Inilah 10 Universitas Top dan Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Inilah 10 Universitas Top dan Paling Terkenal di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat

Jika kalian merasa kuliah di dalam negeri masih kurang cukup dan ingin mencari ilmu di luar negeri, mungkin bisa coba pergi ke Negeri Paman Sam. Amerika Serikat memiliki sekian banyak universitas unggulan yang bisa kalian pilih. Salah satu universitas unggulan yang ada di Amerika Serikat yaitu California Institute of Technology (Caltech).

Kalian yang ingin belajar lebih dalam tentang science dan engineering bisa coba mendaftarkan diri di Caltech. Namun kalian boleh cemas diterima atau tidak karena Caltech hanya menerima sangat sedikit mahasiswa yaitu 2000 sampai 2999 orang saja. 

Sekali diterima masuk, dipastikan mahasiswanya akan mendapat pendidikan yang layak dimana mereka bisa mengejar gelar bachelor, master, sampai doctor di semua course yang ada di Caltech.

Cornell University, Amerika Serikat

Ithaca termasuk kota besar yang berada di New York. Di kota ini terdapat satu universitas yang termasuk dalam salah satu universitas top dunia yakni Cornell University. Universitas tersebut pertama kali didirikan pada tahun 1865 dan telah menerima banyak mahasiswa per tahunnya. Sebanyak 20.000 sampai 24.999 mahasiswa yang diterima masuk.

Seperti universitas top pada umumnya, Cornell University menyediakan banyak mata kuliah dan gelar sampai doctor bagi mahasiswa yang menekuni pendidikan disana. Masing-masing universitas pasti memiliki course unggulan, Cornell University ini terkenal akan course engineering, hukum, medis, dan hotel administration.

Harvard University, Amerika Serikat

Tahun 1636 menjadi tahun dimana didirikannya Harvard University. Universitas diberinama Harvard sesuai dengan nama orang yang berjasa besar dalam pembangunannya yakni John Harvard. Tidak hanya terkenal, Harvard University juga menjadi salah satu universitas tertua yang ada di Amerika Serikat. Sekitar 40.000 sampai 45.000 mahasiswa yang diterima masuk universitas tersebut.

Harvard University menyediakan banyak pelajaran yang bebas dipilih oleh calon mahasiswanya. Dari yang bachelor bahkan sampai doctor tersedia di Harvard University. 

Untuk menjaga kualitasnya, Harvard University sangat selektif dalam menerima mahasiswa. Para calon mahasiswanya harus menjalani ujian dan juga membayar biaya masuk yang cukup tinggi. Apabila calon mahasiswanya pandai tapi memiliki kendala finansial, Harvard University menyediakan program beasiswa.

Stanford University, Amerika Serikat

Stanford University memiliki nama lain yakni Leland Stanford Junior University. Nama Leland diambil dari Leland Stanford Jr. yang merupakan anak dari pasangan Leland dan Jane Stanford. Leland Stanford Jr. meninggal dunia pada usia 15 tahun akibat demam tifoid. Leland dan Jane inilah yang mendirikan universitas ini sebagai bentuk penghormatan atas anaknya.

Stanford University didirikan pada tahun 1885 yang pada saat itu bersifat non-profit universitas. Lokasinya ada di kota Stanford, California. Kepopuleran Stanford University yang besar membuat universitas ini memiliki sejumlah cabang di kota lain seperti Washington, New York, dan Monterey. Jumlah mahasiswa yang biasa diterima oleh Harvard University termasuk besar dengan kisaran 20.000-24.999 orang. 

Lulus sebagai bachelor, mahasiswanya masih bisa melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi seperti master atau doctor. Tidak perlu khawatir untuk mengincar gelar yang lebih tinggi dengan pindah kampus.

Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat

Daftar universitas top dunia tahun 2021 didominasi oleh universitas yang kebanyakan berada di Amerika Serikat. Yang berikut ini juga lagi-lagi dari Amerika Serikat yakni Massachusetts Institute of Technologi atau yang biasa disingkat dengan MIT. Universitas terkenal yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini telah menjadi universitas impian banyak orang.

MIT didirikan pada tahun 1861 dan memiliki banyak program mata kuliah yang menarik. Selain mata kuliah yang sangat lengkap, fasilitas pendukung juga menjadi hal lain yang membuat MIT menjadi salah satu universitas unggulan di dunia. 

Dengan segala macam kelengkapan dan kualitas yang dimiliki, masuk MIT tidaklah semudah yang orang bayangkan. Sudah banyak orang yang mencoba mendaftar kuliah di MIT tapi hanya mahasiswa yang benar-benar pintar yang diterima.

Related

Education 1427033550628144942

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item