Inilah 10 Kota dengan Sistem Transportasi Terbaik di Dunia (Bagian 1)

Naviri Magazine - Salah satu indikator sebuah kota tergolong maju atau tidak adalah dengan melihat sistem transportasinya. Umumnya, semakin...


Naviri Magazine - Salah satu indikator sebuah kota tergolong maju atau tidak adalah dengan melihat sistem transportasinya. Umumnya, semakin baik sistem transportasi yang ada, kota itu pun akan maju dengan pesat. 

Pasalnya, sistem transportasi menunjang hampir segala hal kebutuhan warganya. Berangkat kerja, pergi ke sekolah atau ke kampus, membutuhkan sistem transportasi yang baik dan memadai. Jika urusan transportasi beres, lain-lainnya akan mudah mengikuti. Dalam contoh mudah, orang-orang tidak perlu menghabiskan banyak waktu karena terjebak macet.

Terkait hal itu, berikut ini adalah sepuluh kota yang dianggap memiliki sistem transportasi terbaik di dunia.

Tokyo, Jepang

Negara maju ini tidak hanya dikenal sebagai salah satu negara dengan makanan terlezat di dunia tapi juga salah satu kotanya yakni Tokyo dikenal pula sebagai salah satu kota paling sibuk di dunia, Pada giliran kali ini, Tokyo kembali masuk ke dalam daftar kota dengan transportasi umummya yang sangat baik.

Transportasi publik di Tokyo sangat menjunjung tinggi yang namanya kebersihan dan efisiensi. Tidak hanya kereta, kendaraan umum lainnya seperti bus, monorail, dan trem semuanya dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah. 

Dengan total 3,2 miliar penumpang per tahun, kereta bawah tanah yang berada di Tokyo termasuk ke dalam kereta bawah tanah tersibuk kedua setelah Beijing. Keteraturan sistem transportasi di Tokyo membuatnya layak masuk ke dalam daftar kota dengan transportasi terbaik di dunia.

London, Inggris

Termasuk ke dalam daftar negara superpower di dunia membuat Inggris sangat memperhatikan kenyamanan dari penduduknya. Oleh karena itulah pemerintah Inggris sangat mengawasi sistem transportasi publik yang ada di negara tersebut. Salah satu tranportasi yang terkenal yang ada di London yaitu kereta bawah tanahnya yang disebut dengan London Undeground.

Satu hal menarik dari London Underground adalan kereta bawah tanah kebanggaan Inggris ini adalah kereta bawah tanah tertua yang ada di dunia. Namun transportasi umum di London bukan hanya kereta bawah tanah. Masih ada bus, trem, kereta, dan feri. Fakta menarik lain yaitu London adalah pusatnya tranportasi umum yang menghubungkan seluruh kota yang ada di United Kingdom.

Singapura

Tetangga kita satu ini memang merupakan negara kecil yang tidak sebanding dengan Indonesia, tapi justru negara kecil dengan ibukota Singapura ini memiliki kemajuan teknologi dan juga sistem transportasi yang jauh melewati banyak kota di Indonesia. Dengan 4 MRT dan 1 LRT yang tersebar di seluruh kota, sistem transportasi tersebut telah menjadi transportasi umum favorit warga Singapura.

Hampir mirip dengan Tokyo, Singapura juga sangat memperhatikan kebersihan dan juga ketertiban sarana transportasinya. Tidak hanya kereta, transportasi umum lain seperti bus dan taksi juga menjadi fokus pemerintah agar warganya bisa menikmati transportasi umum tanpa adanya rasa khawatir. 

Singapura bahkan berusaha menambah sejumlah stasiun MRT agar bisa memudahkan warga untuk pergi ke suatu tempat.

Seoul, Korea Selatan

Tetangga terdekat Jepang sekaligus menjadi negara terakhir di Asia yang masuk ke dalam daftar ini adalah kota Seoul. Tidak hanya drama dan filmnya yang saat ini digandrungi oleh para remaja, perlu diketahui juga bahwa sistem transportasi di kota ini patut untuk diancungi jempol.

Meski memiliki jalur transportasi yang rumit layaknya kereta bawah tanah di Tokyo, namun pemerintah kota Seoul sanggup untuk membuatnya agar tetap berjalan dengan rapih. Teknologi yang digunakan juga tidak pernah ketinggalan jaman. 

Diketahui bahwa kota ini memiliki 14 jalur bus di setiap daerah di tiap kota. Biaya transportasinya yang murah membuat warga kota Seoul memilih untuk menggunakan transportasi ini untuk bepergian.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Kota dengan Sistem Transportasi Terbaik di Dunia (Bagian 2)

Related

International 5110054618844905254

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item