak buku yang sembarangan bisa membuat ruangan kecil terlihat lebih kecil.

Ada satu cara untuk meletakkan rak buku agar ruangan kecil bisa terlihat lebih besar yaitu dengan cara menggantung rak buku di langit-langit ruangan. Hal ini bisa membuat tatapan mata teralihkan ke atas dan membuat ruangan menjadi sedikit lebih lega.

Letakkan Lukisan yang Bisa Menambah Kesan Luas

Memajang lukisan di ruangan yang kecil? Tidak ada alasan tidak untuk hal satu ini. Yang masih harus dijadikan bahan perhatian adalah seberapa besar dan seberapa banyak lukisan yang ingin diletakkan di ruangan. Terlalu banyak memajang lukisan juga tidak bagus mengingat ukuran ruangan yang kecil.

Boleh percaya atau tidak, ada sejumlah lukisan yang ternyata bisa memberikan efek luas pada ruangan yang kecil. Nah, lukisan seperti itulah yang harus kalian pajang di ruangan. Tidak perlu terlalu besar, cukup pilih desain lukisan artistik yang bisa menambahkan kesan luas pada rungan kecil Anda.

Sisakan Sedikit Ruang untuk Bergerak

Kita seringkali tidak tahan jika melihat ruangan yang kosong. Kita selalu memiliki pikiran apa sih yang bisa kita letakan atau pajang di ruangan tersebut. Dan pola pikir seperti itulah yang bisa menjadi bumerang bagi kita sendiri. Ruangan kecil tapi masih diisi dengan sejumlah perabotan rumah? Hasilnya seudah jelas bahwa ruangan tersebut akan terlihat semakin sempit.

Meletakkan sejumlah perabotan memang tidak salah, tapi kalian juga harus perhatikan ukuran dan seberapa banyak perabotan yang ingin kalian letakkan. Jangan sampai kalian meletakkan banyak perabotan sehingga membuat ruang gerak menjadi terbatas. Sisakan sedikit ruang bergerak agar ruangan kecil kalian bisa terlihat lebih lega.

Seleksi Perabotan yang Tidak Dibutuhkan

Coba kalian perhatikan ruangan kalian. Apakah ruangan kalian terasa lebih sempit dari biasanya dan membuat sulit untuk beraktivitas? Jangan langsung salahkan ruangan kalian, mungkin memang benar bahwa ruangan kalian kecil tapi coba perhatikan lagi ada berapa banyak perabotan atau peralatan yang ada di dalam ruangan tersebut.

Kita tidak bisa meletakkan atau memajang sembarangan perabotan di ruangan yang kecil. Seleksi kembali perabotan yang ada di dalam ruangan. Jika ada perabotan yang tidak terlalu berguna, lebih baik kalian menyimpannya saja di gudang. Perabotan yang tidak dibutuhkan hanya akan memakan tempat dan membuat ruangan jadi sumpek.

Baca lanjutannya: Ini 10 Tips agar Ruangan Rumah Kecil Terlihat Lebih Besar (Bagian 2)

Related

Tips 488288968410063870

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item