Kisah 10 Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Tragis Sepanjang Sejarah (Bagian 1)


Naviri Magazine - Banyak hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan pesawat. Baik karena kesalahan manusia, cuaca, atau serangan teroris. 

Kecelakaan pesawat yang akan diuraikan berikut ini merupakan kecelakaan pesawat yang dikenal paling tragis yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Dampak dari kecelakaan pesawat tersebut tidak hanya materi, tapi juga ratusan bahkan ribuan nyawa manusia ikut melayang karenanya. Berikut uraian selengkapnya.

Iran Air Flight 655 - 1988

Iran Air Flight 1988 mengalami kecelakaan mengerikan, dimana pesawat tersebut ditembak jatuh di atas teluk Persia. Saat itu memang sedang terjadi perang antara Iran dengan Irak. Akibatnya, sebanyak 290 orang menjadi korban dari kecelakaan tersebut.

Kecelakaan mengerikan tersebut terjadi pada tanggal 3 Juli 1988. Diduga karena terjadi kesalahan komunikasi, kapal USS Vincennes akhirnya menembak jatuh pesawat Iran Air Flight 655. Menurut berita, pasukan NAVY telah mencoba menghubungi Iran Air Flight 655 namun tidak ada jawaban. Baik penumpang dan kru pesawat tidak ada yang selamat.

Air Africa Crash - 1996

Terjadi di Kinshasa, Kongo, kecelakaan pesawat yang dialami oleh Iran Air Flight 1988 memakan korban jiwa antara 225 sampai 348 orang. Dikarenakan lokasi kecelakaan pesawat yang termasuk di daerah ilegal, membuat informasi lengkap mengenai kecelakan mengerikan ini tidak terlalu banyak diperoleh.

Kecelakaan diperkirakan karena pesawat kelebihan beban, kemungkinan membawa senjata untuk pasukan militer Angola. Pesawat jatuh mengenai sebuah pasar, kemudian meledak membentuk bola api besar. Kecelakaan ini membunuh kira-kira 225 sampai 348 orang dan mengakibatkan luka parah lebih dari 500 orang.

Saudia Flight - 1980

Hanya berselang 6 menit setelah pesawat Saudia Flight 180 lepas landas dari Riyadh, sebuah peringatan diberikan melalui radio. Dikatakan bahwa muncul asap mencurigakan dari kargo pesawat. Kru pesawat berusaha untuk mencari tahu apa penyebab munculnya asap tersebut dan tindakan apa yang harus dilakukan. 

Setelah kembali ke airport, kerusakan yang disebabkan oleh asap itu memaksa mereka untuk mematikan mesin pesawat. Pesawat sebenarnya berhasil mendarat dengan selamat, tapi terdapat korban jiwa akibat kecelakaan tersebut. Sebanyak 301 penumpang meninggal dunia akibat terlalu lama menghirup asap yang muncul dari pesawat.

Air India Flight - 1985

Kecelakaan pesawat mengerikan lainnya dialami oleh Air India Flight 182. Kecelakaan ini terjadi ketika Air India Flight 182 tengah terbang di udara, diantara kota London dan Montreal. Pesawat dengan rute Kanada-London, Inggris-Delhi mengalami kecelakaan pada tanggal 23 Juni 1985. 

Kecelakaan yang dialami Air India Flight 182 disebabkan oleh sebuah bom yang meledak di dalam pesawat. Bom diperkirakan dipasang oleh sebuah anggota militan Sikh. Bom tersebut meledakan pesawat yang akhirnya jatuh di samudra Atlantic, tepi pantai Irlandia. 

Iran Ilyushin II - 2003

Kecelakaan pesawat yang terjadi di Iran ini disebut-sebut sebagai salah satu kecelakaan pesawat terbang paling mengerikan yang pernah terjadi dengan korban jiwa yang jatuh sebanyak 302 orang. Kecelakaan pesawat Iran Ilyusin II ini terjadi pada tahun 2003 di dekat Kerman, Iran.

Tidak ada informasi yang jelas tentang kecelakaan pesawat satu ini. Namun dipercaya oleh orang bahwa kecelakaan ini disebabkan oleh faktor cuaca. Angin kencang dan kabut tebal membuat pandang terbatas yang akhirnya berujung pada kecelakaan. 

Turkish Airlines Flight - 1974

Sebanyak 346 orang meninggal atas kecelakaan pesawat yang terjadi di luar kota Paris pada Maret 1974. Kecelakaan mengerikan yang memakan banyak korban jiwa ini dialami oleh pesawat Turkish Airlines Flight 981. Menurut investigasi, kecelakaan disebabkan karena kargo belakang pesawat meledak.

Ledakan yang terjadi pada kargo mengakibatkan pesawat mengalami dekompresi, memutuskan sejumlah kabel, dan membuat pilot kehilangan kendali pesawat. Kargo pesawat Turkish Airline terbuka ke arah luar dan menyebabkan tekanan udara keluar. Terbukanya kargo pesawat diperkirakan merupakan kesalahan mekanisme kunci pada kargo pesawat. 

Baca lanjutannya: Kisah 10 Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Tragis Sepanjang Sejarah (Bagian 2)

Related

History 2950157055480332296

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item