Ini 8 Makanan yang Membantu Menyehatkan Hati


Naviri Magazine - Organ dalam tubuh kita memiliki fungsinya masing-masing, dari jantung, paru-paru, ginjal, hati, dan lainnya. Jika masing-masing organ tersebut berfungsi dengan baik, tubuh kita pun bekerja dengan baik. 

Hati, misalnya, adalah organ yang sangat penting, karena bertugas melakukan metabolisme segala hal yang masuk ke dalam tubuh. Jika hati dalam kondisi sehat, tubuh secara keseluruhan ikut sehat. Sebaliknya, jika hati bermasalah, hasilnya kesehatan tubuh juga terkena dampaknya.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan hati, sehingga perlu dikonsumsi.

Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin, yang salah satu fungsinya mampu membantu membersihkan kotoran pada hati. Mengonsumsi teh hijau setiap hari adalah cara mudah menjaga kesehatan hati.

Lemon

Selain teh hijau, lemon juga baik untuk menjaga kesehatan hati, karena mampu membantu menghilangkan racun dari hati, dan melancarkan pencernaan. 

Buah beri dan jeruk

Buah-buahan beri, seperti stroberi, bluberi, dan lainnya, mengandung antioksidan yang membantu kesehatan hati. Begitu pula buah jeruk. 

Kunyit

Kunyit adalah rempah yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi bagi tubuh. Anda bisa menambahkan kunyit ke dalam masakan sup atau kaldu, untuk membantu proses penyembuhan infeksi hati.

Bok choy

Bok choy atau kubis Cina mungkin hanya populer di sebagian kalangan. Namun Anda juga perlu mengonsumsinya sesekali, karena bok choy dapat membantu mendetoksifikasi racun-racun yang masuk ke hati.

Pare

Pare terkenal dengan rasa pahitnya. Namun, rasa pahit itu pula yang menjadi penyebab pentingnya pare bagi kesehatan hati. Makanan pahit merangsang produksi empedu, dan menjadikan kinerja hati menjadi lebih baik.

Bawang putih

Bawang putih mengandung asam amino bernama methionine yang dapat membantu hati di tubuh kita bekerja lebih baik, serta melindunginya dari kerusakan atau masalah.

Related

Health 2089120064785060147

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item