Inilah 10 Pemain Sepakbola Terhebat Sepanjang Masa (Bagian 1)

Naviri Magazine - Anak-anak muda zaman sekarang mungkin lebih mengenal Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo sebagai pemain sepakbola terheba...


Naviri Magazine - Anak-anak muda zaman sekarang mungkin lebih mengenal Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo sebagai pemain sepakbola terhebat. Namun sebelum era dua pemain top itu, ada sejumlah pemain sepakbola hebat dari berbagai belahan dunia. 

Meski berbeda zaman, mereka tetap dianggap pemain sepakbola yang hebat, tak kalah dari pemain-pemain sepakbola zaman sekarang. Berikut ini ulasannya.

Manuel Neuer, Jerman

Tidak mudah untuk seorang kiper apabila ingin menjadi pemain terbaik. Alasannya adalah karena kiper adalah pemain paling belakang yang menjaga gawang dari serangan lawan. Hanya ketika gawang diserang kemampuan kiper akan diuji. 

Jika kiper bisa melakukan penyelamatan, barulah saat itu sang kiper mulai dilirik. Dan salah satu kiper yang berhasil masuk ke dalam daftar pemain terbaik sepanjang masa adalah Manuel Neuer.

Manuel Neuer yang kini merupakan kiper inti timnas Jerman dan juga kiper inti Bayern Muenchen adalah kiper yang sanggup membuktikan bawah dirinya adalah kiper terhebat di dunia. Nama Neuer telah 3 kali masuk dalam nominasi FIFA Ballon D'or. Tapi sayangnya Neuer masih kalah apabila dibandingkan dengan pesaingnya yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Arjen Robben, Belanda

Pemain berkaki kiri ini sempat terbuang dari salah satu klub papan atas liga Inggris yaitu Chelsea. Tapi siapa sangka justru pemain ini masuk dalam daftar pemain sepakbola terhebat. Di usianya yang terbilang sudah tidak muda lagi, Robben masih memiliki kecepatan luar biasa yang dibutuhkan oleh seorang pemain sayap.

Arjen Robben adalah pemain asal Belanda yang kini bermain untuk klub raksasa Jerman yaitu Bayern Muenchen, satu tim bersama dengan kiper Manuel Neuer. Tidak cuma cepat, Robben juga terkenal dengan produktifitasnya. Tercatat bahwa dalam 21 penampilan, dirinya sanggup membukukan 17 goal dan juga 7 umpan.

Franz Beckenbauer, Jerman

Banyak pemain bertahan bagus saat ini di dunia sepakbola, tapi tidak semuanya setara dengan Franz Beckenbauer. Pemain yang dijuluki dengan Der Kaiser ini adalah pemain bertahan dan juga otak serangan timnas Jerman di era 1960 dan 70an. Pemain bertahan jenius yang sanggup bertahan namun juga menyerang, tidak ada pemain bertahan masa kini yang bisa menandingi Beckenbauer.

Beckenbauer mencetak 5 goal cantik pada gelaran piala dunia. Beckenbauer dan negaranya pernah mengalami kekalahan pahit di final piala dunia tahun 1966. Tapi setelah itu, Beckenbauer berhasil membawa pulang piala dunia pada tahun 1974. Saat itu dirinya bermain sebagai pemain bertahan sekaligus kapten tim.

Johan Cruyff, Belanda

Aktif pada tahun 1964 sampai 1984, pemain Belanda dengan posisi gelandang ini adalah salah satu dari sekian banyak pemain sepakbola terhebat sepanjang masa. Cruyff pernah bermain di sejumlah klub top dunia seperti Ajax, Barcelona, Los Angeles Aztecs, Washington Diplomats, dan Feyenoord. Di era 1970an, Cruyfflah yang membawa Ajax dan Barcelona menuju kesuksesan.

Cruyff diketahui memiliki fisik yang kurus, meskipun begitu, tidak ada pemain yang bisa mengimbangi stamina Cruyff. Tidak hanya memiliki stamina luar biasa, Cruyff juga memiliki teknik yang tidak bisa dianggap remeh. Permainan Belanda yang terkenal akan Total Football benar-benar sesuai dengan karakteristik permainan Cruyff.

Ronaldo de Lima, Brazil

Namanya memang sama dengan Cristiano Ronaldo, tapi ini adalah Ronaldo yang berbeda. Dengan nama lengkap Ronaldo Luis Nazario de Lima, pemain asal Brazil ini adalah salah satu striker terbaik dunia yang aktif pada tahun 1993 sampai 2011. Penyerang asal Brazil ini adalah pencetak gol terbanyak di piala dunia dengan total gol sebanyak 15. Belum ada yang bisa mematahkan rekor itu sampai sekarang.

Sempat bermain di Cruzeiro, PSV Endhoven, Barcelona, Inter Milan, Real Madrid, AC Milan, dan Corinthians. Ronaldo dikenal sebagai striker yang cepat, kuat, dan haus gol jika berada di depan gawang. 

Memiliki latar belakang bermain di sepakbola indoor membuat Ronaldo memiliki kemampuan spesial yakni bisa melakukan manuver cepat bila dikepung pemain lawan. Sayangnya Ronaldo harus berkutat dengan cidera lutut sehingga membuat kecepatannya turun drastis. Namun insting mencetak golnya tidak pernah padam.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Pemain Sepakbola Terhebat Sepanjang Masa (Bagian 2)

Related

Sports 2197120975947346547

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item