Inilah 10 Pelukis Dunia yang Paling Terkenal Sepanjang Masa (Bagian 1)


Naviri Magazine - Pelukis adalah orang yang menciptakan karya seni 2 dimensi berupa lukisan. Tidak hanya di Indonesia, di dunia ini ada banyak sekali nama pelukis yang terkenal. Karya-karya mereka mampu menginspirasi banyak orang, dan memunculkan kekaguman yang abadi.

Uraian berikut ini berisi daftar pelukis yang namanya sangat dikenal di dunia, dan karya-karyanya tetap dikagumi sampai kini. Inilah 10 pelukis paling terkenal sepanjang masa.

Titian

Pelukis Titian adalah salah satu pelukis terkenal sepanjang masa yang lukisannya mampu mengundangan kekaguman dari banyak orang. Titian biasa melukis sesuatu yang bersifat duniawi, sexual dan mitologi. Setiap lukisannya seakan memberikan pesan kegembiraan dalam sebuah lukisan erotis. 

Salah satu karya seninya yang paling terkenal dinamakan Venus of Urbino. Venus of Urbino merupakan lukisan yang menggambarkan dewi Venus. Dalam lukisan ini, Titian menggambarkan seorang perempuan yang tidak mengenakan pakaian yang sedang merebahkan diri di sebuah kursi. 

Paul Cezanne

"Cezanne is the father of us all", begitulah kata-kata yang diberikan untuk memberikan penghargaan atas karya seni yang telah dihasilkan dari goresan kuas Paul Cezanne. Ketika Cezanne mulai dikenal sebagai pelukis beraliran impresionis, Cezanne malah meninggalkan grup pelukis tersebut dan mulai mengembangkan gaya melukisnya sendiri.

Gaya lukis yang dikenalkan oleh Cezanne benar-benar gaya melukis yang baru dan tidak biasa. Inilah yang membuka pintu datangnya aliran lukis Cubism di abad ke-20. Sepanjang karirnya sebagai pelukis terkenal, karya yang paling berkesan adalah Mont Sainte-Victoire seen from Bellevue.

Michelangelo

Michelangelo dikenal oleh dunia sebagai seorang pematung, pelukis, dan juga arsitek yang terkenal. Nama Michelangelo seringkali dibandingakan dengan nama beberapa pelukis terkenal lainnya seperti Raphael, Leonardo Da Vinci dan juga Massacio. Walaupun termasuk sebagai salah satu pelukis terkenal di dunia, Michelangelo lebih menyebut dirinya sebagai pematung.

Karya terbesar dari Michelangelo adalah ilustrasi cerita alkitab yang terdapat pada langit-langit Sistine Chapel di Vatican. Karyanya tersebut dibuat berdasarkan salah satu bab di alkitab Kejadian. Dimana kitab Kejadian merupakan kitab yang mengisahkan bagaimana awalnya dunia dan manusia pertama kali dibuat.

Rembrandt

Seorang pelukis terkenal asal Belanda yang hidup di era 1606 sampai dengan 1669. Hasil seni yang ia ciptakan merupakan hasil perpaduan sempurna dari cahaya dan juga bayangan. Hasilnya tersebut seakan-akan menggambarkan sisi terang dan gelap dari perjalanan hidupnya sebagai seorang pelukis. 

 Dalam membuat karya seni, bisa dibilang bahwa Rembrandt ada sedikit terpengaruh oleh gaya melukis dari Titian. perpaduan hangat dari warna, ketebalan lukisan, dan goresan kuas yang berani menjadi gaya Rembrandt dalam menciptakan lukisan. Ada 2 lukisan buatan Rembrandt yang terkenal yakni The Jewish Bride dan The Storm of The Sea of Galilee.

Raphael

Bersama dengan Leonardo Da Vinci dan Michelangelo, mereka bertiga menjadi pelukis paling terkenal yang berasal dari Italia. Raphael juga yang menjadi orang pertama yang memberikan respon terhadap lukisan Monalisa buatan Leonardo Da Vinci yang terkenal. 

Dari lukisan Monalisa itulah, Raphael kemudian membuat lukisan yang mirip dengan Monalisa yang diberi nama dengan Portrait of Maddalena Doni.

Hasil karya dari Raphael banyak disukai orang. Beberapa hasil karyanya yang terkenal antara lain adalah Mond Crucifixion, Portrait of Maddalena Doni, dan Wedding of The Virgin. Diyakini sebagian orang bahwa pencapaian yang diraih oleh Raphael melebihi dari apa yang telah dicapai oleh Leonardo.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Pelukis Dunia yang Paling Terkenal Sepanjang Masa (Bagian 2)

Related

Figures 8171775097295302897

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item