Ini 50 Perusahaan Terbesar di Asia Menurut Forbes (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 50 Perusahaan Terbesar di Asia Menurut Forbes - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

IHH Healthcare: Merupakan operator rumah sakit terbesar di Asia. Perusahaan ini mengoperasikan 39 rumah sakit di 10 negara, dan masih akan membangun rumah sakit di Hong Kong dan India.

Inner Mongolia Yili Industrial Group: Bermarkas di dataran tinggi Hohhot, Mongolia, perusahaan ini memproduksi susu kemasan, susu bubuk, es krim, yoghurt, dan produk berbahan susu lainnya, juga terlibat dalam penelitian serta pengujian produk berbasis susu. 

Jiangsu Yanghe Brewery: Perusahaan ini menjadi produsen minuman keras terbesar di Cina, dengan 150 cabang yang tersebar di berbagai kota di Cina.

Jollibee: Didirikan pertama kali pada 1975 sebagai toko es, sekarang berubah menjadi perusahaan raksasa dalam bidang restoran cepat saji. Saat ini memiliki lebih dari 2.000 gerai restoran di berbagai lokasi di Filipina, dan 2.933 restoran di berbagai negara. Pada 2015, perusahaan ini berencana menambah 330 restoran lagi.

Kangmei Pharmaceutical: Berdiri sejak 1997 sebagai perusahaan produsen obat, kini telah menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Cina, dengan nilai 2,4 miliar dollar.

Lenovo: Perusahaan asal Cina yang memproduksi laptop dan smartphone dengan merek Lenovo, yang mampu bersaing dengan para produsen smartphone dan laptop di kancah internasional. 

LG Household & Health Care: Merupakan salah satu anak perusahaan LG yang bergerak di bidang produk kosmetik. Tercatat sebagai perusahaan kosmetik terbesar kedua di Korea.

Lupin: Perusahaan farmasi asal Mumbai, India, yang terus aktif melakukan akuisisi perusahaan-perusahaan farmasi dunia. Operasinya mencapai Brasil dan Rusia.

Motherson Sumi Systems: Perusahaan ini bergerak sebagai produsen bahan peralatan penunjang untuk membuat mobil, seperti spion, kabel, serta desain eksterior dan interior mobil. Wilayah operasinya mencapai Amerika Serikat dan Hungaria.

Netease: Bergerak dalam tiga bidang, yaitu game online, iklan, e-mail dan e-commerce, perusahaan ini sedang membangun perusahaan travel berbasis internet.

New Hope Liuhe: Berkantor pusat di Chengdu, Cina, perusahaan ini merupakan produsen daging ternak dan pakan ternak. Wilayah bisnis perusahaan ini mencapai Prancis.

Qingdao Haier: Berbasis di Ranjangaon, India, perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terbesar dalam bidang produksi peralatan rumah tangga semisal kulkas, AC, freezer dan microwave. Saat ini juga mulai memproduksi laptop.

Shenzhen O-Film Tech: Terkenal sebagai perusahaan yang memproduksi beragam komponen ponsel, semisal kamera ponsel, layar ponsel, dan lain-lain. Selain memiliki empat pabrik di Suzhou, Shenzhen, Nanchang dan Hsinchu, perusahaan ini juga memiliki kantor di Silicon Valley, Tokyo, Taipei, dan Cina.

Sumber Alfaria Trijaya: Perusahaan retail mini market asal Indonesia yang memiliki lebih dari 10.000 toko, dengan 30 persennya dikembangkan melalui sistem waralaba dengan nama Alfamart. Saat ini, Alfamart berencana melakukan ekspansi ke Filipina.

Sun Pharmaceutical: Merupakan perusahaan farmasi terbesar di India, yang memproduksi obat-obatan dengan distribusi ke berbagai belahan dunia.

Sunac China Holdings: Perusahaan properti yang berbasis di Tianjin, Cina, dan memiliki total lahan seluas 21,6 juta meter persegi. Bergerak di bidang penjualan apartemen, vila, rumah, kantor, dan apartemen.

Tata Consultancy: Salah satu perusahaan terbesar di bidang IT di India. Bergerak dalam layanan digital.

Tata Motors: Perusahaan asal India yang bergerak dalam bidang produksi sekaligus penjual mobil. Selain menjual mobil produksi sendiri, mereka juga bergerak dalam penjualan mobil produksi perusahaan lain.

Tech Mahindra: Perusahaan teknologi informasi asal India yang wilayah operasinya mencapai Amerika Serikat.

Tencent Holdings: Perusahaan yang berbasis digital ini memproduksi aplikasi instant messaging QQ, mengembangkan bisnis di bidang mobile game, e-commerce, jasa hiburan interaktif, musik online, e-mail, juga produk sosial media WeChat.

Titan: Salah satu perusahaan retail terbesar di India, yang menjual perhiasan dan jam tangan. Perusahaan ini memiliki 1.201 toko di India, dan 229 di Sri Lanka.

Yonghui Superstores: Merupakan salah satu perusahaan retail hypermarket terbesar di Cina.

Yunnan Baiyao Group: Berdiri sejak 1902, perusahaan ini menjadi produsen obat tertua di Cina, yang sampai saat ini masih aktif mendistribusikan obat-obatan tradisional. Saat ini juga mulai merambah bidang perhotelan dan investasi.

Zhejiang Yasha Decoration: Ketika didirikan pertama kali, perusahaan ini merupakan pembuat peralatan berbahan dasar kayu. Sekarang telah berkembang menjadi produsen furniture untuk hotel-hotel ternama dan pusat perbelanjaan, hingga terlibat dalam pembangunan bandara.

Zhengzhou Yutong Bus: Merupakan perusahaan penyedia layanan transportasi publik di Cina.

Related

Business 5955207000369334684

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item