Kisah 10 Orang dengan Keterbatasan Fisik Tapi Berhasil Meraih Sukses (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah 10 Orang dengan Keterbatasan Fisik Tapi Berhasil Meraih Sukses - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Franklin D. Roosevelt - Polio

Ketika kecil, banyak dari kita yang telah mendapatkan imunisasi polio. Polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Polio dapat menyebabkan seseorang menderita kelumpuhan. Salah satu sosok terkenal yang memiliki keterbatasan fisik akibat penyakit polio adalah presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt.

Roosevelt dianggap sebagai salah satu presiden Amerika terbaik yang pernah ada. Sayangnya adalah Roosevelt harus duduk di kursi roda akibat penyakit polio yang dideritanya. Dirinya terserang polio ketika meminum air di sebuah perkemahan. 

Karena takut publik akan meragukan kempotensinya, Roosevelt menyembunyikan penyakitnya tersebut sampai akhirnya dirinya benar-benar tidak bisa berjalan. Roosevelt memberikan contoh pada masyarakat Amerika dan dunia bahwa kelumpuhan tidak bisa menjadi penghambat dirinya untuk sukses.

Marla Runyan – Tuna Netra

Buta atau ketidakmampuan mata untuk melihat adalah salah satu hal yang bisa membuat seseorang putus asa karena tidak bisa melihat sekitar. Kebutaan juga membuat orang kesulitan untuk beraktivitas. Namun ketidakmampuan mata untuk melihat nampaknya sama sekali tidak mengganggu Marla Runyan.

Marla Runyan adalah seorang perempuan yang berhasil menjuarai kejuaraan nasional lari sejauh 5000 meter sebanyak 3 kali. Runyan meraih 4 medali emas di tahun 1992, medali perak di tahun 1996 dan medali emas di Pentathlon. 

Semuanya diraih Runyan dengan keterbatasan fisiknya yang tidak bisa melihat. Di tahun 2000, runyan menjadi pelari buta pertama yang pernah berlomba di Olympic Games yang diadakan di Sydney, Australia.

Vincent Van Gogh - Kelainan Mental

Salah satu pelukis terkenal dunia asal Belanda bernama Vincent Van Gogh ternyata memiliki sebuah keterbatasan yang dialaminya selama karirnya sebagai pelukis. Keterbatasan itu bukan keterbatasan fisik seperti yang sudah dijelaskan diatas, melainkan Van Gogh memiliki masalah dengan mentalnya.

Lukisan yang dibuat oleh Van Gogh berhasil menjadi inspirasi dan dasar dari seni modern masa kini. Namun Van Gogh menderita gangguan mental yang cukup parah. Gangguan mental tersebut membuat dirinya sempat masuk ke rumah sakit jiwa pada tahun 1989. 

Depresi yang dialami Van Gogh makin parah seiring berjalannya waktu. Pada tanggal 27 Juli 1890 di usia 37 tahun, Van Gogh bunuh diri dengan menembakan pistol ke arah dadanya. 

Ludwig van Beethoven - Tuli

Seorang penyanyi yang tidak memiliki kemampuan melihat seperti Stevie Wonder masih memiliki kemampuan untuk bernyanyi. Tapi apa kalian pernah membayangkan bagaimana seorang komposer menciptakan lagu jika dirinya memiliki keterbatasan tidak bisa mendengar atau tuli? 

Hal mustahil namun ajaib ternyata terjadi pada komposer musik terkenal asal Jerman bernama Ludwig van Beethoven.

Beethoven yang merupakan komposer musik terkenal ternyata memiliki masalah pendengaran. Masalah pendengaran tersebut dialami Beethoven di tahun 1796. Pria yang sukses menjadi pemain piano terkenal ini dulunya pernah diajar oleh seorang komposer di era klasik yakni Wolfgang Amadeus Mozart. 

Dengan ketidakmampuannya mendengar, Beethoven meraih penghargaan berkat musik yang diciptakannya.

Helen Keller - Buta dan Tuli

Dari sekian banyak inspirator terkenal dengan keterbatasan fisik yang dimiliki, yang paling terkenal adalah Helen Keller. Merupakan seorang penulis wanita terkenal asal Amerika, seorang guru, dan juga aktif di bidang politik. Dari sekian banyak kegiatan yang diikuti oleh Helen, ternyata dirinya memiliki keterbatasan yaitu tidak bisa melihat dan mendengar. 

Ketidakmampuan Helen dalam berbicara dan mendengar tidak lepas dari bantuan gurunya yang bernama Annie Sullivan. Sullivan mengajarka Helen untuk berbicara dengan mengeja kata per kata melalui tangan Helen. 

Helen bersama dengan gurunya Sullivan telah berkeliling ke lebih dari 39 negara dan bertemu orang penting seperti presiden Amerika Serikat Grover Cleveland dan Lyndon B. Helen dan Sullivan juga berteman dengan beberapa tokoh terkenal lain seperti Alexander Graham Bell, Charlie Chaplin, dan Mark Twain.

Related

Inspiration 312633638489290158

Recent

item