Inilah 10 Universitas Top dan Paling Terkenal di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Masuk ke perguruan tinggi terbaik dunia bisa jadi impian banyak orang, khususnya bagi yang memang ingin melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA. Selain mendapatkan pendidikan dengan fasilitas terbaik, lulus dari perguruan tinggi terkenal juga biasanya mudah mendapat pekerjaan setelah lulus.

Tentu saja, masuk ke perguruan tinggi yang terkenal di dunia sering kali bukan hal yang mudah. Soal biaya mungkin masih bisa diatasi dengan cara mencari beasiswa. Tapi perguruan tinggi top dunia juga mempersyaratkan tingginya nilai akademis, serta tes yang membutuhkan kecerdasan. Jika memang berminat, berikut ini sepuluh universitas top yang paling terkenal di dunia, yang bisa jadi pilihan.

Imperial College London, Inggris

Ada beberapa universitas terkenal yang dimiliki oleh Inggris. Dan salah satunya adalah Imperial College London. Lokasinya berada di London, lebih tepatnya di Kensington. Kensington merupakan area paling mewah dan terkenal di London. Di area ini juga terdapat Kensington Palace yang menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris.

Imperial College London berdiri pada tahun 1907 dan setiap tahunnya menerima mahasiswa sebanyak 15.000-19.000. Bukan jumlah yang terlalu besar mengingat yang mencoba mendaftar masuk universitas tersebut ada banyak. 

Selain harus memenuhi persyaratan nilai, mereka yang mau mencoba masuk Imperial College London harus melalui interview yang cukup sulit.

University of California, Amerika Serikat

Dari namanya sudah bisa ditebak lokasi universitas ini berada. University of California menjadi salah satu universitas terkenal di Amerika Serikat sekaligus di dunia. Universitas ini telah menjadi incaran banyak mahasiswa. Begitu banyak pilihan mata kuliah yang bisa dipelajari, gelar yang lengkap, pengajar yang handal, serta fasilitas pendukung.

Karena University of California menjadi universitas favorit, ada begitu banyak mahasiswa yang mencoba mendaftar ke universitas tersebut. Meski menerima cukup banyak mahasiswa, universitas tetap ada batasnya. 

Bagi yang tidak bisa masuk disana, University of California masih memiliki cabang lain di Davis, Irvine, Los Angeles, Merced, Riverside, San Diego, San Francisco, Santa Barbada, dan Santa Cruz. Persiapkan diri kalian dengan persyaratan masuk ketat yang diberikan oleh University of California.

University of Cambridge, Inggris

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai Imperial College London, kini adalah giliran University of Cambridge. Berlokasi di Cambridge, Inggris, universitas ini masih termasuk dalam Grup Russell yang merupakan jaringan besar universitas di Britania yang berbasis pada riset. Universitas ini banyak menghasilkan ilmuwan terkenal, salah satunya adalah Stephen Hawking.

Patut berbangga mereka yang bisa masuk di universitas ini. University of Cambridge sangat terkenal akan persyaratan masuk yang sangat sulit. Jumlah mahasiswa yang diterima tiap tahun hanya sekitar 20.000 sampai 24.999. 

Selain menjadi salah satu universitas terkenal di dunia, University of Cambridge juga menjadi salah satu universitas tertua yang ada di Inggris karena didirikan pada tahun 1209.

ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology), Swiss

Swiss tak hanya terkenal akan pariwisatanya saja. Bagi mereka yang mau menimba ilmu, bisa menjadikan Swiss sebagai negara tujuan. Kenapa? Karena Swiss memiliki satu universitas yang namanya berhasil masuk dalam daftar universitas top dunia. Universitas yang dimaksud adalah Eidgenossische Technische Hochshule Zurich atau biasa disingkat menjadi ETH Zurich.

Kita tahu bahwa setiap universitas pasti memiliki program unggulan. ETH Zurich ini terkenal dengan science, teknologi, engineering, dan matematika. Menyandang gelar sebagai salah satu universitas top, ETH Zurich benar-benar menyeleksi calon mahasiswanya dengan ketat. 

Bagi yang nilai akademiknya rendah, tidak mungkin bisa masuk. Tapi bagi yang diterima, mereka bisa belajar hingga lulus dan mengincar predikat doctor.

University of Oxford, Inggris

Bersama dengan Imperial College London dan University of Cambridge, University of Oxford ini menjadi 3 universitas besar yang berasal dari Inggris. Kepopuleran Oxford sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Ketika membahas tentang universitas dan Inggris, pasti yang pertama terlintas adalah Univerisity of Oxford ini.

Tak hanya terkenal, University of Oxford juga menjadi salah satu universitas tertua di Inggris karena berdiri pada tahun 1096. Oleh uniRank, jumlah mahasiswa yang diterima masuk di University of Oxford berkisar 25.000 sampai 29.999 orang. 

Termasuk banyak namun bukan berarti mudah juga masuk universitas tersebut. Meski begitu, University of Oxford menyediakan banyak course yang bisa diambil serta gelar dari bachelor sampai doctor.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Universitas Top dan Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Related

Education 8210283460537432419

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item