Inilah 10 Virus Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Manusia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Virus adalah salah satu penyebab yang membuat manusia terserang penakit. Biasanya virus menyerang di saat kekebalan tubuh kita sedang lemah. Untuk itulah kita harus selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan apa yang kita makan, rajin berolahraga, dan tidak lupa istirahat cukup. 

Sepanjang sejarah, terdapat 10 virus yang dikenal sangat mematikan. Bila sampai terserang virus tersebut, bisa mengakibatkan orang menderita rasa sakit yang luar biasa, bahkan berakhir dengan kematian. Berikut ini uraiannya.

Measles

Virus mematikan berikut ini bernama Measles atau disebut juga dengan Rubeola. Lebih dari 150 tahun, virus ini bertanggung jawab atas banyaknya orang yang meninggal. Sekitar 200 juta jiwa orang yang terserang Measles berakhir dengan kematian. 

Gejala yang dialami oleh orang yang terserang Measles, mirip dengan gejala penyakit flu. Dengan komplikasi mengerikan seperti pneumonia, measles myocarditis, dan ecephalitis.

Di tahun 1850-an, Measles berhasil membunuh sekitar 5 penduduk Hawaii. Di tahun 1875, Measles membunuh sebanyak 40.000 orang Fijian. Di tahun 1954, seorang anak laki-laki dari Amerika terpaksa harus diisolasi karena terserang virus Measles. 

Dengue

Sudah banyak orang yang tahu bahwa virus Dengue menyebar melalui perantara hewan nyamuk. Virus yang terdapat dalam tubuh nyamuk tersebut dapat menyebabkan demam tinggi yang bisa berakibat fatal bila tidak segera ditangani. Para peneliti juga menemukan beberapa variasi dari virus Dengue. 

Usaha untuk menciptakan vaksin viruspun mengalami kendala. Para peneliti ingin membuat vaksin yang ampuh untuk mengatasi segala jenis penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue.

Ditemukan pula oleh para peneliti bahwa virus Dengue memiliki kemiripan dengan virus lain yang juga disebarkan melalui nyamuk. Virus tersebut disebut virus Zika atau Chikungunya. Kombinasi virus Dengue dengan Zika bisa mengakibatkan komplikasi yang sangat fatal terutama bila menyerang ibu hamil. 

Gejala virus Dengue sangat bervaruasi, biasa dimulai dengan muntah-muntah, demam tinggi sampai sakit kepala. Dengue bisa mengakibatkan demam tinggi dan membuat pasien mengeluarkan darah dari hidung dan tekanan darah turun drastis.

Rabies

Rabies merupakan virus mematikan yang menular dari air liur hewan. Sebanyak 93 anak di Angola meninggal diakibatkan oleh virus Rabies di tahun 2009. Setiap tahunnya, hampir 55.000 orang meninggal tiap tahunnya oleh Rabies. Rabies dapat ditularkan melalui sejumlah hewan seperti kucing, kelelawar, anjing, kera, dan luwak.

Di Indonesia, sudah sebanyak 78 orang di Bali meninggal karena Rabies. Rabies bisa sangat mematikan apabila tidak segera diberi vaksin. Rabies menyerang sistem saraf dan otak manusia, mengakibatkan masalah hydrophobia dan ketidakmampuan tubuh untuk bergerak. Jika orang sudah mengalami gejala tersebut, resiko kematian yang bisa mencapai angka nyaris 100%.

Rotavirus

Untuk menanggulangi dampak dari virus Rotavirus, kini telah dibuat 2 vaksin yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit yang ditimbulkan oleh Rotavirus. Rotavirus seringnya menimpa bayi dan juga anak kecil. Dapat menyabar dengan sangat cepat melalui kotoran dan dapat mengakibatkan diare yang parah.

Menurut catatan yang dikeluarkan oleh WHO, sebanyak 453.000 anak-anak berumur kurang dari 5 tahun, meninggal karenanya di tahun 2008. Tapi, negara yang sudah mendapatkan vaksin Rota virus mengalami penurunan angka kematian yang sangat drastis. 

Influenza

Virus Influenza telah dikenal sebagai virus pembunuh sejak dulu. Seorang dokter jaman Yunani kuno bernama Hipporates menjadi orang pertama yang menemukan gejala Influenza. Pandemik Influenza telah terjadi sebanyak 3 kali dalam seabad, mengakibatkan jutaan orang meninggal dunia. 

Pandemik terparah terjadi di tahun 1918 dimana sebanyak 20 sampai 100 juta orang meninggal dunia. Dikenal dengan nama Spanish Flu. Sekali virus Influenza masuk ke dalam tubuh, virus tersebut akan menempel pada sel tubuh dan mematikannya. 

Sel mati yang ada di udara dapat mengakibatkan hidung berlendir dan tenggorokan serak. Terlalu banyak sel mati yang masuk ke dalam paru-paru bisa mengakibatkan kematian. Vaksin telah dibuat untuk melawan virus Influenza. Tapi virus ini terus menerus berevolusi dan memunculkan varian virus baru.

Baca lanjutannya: Inilah 10 Virus Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Manusia (Bagian 2)

Related

Science 8455914677308491756

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item