Jangan Patah Semangat, Ini 10 Pekerjaan yang Tak Butuh Gelar Sarjana (Bagian 1)


Naviri Magazine - Tidak semua orang beruntung bisa mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi hingga memperoleh gelar sarjana. Karena masalah tertentu, misal ekonomi, sebagian kita hanya mampu mendapatkan pendidikan sampai tingkat SMA. 

Tapi jangan buru-buru patah semangat. Meski tidak memiliki gelar sarjana dari perguruan tinggi, bukan berarti kita tidak punya kesempatan sama sekali, khususnya di dunia kerja. Nyatanya, tidak semua pekerjaan membutuhkan gelar sarjana. Ada pekerjaan-pekerjaan, yang juga menjanjikan, yang tidak butuh gelar sarjana, namun lebih membutuhkan skill atau kemampuan. Sepuluh pekerjaan berikut ini di antaranya.

Mekanik

Orang zaman dulu beranggapan bahwa pekerjaan mekanik itu adalah pekerjaan yang tidak berguna dan tidak memiliki masa depan cerah. Namun anggapan tersebut tidaklah benar. Di era sekarang, semakin banyaknya jumlah kendaraan maka akan semakin dibutuhkan pula tenaga dari mekanik. Ditambah lagi untuk menjadi mekanik tidaklah dibutuhkan gelar sarjana.

Pekerjaan yang bisa dibilang pekerjaan kasar ini bukanlah pekerjaan yang sepele. Dibutuhkan juga pengetahuan akan kinerja mesin dan suku cadangnya. Namun itu semua bisa diperoleh seiring kita bekerja sebagai mekanik. Bahkan ada pula kursus mekanik bagi orang-orang yang ingin mencoba pekerjaan ini.

Jurnalis 

Semakin majunya teknologi berimbas pada perkembangan berita. Meski sekarang media seperti surat kabar sudah semakin tersingkirkan, namun peran jurnalis tetap tidak bisa terpinggirkan. Jurnalis masih bisa melakukan tugasnya menulis berita hanya saja dalam media dalam bentuk berbeda yakni media yang menggunakan internet.

Menjadi seorang jurnalis juga tidak sulit. Sama sekali tidak dibutuhkan yang namanya gelar sarjana. Seorang jurnalis hanya perlu berbahasa yang baik dan memahami apa itu kode etik yang ada di dunia jurnalis. Pekerjaan ini menuntut kalian untuk selalu update dengan berita terbaru, jadi kalian tidak akan lagi mengalami yang namanya ketinggalan jaman.

Resepsionis

Pernahkah kalian menghubungi sebuah kantor lalu dijawab oleh seorang pria atau wanita? Atau ketika kalian mendatangi sebuah kantor, kalian pastinya akan langsung menemui wanita atau pria yang akan menanyakan apa tujuan kalian datang? Itulah pekerjaan seorang resepsionis. Pekerjaan yang relatif mudah ini ternyata tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi.

Lupakan anggapan bahwa tanpa gelar sarjana kamu tidak akan diterima kerja. Pekerjaan seorang respsionis tidaklah memerlukan gelar apapun, kamu hanya perlu mengetahui sistem perusahaan dan yang terpenting adalah kesabaran tinggi. 

Kesabaran diperlukan untuk menjelaskan suatu hal kepada seseorang yang mengalami kesulitan dalam memahami suatu hal. Biasa yang ditemukan bahwa pekerjaan ini lebih banyak diisi oleh wanita.

Manajer HRD

Jika kalian melamar suatu pekerjaan, kalian akan lebih dulu menemui orang yang berposisi sebagai manajer HRD. Barulah setelah lolos bertemu dengan manajer HRD, kalian akan bisa bertemu dengan atasan yang lebih tinggi. Jika kalian berpikir bahwa manajer HRD adalah pekerjaan yang membutuhkan pendidikan tinggi, kalian salah.

Boleh percaya atau tidak, untuk menjadi seorang manajer HRD tidaklah diperlukan gelar sarjana. Tapi bukan berarti pekerjaan ini mudah untuk dilakukan. Seorang manajer HRD bertugas untuk menyeleksi calon karyawan yang akan masuk dan juga memperhatikan kinerja dan hubungan antar karyawan. Pekerjaan satu ini sangat menarik untuk dicoba bagi orang-orang yang senang bergaul.

Marketing Manajer

Bekerja sebagai marketing manajer terdengar seperti pekerjaan sulit yang memerlukan pendidikan tinggi, lulus kuliah, dan memiliki gelar sarjana. Untungnya adalah, pekerjaan ini ternyata bisa dikerjakan oleh siapapun. Bahkan walaupun orang tersebut tidak memiliki gelar apapun. 

Tapi jangan sangka bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mudah. Seorang marketing manajer haruslah orang yang pintar melihat peluang dan mencari strategi. Marketing manajer harus tahu kondisi pasar konsumen dan mencari cara agar produk yang dijual oleh perusahaan bisa sukses terjual. Marketing manajer harus tahu bagaimana trik pemasaran yang bisa membuat konsumen tertarik.

Baca lanjutannya: Jangan Patah Semangat, Ini 10 Pekerjaan yang Tak Butuh Gelar Sarjana (Bagian 2)

Related

Career 2603027094167234456

Recent

item