Ini 10 Tips Berguna Sebelum Memutuskan Beli Rumah (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Tips Berguna Sebelum Memutuskan Beli Rumah - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Periksa Dokumen Penting

Membeli kendaraan bermotor tentunya ada dokumen penting yang didapat seperti STNK dan BPKB. Sama halnya ketika kita membeli rumah. Sebelum kita membeli rumah, kita harus memerikasa segala dokumen penting tentang informasi rumah yang mau kita tempati. Bila ada masalah pada dokumen tersebut, kita bisa memintga sang penjual untuk membereskannya lebih dahulu.

Kurang lebih sama halnya ketika kita berkonsultasi dengan seseorang untuk menentukan rumah mana yang ingin dibeli. Dalam hal memeriksa dokumen rumah, ada orang ahli yang disebut dengan notaris. Notaris ini bisa menentukan apakah dokumen rumah itu asli atau palsu dan sah atau tidaknya rumah tersebut.

Cek Kondisi Rumah

Istilah membeli kucing dalam karung sangat banyak digunakan. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan dimana orang membeli suatu barang tapi tanpa informasi yang jelas mengenai spesifikasi barang tersebut. Dalam hal membeli rumah, tentunya kalian tidak mau membeli rumah tanpa tahu informasi jelas tentang rumah itu bukan.

Tidak cuma dokumen rumah saja yang perlu diperiksa, kalian juga wajib tahu tentang pondasi rumah yang digunakan. Pondasi rumah akan menentukan seberapa kuat rumah kalian nantinya. Jika memang rumah yang mau dibeli memakai pondasi yang tidak bagus, kalian bisa mencari rumah lain yang memiliki pondasi lebih kuat.

Buat Rencana Cadangan

Dalam hidup, penting sekali bagi kita untuk selalu mempersiapkan rencana cadangan. Kita tidak akan tahu seperti apa nanti yang akan terjadi dalam hidup kita, untuk itulah rencana cadangan dipersiapkan untuk menganggulangi gagalnya rencana yang pertama. Begitu juga dalam hal membeli rumah.

Jangan pernah hanya berharap pada 1 rumah saja. Bagus jika ternyata kamu berhasil mendapatkan rumah yang diinginkan. Tapi bagaimana kalau ternyata gagal dan ternyata kamu tidak memiliki rumah incaran lainnya? 

Hal ini akan membuat kalian harus berusaha lagi dari 0. Tentunya siapapun tidak menginginkan hal ini terjadi. Karena itulah selalu siapkan pilihan kedua apabila pilihan pertama ternyata gagal didapatkan.

Jangan Terlalu Terburu-buru

Segala sesuatu yang terburu-buru bisa menghasilkan hasil yang tidak memuaskan. Selalu siap sedia dari jauh hari untuk melakukan sesuatu. Waktu yang lebih panjang akan memberikan kamu kesempatan lebih untuk menyiapkan diri untuk mengerjakan sesuatu.

Jangan terlalu terburu-buru menjadi tips yang sangat berguna bagi kamu yang ingin membeli rumah. Dalam menentukan rumah mana yang akan dibeli, dibutuhkan banyak waktu untuk mengecek semua hal yang penting seperti dokumen tanah, pondasi rumah, lingkungan tempat tinggal, dan lain-lain. Jika tips satu ini dilupakan, jangan berharap kalian bisa mendapatkan rumah yang kamu impikan.

Mulailah Menabung Sejak Dini

Dari semua tips yang sudah dijelaskan diatas, yang wajib kamu lakukan adalah menabung. Tidak ada gunanya kalian melakukan ke-9 tips diatas tapi kamu tidak menyiapkan dana. Kita tinggal di dunia yang semuanya membutuhkan uang. Tidak mungkin kamu membeli rumah dan membayarnya dengan menggunakan daun.

Apalagi kita tahu semakin berjalannya waktu, harga tanah dan rumah semakin naik. Jika kita tidak mempersiapkan dana yang cukup, akan mustahil bagi kita untuk bisa membeli rumah yang diinginkan.

Related

Tips 858958053271548483

Recent

item