Ini 10 Tips Berguna untuk Kamu yang Ingin Beli Kamera Digital (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Tips Berguna untuk Kamu yang Ingin Beli Kamera Digital - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Coba Terlebih Dahulu

Pernahkah kalian diberi contoh makanan ketika sedang berbelanja di supermarket? Atau pernahkah kalian mendapat kertas kecil yang sudah disemprot parfum? Sample sederhana seperti ini digunakan agar memberi tahu konsumen akan produk apa yang sedang ditawarkan. Jika memungkinkan, kalian juga bisa mencoba sejumlah kamera sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kalian bisa saja mencoba kamera digital milik teman atau saudara. Sembari mencoba, kalian bisa lebih tahu lebih mendalam cara kerja kamera tersebut, spesifikasi, zoom, serta lensa yang digunakan. Jika tidak bisa mencoba kamera, membaca review di internet atau forum-forum kamera bisa menjadi solusinya.

Perangkat Tambahan

Hampir semua peralatan elektronik pasti memiliki perangkat tambahan. Tidak hanya komputer, kamera digital juga pasti memiliki perangkat tambahan. Perangkat tambahan ini berguna untuk memaksimalkan fungsi kamera dan juga hasil jepretan foto yang akan kalian ambil.

Mungkin memang ada perlengkapan kamera yang sudah termasuk dalam kamera yang kalian beli. Tapi tidak menutup kemungkinan nantinya kalian akan mencari perangkat lain yang bisa mendukung kamera kalian. Atau bisa saja kalian membeli perangkat tambahan sebagai cadangan.

Spesifikasi Kamera

Melihat spesifikasi suatu barang yang hendak dibeli adalah hal yang tidak boleh untuk dilupakan. Membeli kamera digital juga berlaku hal tersebut. Apalagi bagi kalian yang pemula, memeriksa spesifikasi kamera adalah hal yang cukup sulit. Perlu dibutuhkan bantuan dari teman yang lebih mengerti akan kamera. 

Lensa, ISO, baterai, kapasitas memori, konektivitas, dan fokus hanya sedikit bagian dari spesifikasi kamera yang wajib untuk kalian tahu. Sebelum membeli kamera digital, pastikan kalian memeriksa spesifikasi kamera yang ada di internet lalu dicocokan dengan kamera yang dijual di toko. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi salah beli.

Harga

Kamera yang kamu beli harganya terlalu tinggi? Lebih baik jangan paksakan untuk membelinya. Tapi bagaimana jika harganya murah? Hati-hatilah jangan-jangan kamera tersebut palsu atau ada perlengkapan yang tidak disertakan bersama dengan kamera tersebut. 

Sebelum membeli kamera, pastikan dulu harganya di internet atau beberapa toko kamera. Mahal atau murahnya suatu kamera biasa juga ditentukan dengan merk, spesifikasi, dan perlengkapan kamera tambahan. Memang pasti melelahkan tapi tidak ada salahnya berkeliling toko demi toko untuk mencari kamera dengan harga yang pas dengan dompet.

Tujuan Membeli Kamera

Sebelum membeli suatu barang, pastikan dulu tujuan kamu membeli barang tersebut untuk apa. Jangan sampai sudah membeli dengan harga mahal tapi barang tersebut nantinya tidak digunakan. Apalagi jika kita tahu bahwa kamera digital bukan merupakan barang yang murah. Jadi, membelinya harus berhati-hati.

Kamera digital memiliki sejumlah tipe dengan spesifikasi dan fungsi yang berbeda. Foto apa yang ingin kamu ambil turut menentukan jenis kamera yang akan dibeli. Jadi, pastikan dulu objek apa yang ingin kamu ambil, barulah mencari tipe kamera yang bisa mendukung tujuanmu tersebut.

Related

Tips 8830837818240476792

Recent

item