Kisah 10 Pembunuh Berantai Terkenal yang Diangkat jadi Film (Bagian 1)


Naviri Magazine - Sepanjang sejarah, ada kasus-kasus pembunuhan berantai yang terkenal, hingga kisahnya terus dikenang dari masa ke masa. Kasus pembunuhan berantai bukan hanya terjadi di zaman modern, tapi juga telah terjadi di zaman kuno. Sebagian kasus itu terungkap, dan pelakunya tertangkap, sebagian lain masih misterius sampai sekarang.

Kisah-kisah tentang pembunuhan berantai makin populer, setelah banyak dari kasus tersebut yang difilmkan. Terkait hal itu, berikut ini adalah sepuluh kisah pembunuhan berantai yang telah diangkat ke layar lebar.

Gacy - 2003

Tahun 70-an, di Amerika terdapat seorang pembunuh berantai sadis terkenal yang bernama John Wayne Gacy. Dalam aksinya, Gacy selalu menggunakan dandanan layaknya badut sirkus. Itulah sebabnya kenapa banyak orang yang memanggilnya sebagai Killer Clown. Gacy beraksi antara tahun 1972 dan 1978, dimana korbannya kebanyakan anak kecil.

Melihat kengerian yang disebabkan oleh Killer Clown, sutradara bernama Clive Saunders memutuskan untuk mengangkat kisah badut pembunuh tersebut ke layar lebar. Judul filmnya dibuat sama dengan nama sang pembunuh yaitu Gacy, tayang pada tahun 2003. Pemeran John Wayne Gacy adalah Mark Holton.

The Deliberate Stranger - 1986

Memiliki nama lengkap Theodore Robert Bundy. Pria tersebut dianggap sebagai pembunuh berantai yang sangat sadis di Amerika. Bundy merupakan tersangka atas sejumlah kasus perkosaan dan pembunuhan wanita muda di Amerika Serikat. Kesadisan Bundy dilakukan antara tahun 1974 sampai 1978.

Kisah Ted Bundy yang sangat sadis tersebut akhirnya dibuat menjadi film oleh Marvin J. Chomsky pada tahun 1986. Terinspirasi langsung oleh Ted Bundy, Chomsky menunjuk aktor Mark Harmon untuk memerankan Bundy. Apalagi mengingat bahwa Bundy adalah sosok pria yang tampan dan berkharisma, sangat cocok dengan Harmon.

The Boston Strangler - 1968

Juni 1962 sampai Januari 1964 adalah masa kelam bagi kota Boston. Bagaimana tidak? Sebanyak 13 orang perempuan meninggal dengan mengenaskan. Semua korban tersebut meninggal karena dicekik dan diantara mereka ada yang mengalami kekerasan seksual. Pelaku yang bertanggung jawab atas kematian banyak wanita di Boston, tidak lain adalah Albert DeSalvo.

Albert DeSalvo yang merupakan pembunuh berantai terkenal di Boston diberi julukan The Boston Strangler. Kisah sadis DeSalvo diangkat ke layar lebar pada tahun 1968 dengan judul yang sama yaitu The Boston Strangler. Adalah aktor Tony Curtis yang diberi tanggung jawab untuk memerankan karakter sadis DeSalvo.

10 Rillington Place - 1971

Di Inggris terdapat seorang pembunuh berantai kejam bernama John Reginald Christie. John secara tega dan sadis membunuh setidaknya 8 perempuan termasuk istrinya sendiri yang bernama Ethel Christie. Semua korban john meninggal dengan cara dicekik di dalam apatemennya di 10 Rillington Place.

Lokasi tempat John melakukan aksi sadisnya tersebut menjadi inspirasi bagi sutradara Richard Fleischer untuk membuat sebuah film tentang John. Diberi judul 10 Rillington Place, film yang mengisahkan pembunuhan yang dilakukan oleh John tersebut tayang pada tahun 1971. Tokoh John Reginald Christie diperankan oleh Richard Attenborough.

Badlands - 1973

Charles Starkweather beserta kekasihnya bernama Caril Ann Fugate adalah 2 pasangan gila dimana sang pria yaitu Caril Ann Fugate secara sadis membunuh 11 orang di Nebraska dan Wyoming. Mereka berdua menjadi pasangan kekasih gila yang menjadi pembunuh berantai remaja terkenal di Amerka Serikat.

Kisah pasangan gila tersebut dibuat menjadi film dengan judul Badlands, tayang pada tahun 1973. Cerita ditulis oleh Terrence Malick dan diperankan oleh Martin Sheen dan Sissy Spacek. Film tersebut memang menggunakan karakter fiktir, tapi ceritanya murni berdasarkan cerita nyata dari Charles Starkweather dan Caril Ann Fugate.

Baca lanjutannya: Kisah 10 Pembunuh Berantai Terkenal yang Diangkat jadi Film (Bagian 2)

Related

History 6752174597103230708

Recent

item