Ini 5 Makanan yang Membantu Mengatasi Sakit Kuning

Naviri Magazine - Meskipun menyerang organ hati, namun sakit kuning tidak selalu disebabkan oleh peradangan hati. Sakit kuning juga dapat di...


Naviri Magazine - Meskipun menyerang organ hati, namun sakit kuning tidak selalu disebabkan oleh peradangan hati. Sakit kuning juga dapat disebabkan adanya gangguan pada saluran empedu, sehingga cairan empedu tidak dapat masuk ke dalam usus melainkan ke dalam aliran darah.

Gejala lain juga dapat ditimbulkan dari jumlah sel darah yang semakin meningkat, sehingga mempengaruhi peningkatan bilirubin yang kemudian pecah dan menyebar dalam aliran darah. 

Gangguan lainnya juga ditemukan pada organ tertentu seperti adanya tumor pada pankreas dan kantung empedu, atau ketidaksesuaian transfusi darah, sehingga menyebabkan warna kuning muncul. Lalu terjadi perubahan pada warna kulit, warna putih mata, dan air kemih menjadi kuning, yang kemudian disebut sakit kuning.

Dalam mengatasi sakit kuning, biasanya orang menggunakan obat-obatan yang ditujukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Untuk menunjangnya, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mampu membantu kesembuhan sakit kuning. Berikut ini di antaranya.

Jus lobak

Anda bisa mengonsumsi 2 sampai 3 gelas jus lobak setiap hari untuk mengatasi sakit kuning. Jus lobak memiliki kemampuan untuk mengeluarkan kelebihan bilirubin dari darah dan hati.

Jus tomat

Mengonsumsi jus tomat akan membantu tubuh meremajakan sel-sel hati. Hal itu dimungkinkan, karena tomat merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C. Tomat juga mengandung likopen yang menjadikannya antioksidan yang kuat untuk tubuh.

Jus lemon

Menikmati jus lemon bisa membantu tubuh Anda mengeluarkan racun-racun yang mengendap dalam tubuh, karena lemon adalah salah satu makanan terbaik dalam hal detoksifikasi. Anda bisa memeras lemon dan mencampurkannya dengan segelas air hangat serta madu.

Nanas

Tak jauh beda dengan lemon, nanas juga memiliki kemampuan dalam hal detoksifikasi atau mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh, serta membantu membersihkan sel-sel hati. Anda bisa mengonsumsi nanas sebagai buah (bukan jus), untuk mempercepat penyembuhan sakit kuning.

Air tebu

Mengonsumsi air tebu dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh, karena air tebu mengandung energi sangat tinggi.

Related

Health 546290008491443989

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item