Inilah 10 Burung Predator Paling Berbahaya di Udara (Bagian 1)


Naviri Magazine - Predator sering identik dengan hewan darat yang memiliki cakar dan fisik yang besar. Tapi di langit juga ternyata terdapat sejumlah predator yang tidak kalah tangguh dengan yang ada di darat. 

Sama-sama dilengkapi dengan cakar dan fisik yang besar, hanya saja predator ini memiliki kelebihan berupa sayap untuk bisa terbang, mengincar mangsanya di udara ataupun di darat. Inilah 10 burung predator paling berbahaya di udara.

California Condor

Berada di urutan 10 bukan berarti predator di udara ini tidak ada apa-apanya. California Condor telah dianggap sebagai burung predator terbesar di wilayah Amerika Utara. Ukurannya yang sangat besar dengan bentang sayap bisa mencapai 3 meter. Berat burung Condor ini juga bisa mencapai berat 12 kg.

Sebagai predator, California Condor tidak banyak memilih dalam menu makanannya. Tidak hanya menjadi ancaman di udara, bahkan hewan di darat tidak luput dari serangannya. Menu utama dari California Condor sebagian besar adalah bangkai hewan seperti rusa, pengerat, dan juga kelinci.

Blakiston's Fish Owl

Blakiston Fish mungkin merupakan burung hantu dengan ukuran paling besar yang ada di dunia. Jika dibandingkan dengan California Condor, bentang sayap dari Blakiston Fish hanyalah berkisar 2 meter dengan berat jauh lebih ringan yakni 4,5 kg. Burung hantu jenis ini lebih banyak ditemukan di wilayah Siberia dan Jepang.

Untuk menu diet sudah tidak perlu ditanya lagi. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa burung hantu ini memiliki menu utama adalah ikan. Tapi karena burung hantu ini juga termasuki predator, jadi ikan bukanlah salah satu pilihan utama dalam menu makannya. Terkadang dia akan memakan mamalia lain atau bahkan burung lain yang berukuran lebih kecil.

Golden Eagle

Predator bersayang tangguh ini banyak ditemukan di langit Amerika Utara, Eurasia, dan Afrika Utara. Golden Eagle sudah lama diakui oleh banyak orang sebagai predator udara yang tangguh dan juga berbahaya. Meskipun target utama Golden Eagle adalah kelinci dan burung, hewan bersayap ini tidaklah ragu untuk memburu hewan darat seperti rubah, domba, dan kambing.

Beruntungnya bagi kita manusia adalah meskipun serangan elang ini bisa mengakibatkan cidera sampai kematian, tapi tidak ada catatan elang ini pernah menyerang manusia. Jika membentangkan sayapnya, elang ini sanggup mencapai panjang hingga 2 meter dengan berat 7 kg. Sebagai tambahan, Golden Eagle betina jauh lebih agresif dan berbahaya daripada yang jantan.

Harpy Eagle

Jangan tertipu dengan bulu sayapnya yang indah, karena burun elang jenis Harpy ini masih termasuk dalam daftar burung predator yang tangguh dan juga berbahaya. Burung besar ini memiliki panjang sayap dengan bentang 2 meter dan berat maksimal 9 kg. 

Bentang sayapnya bila dibandingkan dengan elang lain mungkin tidak terlalu panjang. Namun dengan sayap yang lebih pendek memungkinkan Harpy Eagle mampu melakukan manuver tajam di dalam hutan yang dipenuhi pepohonan.

Namun sayangnya populasi dari Harpy Eagle saat ini terus menerus berkurang drastis. Hutan yang menjadi tempatnya tinggal banyak yang telah rusak oleh ulah manusia. Bahkan di Meksiko elang ini sudah dianggap sebagai hewan yang langka.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Burung Predator Paling Berbahaya di Udara (Bagian 2)

Related

Science 2357482308207299907

Recent

item