Ini 50 Perusahaan Terbesar di Asia Menurut Forbes (Bagian 1)


Naviri Magazine - Forbes melakukan riset terhadap 1.116 perusahaan yang memiliki pendapatan tahunan minimal 3 miliar dollar. Dari seluruh perusahaan itu, kemudian dipilih 50 perusahaan yang dimasukkan dalam daftar yang disebut Fab50 atau Fabulous50. Berikut ini adalah 50 perusahaan di Asia yang dianggap terbesar menurut Forbes.

Daftar berikut ini disusun secara alfabetis, berdasarkan nama perusahaan.

Amorepacific: Perusahaan manufaktur kosmetik terbesar ke-14 di dunia, milik Suh Kyung Bae, yang merupakan salah satu orang terkaya di Korea Selatan.

Aurobindo Pharma: Perusahaan obat generik dari India, yang pada tahun lalu mengalami lonjakan pendapatan, hingga meraih laba bersih mencapai 285 juta dollar.

Avago Technologies: Perusahaan teknologi asal Singapura ini masuk dalam daftar Fab50, karena harga sahamnya yang meningkat dua kali lipat.

Baidu: Perusahaan mesin pencari di internet, yang dibuat di Cina, dan popularitasnya di Cina mengalahkan Google, yang juga bergerak dalam bidang bisnis mesin pencari di internet.

Bangkok Dusit Medical Services: Perusahaan pelayanan dan perawatan medis asal Thailand yang terus mengalami kenaikan pendapatan.

Batu Kawan Berhad: Perusahaan asal Malaysia, yang didirikan oleh dua bersaudara, Lee Oi Hian dan Lee Hau Hian. Dalam lima tahun terakhir, pendapatannya terus meningkat hingga tiga kali lipat.

Beijing DBN Technology Group: Perusahan raksasa yang bergerak di bidang teknologi pertanian, perkebunan, dan peternakan. Bermarkas di Beijing, perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 18 ribu karyawan, menguasai 40 lahan produksi, memiliki 67 anak perusahaan, serta mengoperasikan 500 toko dan lebih dari 1.000 pusat layanan pelanggan.

BGF Retail: Perusahaan mini market terbesar di Korea, yang dimiliki oleh Hong Seok-Yoh. Waralaba perusahaan ini telah memiliki 9.000 mini market yang tersebar di Korea Selatan dan Korea Utara.

Catcher Technology: Perusahaan asal Taiwan ini telah berdiri sejak 1984, dengan memproduksi alumunium dan magnesium untuk membuat komputer, notebook, dan ponsel.

China Fortune Land: Perusahaan pengembang asal Cina, yang menjalin kerja sama dengan Atherton Pacific Green Group dari Amerika, dalam mengembangkan industrial park di kota Wuxi, Cina. 

China Hongqiao Group: Perusahaan asal Cina yang bergerak di bidang tambang mineral, dan menjadi pemasok alumunium dengan harga murah.

China ZhengTong Auto Services: Bergerak dalam bisnis dealer mobil, perusahaan ini dikenal sebagai raksasa, karena memiliki 105 dealer yang tersebar di 37 kota di Cina. Menjajakan mobil-mobil terkenal dunia, termasuk Volvo, BMW, Jaguar, dan Land Rover.

Coolpad: Perusahaan smartphone asal Cina, yang memproduksi smartphone 4G bermerek Danzen. Selain menguasai pasar Cina, smartphone produksi perusahaan ini juga mulai masuk ke India.

Cosmos Pharmaceutical: Perusahaan farmasi asal Jepang, yang memiliki lebih dari 650 toko yang menjual obat-obatan produksinya.

CP ALL: Di Thailand, perusahaan ini merupakan operator di balik hadirnya gerai 7-Eleven di negara tersebut. Seiring penjualan 7-Eleven yang terus naik, pendapatan dan laba bersih CP ALL pun ikut terus naik.

CWT: Perusahaan logistik asal Singapura yang merupakan perusahaan logistik terbesar dalam perdagangan di Asia Tenggara.

GoerTek: Perusahaan asal Cina yang memproduksi peralatan teknologi. Berdiri sejak 2001, dan go public pada 2008 di Shenzhen. Jiang Bin, sang pendiri perusahaan, saat ini telah menjadi salah satu orang terkaya di Cina.

Great Wall Motors: Salah satu perusahaan otomotif terbesar di Cina. Memproduksi mobil-mobil yang dijual di Cina dan negara-negara lain.

Gree Electric Appliances: Berbasis di Zhuhai, Cina, perusahaan ini merupakan produsen alat-alat elektronik seperti AC, kompresor, dispenser dan rice cooker. Akhir-akhir ini juga mulai memproduksi smartphone.

GT Capital: Merupakan induk perusahaan di Filipina yang mengoperasikan berbagai perusahaan lain, dan bergerak di bidang real estate, energi, juga penjualan mobil.

HCL Technologies: Perusahaan teknologi asal New Delhi, India, memiliki lebih dari 100 ribu karyawan yang tersebar di 31 negara. 

HDFC Bank Branch In Mumbai: Salah satu bank swasta terbesar di India, yang memiliki lebih dari 32 juta nasabah. Kantor cabangnya telah mencapai 4.000, dan tersebar di berbagai kota di India. Masih akan membuka 300 kantor cabang lain.

Heilan Home: Perusahaan asal Cina yang memproduksi pakaian-pakaian untuk kelas atas, yang mengoperasikan 3.000 toko di berbagai wilayah Cina.

Hotel Shilla: Hotel yang beroperasi di Cina ini adalah anak perusahaan Samsung. Seiring booming-nya sektor pariwisata di Cina, perusahaan perhotelan ini pun terus mengalami peningkatan pendapatan.

Huadong Medicine: Berdiri pada 1952 di Hangzhou, Cina, perusahaan ini semula milik negara, tapi lalu go public pada tahun 2000 di Shenzhen.

Baca lanjutannya: Ini 50 Perusahaan Terbesar di Asia Menurut Forbes (Bagian 2)

Related

Business 4416888018330906485

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item