Ini 8 Makanan yang Membantu Meredakan Masalah Rematik


Naviri Magazine - Rheumatoid arthritis, atau sering disebut rematik, adalah penyakit yang dapat menyebabkan nyeri sendi yang parah. Hal itu terjadi karena adanya peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Banyak orang menderita rematik setelah usia tertentu, sementara sebagian yang lain mengalaminya sejak lahir. 

Berikut ini adalah makanan-makanan yang dapat meredakan rematik, yang bisa Anda konsumsi.

Labu

Mengurangi peradangan pada sendi bisa dilakukan dengan sering mengonsumsi labu, karena labu mengandung banyak zat karoten dan bersifat anti-inflamasi.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan otot-otot sendi. Asam lemak omega-3 juga dapat menghentikan produksi enzim-enzim yang menggerogoti jaringan tulang rawan pada tubuh.

Teh hijau

Kandungan antioksidan tinggi dalam teh hijau bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat rematik. Selain itu, kandungan dalam teh hijau dapat pula membantu menekan rasa sakit.

Minyak zaitun

Daripada menggunakan minyak sayur untuk memasak, sangat disarankan untuk menggantinya dengan minyak zaitun, karena lebih sehat. Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak omega-3 yang juga membantu menyingkirkan peradangan pada sendi.

Jeruk

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk dapat membantu menguatkan tulang. Selain itu, jeruk juga mengandung banyak kolagen yang baik untuk kesehatan tulang. 

Bawang merah

Bawang merah mengandung senyawa yang disebut quercetin, yang memiliki sifat penghilang rasa sakit yang hampir sama dengan aspirin.

Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan. Selain memiliki efek anti-inflamasi, kunyit juga mampu membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang berhubungan dengan arthritis.

Jahe

Tak jauh beda dengan kunyit, jahe juga mengandung sifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman hangat yang menyegarkan.

Related

Health 6748326348055432874

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item